Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Menggunakan Microsoft Teams, Simak dan Ikuti!

aldanpost.com - Cara menggunakan microsoft teams tidaklah terlalu sulit dan banyak membantu melalui fitur-fiturnya. Situasi pandemi covid-19 mengharuskan anda untuk tidak berinteraksi dengan banyak orang. Salah satunya yakni anda bisa memilih microsoft teams untuk memulai meeting bersama bawahan. 

Microsoft team memang dirasa sangat efektif untuk hal ini karena tidak hanya bisa berbagi file, video dan format lainnya. Bagi anda yang masih awam tentang penggunaan microsoft teams, bisa menggunakan artikel ini sebagai referensinya. Bagaimana penggunaannya?  Berikut kami jelaskan cara menggunakan microsoft teams!

cara menggunakan microsoft teams
microsoft teams

Inilah Cara Menggunakan Microsoft Teams

Adapun cara menggunakannya adalah:

1. Buka teams

Anda bisa menggunakan microsoft teams di komputer, atau bisa juga melalui aplikasi android, IOS, PC dan Mac. Untuk kali ini kami akan menjelaskan cara menggunakan microsoft teams versi browser. Fungsi dan tata letaknya sama dengan aplikasi.

Buka halaman https://teams.microsoft.com/start. Anda akan diminta melakukan registrasi akun dan bisa menggunakannya setelah berhasil registrasi. Teams bisa menjadi salah satu aplikasi standar pada menu Office saat anda menggunakan versi bisnis Microsoft Office 365.

Opsi tujuan menggunakan teams akan muncul setelah memasukkan alamat email, diantaranya sekolah, bekerja, teman dan keluarga. Profil perusahaan seperti nama perusahaan harus anda isi jika opsinya untuk bekerja. Begitupun untuk opsi sekolah, anda bisa mengikuti langkah-langkah yang tertera pada microsoft teams.

2. Buat Grup

Grup ini penting sebagai media anda berinteraksi sesuai tujuan anda menggunakan microsoft teams. Pada bagian bawah kiri ada opsi bergabung atau buat tim. Selain itu, ada juga grup publik yang sudah ada dan bisa anda klik. Kemudian anda juga dapat memasukkan kode bergabung ke grup bersama teman-teman.

Cara menggunakan microsoft teams di komputer sangatlah membantu. Anda bisa membuat grup pribadi atau juga bersifat publik. Bersifat publik artinya bisa diakses oleh siapapun. Sedangkan pribadi, hanya orang yang menerima undangan untuk bergabung. Grup yang bersifat publik biasanya digunakan untuk mengadakan seminar atau virtual meeting.

3. Menambahkan anggota tim

Anda bisa memasukkan alamat email anggota tim ke dalam grup yang telah dibuat. Bisa juga mengimpor kontak dari aplikasi lain seperti Outlook dan People ke dalam Teams, karena keduanya telah terkonfigurasi. 

Setelah tim ini memiliki anggota, maka nama tim akan muncul di daftar Tim. Anda dapat meninjau aktivitas apa saja yang terjadi serta meninjau siapa saja partisipan yang telah bergabung dengan tim.
Default microsoft teams hanya memberikan satu subjek bernama ‘Umum. Kemudian sub bagian ini disebut Saluran, langkah selanjutnya kita membuat Saluran untuk memulai interaksi.

4. Menambahkan Saluran

Untuk membuat saluran baru pada microsoft teams, klik titik tiga yang ada pada kanan nama Tim. Selanjutnya pilih Tambahkan Saluran. Pastikan anda mengisi nama dan deskripsi saluran. Anda juga bisa memilih saluran tersebut bersifat standar atau pribadi. Setelah itu, barulah muncul saluran baru di kolom tim.

Pada saluran microsoft teams, anda bisa menambahkan posting, memuat file dan berinteraksi dengan anggota tim lainnya. Untuk memulai panggilan video, klik ikon video di bawah kolom chat. Cara menggunakan microsoft teams memang berbeda dengan yang ditawarkan zooms. Namun keduanya bisa membantu anda berinteraksi di tengah pandemi covid-19.

Tertarik untuk menggunakan microsoft teams? Itulah penjelasan mengenai cara menggunakan microsoft teams yang bisa kamu praktekkan di Rumah. Penggunaan aplikasi seperti ini merupakan upaya untuk mencegah persebaran covid-19. Tidak sedikit pula perusahaan yang mengalihkan aktivitas kerjanya menjadi di Rumah (Work From Home). Dan salah satu solusinya menggunakan Microsoft Teams. Semoga Bermanfaat.

Posting Komentar untuk "4 Cara Menggunakan Microsoft Teams, Simak dan Ikuti!"

Berlangganan via Email