Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Keunggulan Microsoft Teams, Solusi Kerja Tim di Masa Pandemi!

aldanpost.com - Setelah resmi diluncurkan pada 2017 lalu, jumlah pengguna layanan telekonferensi Microsoft Teams kini semakin melonjak. Hal itu terjadi akibat dampak pandemi yang secara tiba-tiba menuntut warga dunia untuk melakukan berbagai hal secara daring. Maka,  orang-orang pun mulai mencari media lain sebagai pengganti atas pertemuan tatap muka yang untuk sementara tidak memungkinkan untuk dilakukan.

Tidak dapat dimungkiri, kehadiran Microsoft Teams tentu sangat membantu orang-orang untuk tetap bekerja, belajar, dan beraktivitas dari mana saja. Meski ada beragam aplikasi video conference, tapi platform yang merupakan rangkaian produk Microsoft 365 ini justru dianggap lebih menarik. Hal itu karena adanya fitur-fitur yang tidak tersedia pada layanan yang lain. Lalu, apa saja keunggulan Microsoft Teams? Berikut ini ulasannya.

keunggulan microsoft teams
microsoft teams

Keunggulan Microsoft Teams

Adapun kelebihan aplikasi microsoft teams dibandingkan aplikasi lainnya adalah :

1. Fitur chat lebih lengkap

Berbeda dengan layanan lain yang umumnya hanya menyediakan fitur chat grup, maka pada Microsoft Teams tidak hanya sekedar itu saja. Selain memberikan kesempatan untuk melakukan chat grup, pengguna juga diizinkan untuk dapat melakukan chat secara personal. Hal ini bisa dilakukan dengan cara memilih menu New Chat kemudian memasukkan langsung nama kontak tujuan yang ingin dikirimi pesan.

2. Adanya kesempatan untuk berbagi file

Keunggulan Microsoft Teams berikutnya yaitu pengguna dapat saling berbagi data ataupun file. Hal itu karena setiap chanel yang ada di sana memiliki folder file tersendiri. Maka, Anda bisa dengan mudah berbagi file dengan cara memilih tab file di atas menu Chat Group. Setelah itu, Anda hanya perlu mengupload file kemudian mengirimnya. Selain bisa dikirim ke grup, Anda juga bisa mengirim ke orang-orang tertentu saja dengan cara tab menu Share With People.

3. Sarana belajar mengajar yang efektif

Bagi guru dan siswa, Platform ini bisa sangat membantu dalam proses pembelajaran. Hal itu karena adanya berbagai fitur yang tersedia, seperti fitur Add Notification yang membantu siswa mendapat informasi tentang halaman pembelajaran. Selain itu, guru dan siswa dapat saling berkirim pesan sehingga kelas bisa terasa lebih interaktif. Terakhir, ada kalendar yang membantu guru membuat jadwal pembelajaran, mengadakan kuis, dan ujian atau evaluasi pembelajaran setiap pertemuan.

4. Hub jaringan

Aplikasi ini dapat terintegrasi dengan produk Microsoft lainnya, seperti Word, Excel, Powerpoint, SharePoint, OneNote, hingga PowerBI. Hal itu memungkinkan semua orang memiliki informasi dan perangkat yang mereka butuhkan. Selain itu, juga terhubung dengan layanan Microsoft Planner dan Visual Studio Team Service yang menawarkan orang-orang untuk menyesuaikan ruang kerja dengan tab, konektor, dan bot dari mitra pihak ketiga.

5. Fitur Together Mode

Ini adalah fitur terbaru yang sepertinya langsung mampu mencuri perhatian banyak orang. Pasalnya, fitur ini menyediakan berbagai latar untuk peserta telekonferensi. Selain itu, fitur ini juga dapat membuat semua peserta tampak berada pada ruangan yang sama tanpa ada sekat yang memisahkan. Para peserta pun sebelumnya dapat menyepakati latar yang akan digunakan. Hal itu tentu saja akan membuat pertemuan online terasa lebih nyata. 

Nah, menarik sekali bukan beberapa fitur yang tersedia pada Microsoft Teams? Bahkan, masih ada banyak fitur-fitur lainnya yang juga tidak kalah menarik, seperti Share Screen. Dari segi keamanan pun, aplikasi ini juga sudah memiliki standar keamanan yang tinggi. Maka, wajar bila ada beberapa orang yang akhirnya mengklaim jika layanan ini lebih menarik dan lebih unggul dibanding yang lain. 

Itulah beberapa keunggulan Microsoft Teams. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Posting Komentar untuk "5 Keunggulan Microsoft Teams, Solusi Kerja Tim di Masa Pandemi!"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel