Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Komputer : Sejarah, Fungsi, dan Variasi, Simak Yuk!

aldanpost.com - Pengertian Komputer tak banyak yang tahu kecuali para pakar dan sarjana di bidang komputer. Dikondisi sekarang ini komputer merupakan salah satu kebutuhan, sebab banyak hal yang harus Anda kerjakan menggunakan komputer. Terlebih lagi dikondisi zaman yang semakin canggih saat ini yang diakibatkan oleh perkembangan dunia teknologi yang menghadirkan komputer sebagai salah satu alat yang akan membantu pekerjaan Anda.

Komputer bisa menjadi alat yang harus ada di rumah sekarang ini. Fungsinya begitu banyak dan inovasinya membuat kita lebih maju dan lebih mudah belajar sesuatu. Benda ini sangat membantu dalam segala hal terutama memang untuk bekerja. Nah, bagi Anda yang ingin belajar lebih banyak tentang komputer, simak yuk penjelasan di bawah ini!

pengertian komputer
komputer

Pengertian Komputer

Komputer merupakan sebuah alat teknologi canggih yang digunakan untuk mengolah data sesuai dengan sistem prosedur yang telah ditetapkan. Sedangkan kata komputer sendiri pada mulanya menggambarkan seseorang yang pekerjaannya melakukan sebuah perhitungan aritmatika yang menggunakan alat bantu, tetapi hal tersebut terlebur dan dinamakan untuk sebuah mesin.

Secara bahasa komputer memiliki definisi sebagai alat yang digunakan untuk melakukan perhitungan aritmatika. Sedangkan secara umum kata komputer memiliki artian sebagai seperangkat alat elektronik yang menghubungkan suatu komponen dengan komponen lainnya sehingga Anda dapat menghasilkan sebuah informasi yang telah diolah sebelumnya melalui sistem yang ada.

Arti Komputer Menurut Para Ahli

Membahas mengenai pengertian komputer lebih jauh, maka Anda dapat menyimpulkan dari beberapa pengertian dari ahli. Yang pertama pengertian yang dikemukakan oleh KBBI, yang mana komputer merupakan sebuah alat elektronik yang bekerja dengan cara sistematis dan juga cermat untuk mengolah berbagai macam data yang Anda miliki, seperti mengolah angka, suara, dan juga gambar.

Pengertian berikutnya dikemukakan oleh Robbert H Blissmer  yang merupakan seorang penulis buku tentang komputer. Di dalam buku tersebut Robbert mengemukakan bahwa komputer adalah sebuah alat elektronik yang mampu melakukan dan menyelesaikan beberapa tugas seperti menerima input, kemudian merespon dan memproses input sesuai dengan instruksi yang telah Anda berikan.

Serta dapat menyimpan berbagai perintah dan hasil pengolahan serta memberikan output dalam bentuk informasi kepada Anda. Itulah pengertian komputer dari Robbert, selanjutnya pengertian yang dikemukakan oleh V.C Hamacher mengemukakan bahwa komputer merupakan sebuah mesin penghitung elektronik yang memberikan respon secara cepat dan akan memberikan informasi input dan output dalam bentuk digital.

Komputer adalah alat yang canggih sebab dapat merespon Anda sesuai dengan program yang harusnya merespon perintah yang Anda berikan. Serta segala hal yang Anda buat pada komputer Anda akan tersimpan di dalam memori komputer Anda.

Sejarah Komputer

Bila berbicara mengenai pengertian komputer maka juga akan membahas mengenai sejarah dari alat canggih bernama komputer, maka tidak akan terlepas dari sebuah sistem perhitungan aritmatika. Sebab pada awalnya komputer hanya digunakan untuk membantu manusia dalam hal berhitung.  Hal ini terbukti dari sebuah surat yang dikirimkan Charles Babbage pada tanggal 14 juni 1822 yang ditujukan kepada para ahli yang ada di kerajaan inggris.

Surat tersebut berjudul catatan tentang penggunaan mesin pada perhitungan astronomi dan tabel matematika dengan maksud dan tujuan akan melakukan penelitian dan pengembangan sebuah alat hitung mekanik yang hingga saat ini dikenal dengan nama komputer. Ide dari Charles ini sebenarnya bermula dari persoalan sederhana yang sering terjadi pada masyarakat yakni kesalahan dalam hal berhitung.

Sehingga Charles tertarik untuk mengembangkan sebuah mesin hitung secara mekanik dengan berbagai inovasi dan ide agar mesin tersebut dapat diprogramkan oleh manusia. Tetapi pengembangan yang dilakukan oleh Charles tidak berhasil membawa komputer memiliki pengertian komputer seperti sekarang ini. Sehingga penelitian dan pengembangan yang dilakukannya dilanjutkan oleh Anaknya.

