Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Komputer Kuantum dan Apa Manfaatnya untuk Masa Depan?

aldanpost.com - Komputer kuantum sedang dalam pembicaraan hangat baru-baru ini. Seiring dengan berkembangnya zaman, banyak perusahaan berbasis teknologi ingin meningkatkan performa komputer saat ini. Dilansir dari beberapa media, Google dan IBM berencana untuk segera meluncurkan komputer yang super canggih melebihi hari ini alias komputer quantum. Nah, mungkin sebagian besar kita masih belum mengetahuinya.

Sederhananya, komputer kuantum digadang-gadang akan memiliki kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan komputer biasa yang kita gunakan sekarang. Lantas apa yang membedakan keduanya? Apakah hanya kecepatannya saja? Simak dulu yuk penjelasan komputer kuantum di bawah ini!

komputer kuantum
quantum computing

Apa itu Komputer Kuantum?

Coba kita tilik lebih lanjut melalui pembahasan bagaimana awalnya komputer biasa bekerja. Dalam dunia teknologi, sudah tidak asing bahwa partikel terkecil pada komputer diistilahkan dengan bits. Bits ini terdiri dari dua yakni angka 0 dimaknai dengan wrong state dan angka 1 yang dimaknai dengan right state. Perpaduan dari kedua angka inilah yang akhirnya dapat melancarkan banyak proses data. 

Aktivitas ini juga dibantu dengan adanya prosesor yang disematkan metode logic gate di dalamnya agar dapat memproses data sesuai dengan keinginan. Sementara itu, untuk mengolah logika ini, dibutuhkan lah sebuah transistor yang berperan sebagai switcher. Hanya saja, terkadang ketika melaksanakan komputasi, transistor tersebut membutuhkan adanya listrik. 

Saya yang ditimbulkan listrik akan menghasilkan panas. Sehingga untuk menyiasatinya dibuatlah chipset. Hal ini pun sudah dilakukan oleh perusahaan besar semacam AMD dan Intel. Perkaranya tidak sampai disitu saja. Chipset yang dibuat sebisa mungkin dibuat dalam ukuran kecil misalnya 7mm. Padahal, semakin kecil chipsetnya akan sulit untuk diproduksi. 

Tidak hanya itu saja, ukurannya yang kecil akan meloloskan elektron dari proses logic gate sehingga menghasilkan data yang dikelola kurang valid. Proses ini biasanya dinamakan Quantum tunneling. Keberadaan komputer quantum akan sangat berperan untuk proses ini karena metode dasarnya adalah Quantum mechanic. Sama halnya dengan komputer biasa, komputer kuantum mempunyai bits dengan dua state. 

Hanya saja, komputer kuantum satuannya adalah Qubits. Keunggulan dari satuan ini adalah 1 Qubits bermakna baik antara 1 dan 0 berdasarkan sudut pandang yang digunakan untuk melihat. Selain itu, Qubits juga dapat disaksikan dari sisi adanya Foton. Kecanggihan yang disematkan dalam Qubits sendiri dapat diibaratkan seperti berikut :

Misalnya 4 bits hanya mampu memprediksi satu hasil dari total 16 probabilitas, 4 Qubits menjanjikan bahwa dia bisa memiliki semua hasil dari keseluruhan 16 probabilitas. Karena itu maka tidak heran sebuah komputer kuantum mampu menyelesaikan satu pekerjaan sekaligus mempunyai hasil semua probabilitas. Bahkan aktivitas pemrosesan data juga dapat dilakukan dengan super cepat.  

Penggunaan Komputer Kuantum

Salah satu tugas yang dapat segera ditunaikan dengan komputer quantum yakni saat melakukan pencarian database. Selain itu, teknologi komputer ini juga diharapkan dapat menjadi proteksi utama pada dunia IT. Tidak hanya itu saja, manfaat komputer kuantum juga dapat dilihat pada aktivitas penelitian. Apalagi bagi ilmuwan yang sering melakukan aktivitas simulasi molekuler.

Misal dalam bidang kedokteran, semakin cepat simulasi tersebut semakin besar pula peluang terciptanya inovasi baru. Terakhir, bidang yang paling akan mendapatkan keuntungan dari komputer kuantum adalah di bidang penelitian untuk kedokteran misalnya.

Bagaimana dampak komputer kuantum sendiri untuk perusahaan global?


Salah satu perusahaan besar seperti Google memberikan testimoni dimana komputer kuantum akan digunakan untuk pembuatan algoritma di bidang machine learning. Sementara ini, optimalisasi komputer kuantum hanya digunakan secara khusus saja. Hanya saja, bisa jadi beberapa tahun ke depan teknologi komputer kuantum ini akan mendunia dan digunakan oleh khalayak umum.

Posting Komentar untuk "Mengenal Komputer Kuantum dan Apa Manfaatnya untuk Masa Depan?"