Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mudah, Begini Cara Menggunakan Aplikasi Zoom Pada Laptop atau HP!

aldanpost.com - Cara menggunakan aplikasi zoom sangatlah mudah bagi semua kalangan. Aplikasi Zoom ini banyak digunakan untuk mengadakan virtual meeting di tengah Pandemi Covid-19. Karena penularan virus ini terjadi pada kerumunan, maka zoom meeting menjadi salah satu solusinya. Apakah anda sudah menggunakan aplikasi zoom?

Selain solusi di tengah pandemic, Zoom juga terkesan mempersingkat waktu saat Work From Home. Pimpinan perusahaan tetap bisa bertatap muka dengan bawahannya melalui aplikasi satu ini. Bahkan aplikasi ini support untuk HP atau Laptop yang berspesifikasi rendah. Sehingga anda tidak perlu khawatir untuk mengunduh aplikasi zoom. Di bawah ini akan diulas mengenai cara menggunakan aplikasi Zoom dengan sangat mudah.

cara menggunakan aplikasi zoom
aplikasi zoom

Inilah Cara Menggunakan Aplikasi Zoom 

Aplikasi Zoom bisa digunakan pada Komputer, Laptop atau bahkan HP yang anda miliki. Agar lebih mudah simak cara menggunakan aplikasi zoom pada Komputer atau Laptop di bawah ini:

  • Untuk memulainya, masuk terlebih dahulu ke situs zoom.us. Kemudian membuat akun melalui akun email atau Facebook.
  • Pastikan registrasi berhasil, masuk ke laman utama dan cek My Profile. Anda bisa mengundang partisipan ke video conference pada Personal Meeting ID.
  • Untuk mengundang teman ke video conference, kirimkan copy meeting ID tersebut. Sedangkan, untuk partisipan yang diundang ke dalam sebuah zoom meeting tidak perlu memiliki akun. Cukup copy paste link atau meeting ID.
  • Klik Join Meeting, dan akhirnya virtual meeting siap anda ikuti dengan seksama. Pada bagian kiri bawah aplikasi zoom ada fitur microphone dan kamera. Biasanya digunakan untuk menyatakan bahwa anda benar-benar mengikuti zoom meeting. Kamera dalam posisi menyala dan wajah anda tampil pada aplikasi zoom.

Bagaimana? Mudah bukan? Cara menggunakan aplikasi zoom pada komputer atau laptop memang sangatlah mudah.

Inilah Cara Memakai Aplikasi Zoom pada HP

Bagi anda yang penasaran untuk mencoba zoom meeting melalui HP juga bisa. Berikut cara menggunakan aplikasi Zoom pada HP:

  • Bagi pengguna HP Android, silahkan masuk ke Google Play Store untuk mengunduh aplikasi Zoom. Sedangkan pengguna iPhone bisa mengunduhnya  di Apple Apps Store.
  • Registrasi atau sign up menggunakan email atau facebook.
  • Selanjutnya setting dan temukan personal meeting ID untuk mengundang partisipan ke virtual meeting.
  • Caranya sama seperti di atas. Copy meeting ID untuk mengundang teman ke zoom meeting yang akan anda lakukan.
  • Sebagai partisipan, anda tidak perlu memiliki akun. Cukup copy paste link atau Meeting ID untuk bergabung ke zoom meeting yang telah dibuat.
  • Jika link tersebut diklik, otomatis tawaran bergabung pun muncul. Klik Join a Meeting. Ya… sekarang anda telah bergabung pada zoom meeting.
  • Sebagai informasi tambahan, aplikasi zoom juga memiliki fitur chat. Fitur ini bisa digunakan untuk mengajukan pertanyaan atau mengemukakan beberapa pernyataan. 
  • Fitur share screen, ini berfungsi untuk menampilkan file yang anda miliki. Kemudian mempresentasikannya dalam zoom meeting room. Mendukung untuk semua bentuk file seperti video, foto, pdf, power point dan word. Selain itu juga ada whiteboard share screen yang bisa digunakan untuk menulis.
  • Jika anda ingin menampilkan file berbentuk foto atau gambar, buka share screen dan pilih foto. Pilih foto yang ada di galeri, klik pada gambar yang ingin ditampilkan. Akhirnya gambar tersebut muncul pada share screen meeting room. 

Itulah Cara menggunakan aplikasi zoom dengan sangat mudah pada perangkat komputer dan HP. Semoga Bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Mudah, Begini Cara Menggunakan Aplikasi Zoom Pada Laptop atau HP!"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel