Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Kamera, Sejarah, Bagian-bagian, Hingga Cara Merawatnya

aldanpost.com - Kamera merupakan kotak kedap sinar yang dipasang dengan lensa yang menggembung pada lubang lensa tempat gambar direkam. Alat ini telah lama digunakan untuk mengabadikan suatu momen maupun hal lainnya yang dianggap penting. 

Kamera ini juga kini menjadi suatu tren yang banyak sekali digunakan oleh orang-orang. Meskipun banyak sekali yang telah menggunakannya, tetapi belum banyak yang mengetahui mengenai sejarahnya. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dibahas secara tuntas mengenai hal tersebut.

pengertian kamera
kamera

Sejarah Kamera

Kamera yang kini dikenal dan diketahui banyak orang tidak lepas dari fotografi itu sendiri. Kata fotografi ini digunakan pertama kali oleh John Herschel. Ia adalah seorang ilmuwan asal Inggris di era 1839. Untuk penemuan kamera itu sendiri ditemukan pertama kali oleh Anthemius (seorang arsitek Yunani) pada abad keempat-lima. Alat yang pertama kali ditemukan adalah fenomena optik alami pada cahaya.

Kemudian, pada tahun 1500, Ibn Al-Haytham menemukan kamera lubang jarum yang membentuk kotak dan terdapat lubang kecil di dalamnya. Jika dilewati oleh cahaya, maka alat tersebut akan bergerak sebelum akhirnya menyentuh permukaan reflektif. Hal ini bertujuan untuk memproyeksikan gambar berwarna yang terbalik.

Tiga ratus tahun kemudian, sejarah mengenai kamera diperbaharui dengan munculnya kamera yang dijual oleh KODAK. KODAK ini merupakan hal yang ditemukan oleh George Eastman. Setelah itu, pada tahun 1900, KODAK juga menemukan Raise Camera, yaitu sebuah kamera perjalanan yang pertama.

Tidak hanya sampai di situ saja, perjalanan kamera berlanjut hingga tahun 1996 yang menghasilkan kamera digital profesional pertama dan juga dapat dihubungkan dengan perangkat komputer. Hal tersebut dihubungkan dengan menggunakan kabel serial yang kini dikenal dengan nama USB cable. Hingga tahun 2005, kamera Canon EOS 5D berhasil ditemukan.

Pengertian Kamera

Setelah mengetahui sejarah dari adanya kamera, maka selanjutnya Anda harus mengetahui tentang pengertian dari kamera itu sendiri. Kita akan bahas lebih detail mengenai arti dari kamera. 

Kamera digital adalah sebuah kamera yang digunakan untuk merekam dan juga menyimpan gambar yang berbentuk digital. Kamera ini tidak perlu menggunakan film ataupun kamera yang dapat menyimpan hasil fotonya secara elektronik. Selain itu, ada juga kamera film yang berarti kamera tersebut sebuah kamera yang khusus digunakan untuk membuat film.

Kamera multispektrum merupakan sebuah kamera yang digunakan untuk memotret sebuah panjang gelombang secara simultan. Tidak hanya itu, ada juga kamera polaroid yang berfungsi untuk menghasilkan foto dengan cepat. Oleh karena itu, pengertian kamera ini berdasarkan jenis dan juga fungsinya.

Bagian-Bagian Kamera

Terdapat tiga hal atau komponen yang harus ada jika ingin dikatakan sebagai kamera. Tiga komponen tersebut adalah:

Badan Kamera

Badan kamera ini biasanya berbentuk kotak yang memiliki warna hitam. Dari badan kamera tersebut memungkinkan adanya bagian kamera lainnya seperti  lensa dan hal yang lainnya.

Lensa Kamera

Lensa kamera juga sangatlah menjadi komponen yang utama. Lensa inilah yang berfungsi untuk membuat citra di atas media yang digunakan untuk merekam dapat terlihat dengan begitu jelas.

Media Perekam 

Selain badan dan juga lensa kamera, terdapat pula media perekam yang merupakan komponen utama sebuah kamera. Fungsi dari bagian ini adalah untuk menempatkan film atau sebuah sensor digital.

Fungsi Kamera

Setelah mengetahui sejarah, pengertian, dan juga bagian-bagian dari kamera, maka selanjutnya yang harus diketahui adalah fungsi kamera. Di bawah ini merupakan pemaparan lebih jelasnya.

