Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ketahui Fitur Keamanan Fingerprint Whatsapp web, Agar Privasi Terlindungi

aldanpost.com - Demi menjaga dan melindungi privasi penggunanya, WhatsApp berencana menghadirkan fitur keamanan fingerprint WhatsApp. Hal itu tentunya menjadi kabar baik untuk para pengguna WhatsApp.

Pihak WhatsApp mengimbau kepada penggunanya untuk menjaga keamanan akun masing-masing. Di samping itu, WhatsApp sendiri memiliki misi menghubungkan dunia secara privat dengan menghadirkan fitur keamanan fingerprint WhatsApp web. Berikut tata cara yang wajib Anda ketahui untuk keamanan Privasi Anda!

fitur keamanan fingerprint whatsapp web
whatsapp web

 Cara Mengaktifkan Fitur Keamanan Fingerprint WhatsApp Web

Perlu Anda ketahui, fitur fingerprint ini digunakan untuk membuka aplikasi dengan cara memindai sidik jari. Dengan demikian smartphone yang digunakan pun harus mengadopsi sensor fingerprint.
Jadi, jika smartphone yang digunakan belum memiliki fitur fingerprint, maka fitur keamanan fingerprint WhatsApp web ini tidak bisa dilakukan. 

  • Untuk menemukan fitur Fingerprint Lock, Anda bisa membuka menu Setelan (Setting) kemudian pilih Akun (Account) kemudian pilih Privasi (Privacy)
  • Setelah masuk ke halaman Privasi (Privacy) pilih menu Kunci Sidik Jari (Fingerprint Lock). Jika Anda tidak menemukan menu ini maka disarankan untuk Anda memperbarui aplikasi WhatsApp yang Anda gunakan melalui Google Play Store. 
  • Caranya dengan klik di pencarian (Search) lalu tuliskan kata WhatsApp. Setelah muncul gambar aplikasinya, kemudian klik perbarui dan tunggu proses download-nya hingga selesai.
  • Jika Anda sudah memperbarui aplikasinya, buka WhatsApp dan lakukan tahapan awal yang telah dijelaskan. 
  • Jika sudah, selanjutnya aktifkan opsi Buka Kunci dengan Sidik Jari (Unlock With Fingerprint) dengan menggeser ke kanan. 
  • Selanjutnya akan muncul kotak dialog Konfirmasi Sidik Jari (Confirm Fingerprint). Di sini Anda diharuskan menyentuh sensor sidik jari yang ada pada smartphone Anda. 
  • Untuk sensor sidik jari letaknya bervariasi, disesuaikan dengan model dan tipe smartphone yang digunakan. Untuk smartphone versi lama, biasanya sensor sidik jari diletakkan pada belakang body smartphone, sedangkan yang terbaru rata-rata diletakkan di samping body smartphone.

WhatsApp menghadirkan fitur keamanan fingerprint WhatsApp web untuk penambahan keamanan selain barcode atau kode QR. Hal itu dikutip dari The Next Web pada Selasa, 22 September 2020 tentang Keamanan Akses melalui WhatsApp Web. Cara kerjanya pun sangat mudah, hampir sama dengan ketika Anda melakukan Scan kode QR atau barcode. 

Pertama Anda buka WhatsApp Web di laptop atau komputer Anda. Setelah itu untuk login-nya, Anda hanya perlu login pada WhatsApp Web dengan memindai Sidik Jari Anda yang muncul pada layar smartphone Anda. Cara memindai sidik jari adalah dengan menekan sensor fingerprint sesuai sidik jari yang Anda daftarkan pada pengaturan WhatsApp. 

Hal tersebut juga dapat Anda gunakan di komputer atau laptop. Dengan demikian, Anda akan merasa lebih praktis dan sangat efisien dalam pengerjaan pekerjaan. Anda dapat menjawab pesan maupun mengirim file tanpa harus memindainya terlebih dahulu melalui perangkat sambungan antara smartphone dengan komputer atau laptop Anda. 

Jika Anda biasa login menggunakan WhatsApp Web di tempat umum, jangan lupa untuk me-logout-nya demi keamanan privasi Anda. Begitu juga ketika Anda login WhatsApp web di laptop atau komputer Anda, Jika Anda meminjamkan pada orang asing atau orang yang tidak Anda percaya, maka sebaiknya Anda logout akun WhatsApp web-nya terlebih dahulu. 

Sekarang Anda telah mengetahui fitur keamanan fingerprint WhatsApp Web yang dihadirkan pihak WhatsApp. Gunakanlah fitur ini sebaik-baiknya untuk menjaga keamanan data Anda. Jangan sampai lalai untuk mengaktifkan keamanan pada aplikasi Anda karena bisa saja semua data bocor dan Anda rugi.

Posting Komentar untuk "Ketahui Fitur Keamanan Fingerprint Whatsapp web, Agar Privasi Terlindungi"

Berlangganan via Email