Putra dari Charles berhasil merakit komputer dengan program-program sederhana, komputer yang dirakitnya kini dapat Anda temui di Museum Sains London. Dengan ide dasar dan penyelesaian komputer inilah sehingga banyak pihak yang ikut melakukan pengembangan terhadap karya Charles dan anaknya tersebut, sehingga Anda bisa menemukan komputer seperti sekarang ini.

Namun bila berbicara mengenai perkembangan komputer dari masa kemasa maka Anda harus mengetahui bahwa perkembangan komputer terbagi menjadi 5 kelompok, hal ini untuk mempermudah Anda mengingat sejara perkembangan komputer selain pengertian komputer yang Anda pahami. Setiap kelompok angkatan ditentukan dari komponen utama dari komputer yang disajikan.

Kelompok angkatan pertama adalah ENIAC ada tahun 1940-1959, kelompok kedua berkembang pada tahun 1959-1965 pada masa tersebut ditemukannya transistor sebagai pengganti dari komponen tabung vakum yang digunakan. Pada kelompok ketiga pada tahun 1965-1971 ditemukan IC pengganti dari transistor. Pada kelompok keempat ditemukan LSI yang merupakan gabungan dari IC. Kelompok kelima menghasilkan kecerdasan komputer.

Fungsi Komputer

Dari pengertian komputer yang telah Anda ketahui, maka pastinya pengertian tersebut bersumber dari fungsi komputer itu sendiri. Secara prinsip sebuah komputer memiliki 4 buah fungsi, yang pertama adalah pengolahan data atau data processing yakni fungsi untuk mengolah sebuah data sehingga menghasilkan sebuah output berupa sebuah informasi berupa dokumen teks, suara, video, objek, kata, grafik maupun gambar.

Fungsi kedua  yakni sebagai data storage, yakni sebuah fungsi untuk mengamankan dan menyimpan sebuah data. Sehingga Anda bisa menggunakan kembali data yang telah Anda simpan maupun data yang tersave otomatis pada perangkat yang Anda miliki tersebut. Fungsi ketiga adalah data movement, yakni sebuah fungsi yang mana Anda bisa memindahkan sebuah data dari perangkat satu ke perangkat yang lainnya.

Fungsi yang terakhir adalah sebuah fungsi yang dapat Anda rasakan baru pada komputer modern, yakni sebuah kontrol. Sehingga pada pengertian komputer pada awalnya tidak memiliki fungsi kontrol.

Jenis-Jenis Komputer

Dari sejak dulu telah muncul begitu banyak variasi atau jenis dari komputer, jenis pertama adalah komputer analog yang merupakan komputer yang hanya digunakan sebagai alat perhitungan dalam implementasi bilangan biner. Komputer berikutnya adalah mikrokomputer yang juga terbagi menjadi tiga jenis yakni, komputer rumah, komputer pribadi, dan juga komputer server.

Selain itu juga terdapat minikomputer, mainframe komputer dan juga superkomputer yang semakin hari semakin mengalami peningkatan kualitas kecanggihan. Sehingga pengertian komputer sebenarnya tidak akan konstan tetapi akan selalu dinamis mengikuti perkembangan zaman yang selalu mengalami perubahan dan peningkatan kualitas dari komputer itu sendiri.

Komponen Komputer

Hal berikutnya yang harus Anda ketahui dari komputer adalah komponen yang terdapat di dalam komputer, terdapat begitu banyak sistem dan komponen yang terkandung di dalamnya. Komponen pertama adalah komponen INPUT adalah sebuah komponen hardware yang berfungsi sebagai pintu dimana tugas-tugas masuk ke dalam komputer, komponen ini seperti keyboard, mouse, trackpad, pen, microphone, scanner.

Komponen kedua adalah komponen proses, dimana komponen-komponen inilah yang akan memproses perintah yang ada. Komponen proses diantaranya prosesor, motherboard, hardisk, dan juga memori. Sedangkan komponen terakhir adalah komponen output yang merupakan komponen yang akan menampilkan informasi yang telah diproses oleh komputer, komponen ini berupa monitor, speaker, dan juga printer yang tidak berada langsung di dalam komputer.

Demikianlah hal-hal yang harus Anda ketahui mengenai komputer, mulai dari pengertian komputer hingga komponen-komponen yang ada di dalam komputer yang wajib Anda ketahui sehingga Anda bisa lebih mudah mengoperasikan komputer.

Posting Komentar untuk " Pengertian Komputer : Sejarah, Fungsi, dan Variasi, Simak Yuk!"