Media untuk Melakukan Komunikasi

kamera merupakan alat yang juga bisa digunakan untuk berkomunikasi. Hal ini karena kamera dapat menangkap dan juga memberikan bukti mengenai satu hal yang telah terjadi. Kamera juga dapat mewakili ribuan kata yang tidak sempat disampaikan.  Anda dapat memanfaatkan kamera untuk mengambil foto dan juga gambar, merekam suatu kejadian, dan juga mengabadikan suatu peristiwa.

Media untuk Mengedukasi

Tidak disangka bahwa kamera ini memiliki peran untuk mengedukasi. Hal ini dapat Anda lihat dan buktikan di era digital seperti sekarang ini. Misalnya saja, Anda menggunakan kamera untuk membuat video dan menjadikannya sebagai konten di YouTube. Dengan begitu, orang-orang akan memanfaatkan video yang Anda unggah tersebut dan mempelajarinya. 

Selain itu, edukasi yang diberikan oleh fungsi kamera adalah Anda dapat memotret suatu hal yang nantinya akan dijadikan sebagai media pembelajaran. Hal tersebut tentu ada kaitannya yang sangat erat dengan dunia pendidikan. Oleh karena itulah sebah kamera dapat dikaitkan dengan hal yang mengedukasi.

Mengabadikan Ingatan

Kamera juga dinilai mampu merawat ingatan seseorang. Hal tersebut terjadi karena sebuah gambar dapat membawa seseorang ke dalam satu peristiwa yang telah terjadi di masa yang lalu. Tentu hal ini sangatlah bermanfaat dan juga membuat seseorang merasa bahagia karena momennya telah diabadikan.

Inilah Cara Merawat Kamera yang Baik dan Benar

Anda juga dianjurkan untuk mengetahui cara merawat kamera yang baik. Hal ini bertujuan agar kamera tersebut dapat terus dimanfaatkan. Di bawah ini merupakan langkah-langkah untuk merawat kamera:
Menjauhkan Kamera dari Air

Meskipun terdapat beberapa kamera yang diklaim waterproof, tetapi Anda harus selalu berhati-hati. Jauhkanlah kamera Anda dari air sehingga kamera tersebut selal dalam keadaan aman. Karena sebuah kamera, khususnya DSLR sangat sensitif terhadap air. Jika air masuk ke dalam kamera, maka komponen di dalamnya akan mengalami kerusakan.

Menjaga Kebersihan Lensa

Kebersihan lensa kamera juga harus selalu dijaga karena lensa merupakan komponen yang juga penting di dalam kamera. Namun, ingatlah bahwa ketika Anda membersihkannya, Anda tidak dianjurkan untuk menyemprotkan cairan  secara langsung ke lensanya. Karena hal ini dapat mengakibatkan beberapa disfungsi pada lensa tersebut.

Melengkapi LCD Kamera dengan Pelindung Layar 

Hal ini tentulah sangat penting karena bagian LCD pada kamera perlu dijaga dan juga diperhatikan. Sehingga LCD kamera tersebut dapat terhindar dari goresan dan juga terkena sidik jari. Hal tersebut juga dapat menghindarkan KCD kamera dari ai maupun debu. 

Harga sebuah pelindung layar ini terbilang murah, tetapi biasanya banyak fotografer yang lupa atau malas memasangnya. Padahal, pelindung layar merupakan satu-satunya upaya untuk menjaga layar LCD kamera. Sehingga keadaannya akan tetap mulus dan juga bersih.

Memperhatikan Perawatan Baterai Kamera

Baterai lithium-ion yang terdapat di dalam kamera Anda biasanya mempunyai usia sekitar 500 kali siklus pengisian daya. Oleh karena itu, jika sudah melewati siklus 500 kali charging, maka daya baterai akan menurun dan Anda disarankan untuk mengganti baterai tersebut.

Cara merawat kamera DSLR agar baterai tetap awet adalah dengan menyimpan baterai kamera pada ruangan dengan suhu ekstrim 43 derajat. Kemudian, pastikan selalu untuk mengisi daya baterai jika Anda sudah tidak menggunakan kamera tersebut dalam jangka waktu panjang.

Itulah beberapa pembahasan lengkap mengenai kamera yang wajib Anda ketahui. Dapat disimpulkan bahwa kamera ini memiliki perjalanan sejarah yang sangat panjang dan juga banyak sekali hal yang perlu diperhatikan ketika memilikinya.

Posting Komentar untuk "Pengertian Kamera, Sejarah, Bagian-bagian, Hingga Cara Merawatnya"