Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ketahui Pengertian Smartphone, Sejarah dan Fungsinya!

aldanpost.com - Smartphone adalah salah satu benda yang wajib dimiliki oleh kalangan remaja sampai lansia. Fungsi utama benda ini adalah untuk berkomunikasi dan banyak juga fungsi lainnya seperti untuk menjelajahi dunia dengan browsing. Smartphone ini jika tersambung dengan internet, maka bisa membuat penggunanya bisa apa saja.

Bahkan di era digital seperti sekarang ini, smartphone untuk bekerja. Selama ini mungkin yang kita tahu hanya tentang fungsi smartphone saja tanpa tahu sejarahnya. Lantas apakah smartphone itu? Apa sebenarnya fungsi dan bagaimana sejarah perkembangan smartphone? Pada artikel di bawah ini akan dijelaskan mengenai jawaban dari persoalan-persoalan tersebut!

pengertian smartphone
smartphone

Pengertian Smartphone

Smartphone adalah sebuah kata yang berasal dari Bahasa Inggris yang berarti ponsel pintar. Untuk saat ini, banyak sekali perusahaan yang mengeluarkan brand smartphone yang sangat canggih. Dalam setiap brand atau merek terdapat banyak tipe yang bisa Anda pilih. Tentunya semuanya memiliki tawaran harga dan spesifikasi yang berbeda-beda.

Anda bisa memilih berdasarkan kriteria dan budget yang dimiliki. Tentukan juga apa tujuan atau fungsi Anda membeli smartphone tersebut. Tentukan tipe dan merk yang sesuai dengan kebutuhan Anda sehari-hari. Dengan begitu, fungsi dari smartphone akan maksimal dan bermanfaat.

Sejarah dan Perkembangan Smartphone

Jika berbicara mengenai sejarah dan perkembangan smartphone rasanya sangat luas dan menarik untuk diulas. Smartphone memang memiliki pengembangan dari waktu ke waktu. Inilah penjelasan lengkapnya:

Awal Mula Simon


IBM Simon Personal Communicator ini sering dikenal dengan nama Simon. Awal diperkenalkannya smartphone ini pada 16 Juli di tahun 1994. Bentuk dari Simon ini bisa dikatakan berat karena mencapai 500 gram. Simon ditetapkan sebagai smartphone pertama yang ada di dunia.

Simon ini awalnya ditawarkan dengan harga sekitar Rp. 12,1 juta. Di dalam Simon ini hadir fitur yang bisa dikatakan lengkap pada zamannya. Ada fitur seperti note, pengirim pesan singkat, kalender, email, dan stylus.

Munculnya Windows Phone

Dengan adanya kebangkitan iOS dan android, microsoft memutuskan agar ikut andil dalam pengoperasian dengan memperkenalkan Windows Phone. Beberapa tahun kemudian, Microsoft jug bekerjasama dengan Nokia. Sejak saat itulah Windows Phone menggantikan Symbian. Adapun produk pertama dalam sistem operasi ini antara lain Nokia Lumia 800 dan Nokia Lumia 710.

Jatuhnya Symbian

Apakah Anda pernah memahami apa itu Symbian? Symbian sempat menempati kedudukan dalam pengoperasian smartphone. Symbian membuat Motorola, Siemens, sampai Nokia. Produk ini sangat diterima oleh masyarakat pada saat itu. Akan tetapi, mengapa Symbian bisa jatuh dan tidak bisa bertahan lagi? Ini dikarenakan adanya kedatangan iOs dan juga Android.

Sistem operasi yang paling mengancam Symbian ini adalah android.  Selanjutnya, nokia juga memutuskan untuk berpindah ke microsoft dan juga sistem operasi Windows Phone. Inilah penyebab jatuhnya Symbian di era teknologi saat itu.

Awal Mula Smartphone Blackberry

selanjutnya, Blackberry berhasil menggemparkan dunia teknologi. Pada masanya, Blackberry ini sudah ada dukungan jaringan GSM dan juga GPRS. Akan tetapi, blackberry 5810 ini harus menggunakan headset ketika penggunaan komunikasi. Ini dikarenakan blackberry tipe ini belum dilengkapi dengan fitur pengeras suara atau mikrofon.

Akan tetapi, RIM masih berusaha mempertahankan produk ini hingga masuk ke awal tahun 2004. Setelah itu, salah satu perusahaan di Kanada merilis Blackberry 6710 dimana di dalamnya dilengkapi dengan audio built in. Kemudian setelahnya juga ada pembaruan versi di tahun berikutnya.

Munculnya Android

Android adalah suatu sistem operasi dengan basis Linux. Ini dikembangkan oleh Android Inc. Kemudian, pada tahun 2005 dibeli oleh Google. Pada awalnya, Android ini merupakan pengembangan sistem operasi kamera digital. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu Android dialihkan menjadi smartphone.

Adapun desain awal seperti ponsel Blackberry yang menggunakan keypad qwerty. Tidak ada dukungan layar sentuh apapun pada saat itu. Namun, kemudian smartphone jenis ini didesain dan diperbarui dengan mengangkat layar sentuh untuk berkompetisi dengan LG Prada dan juga Iphone.

Revolusi Iphone

Iphone berhasil merubah dunia pada saat tahun 2007. Iphone hadir dengan gabungan tiga produk yang sangat hebat. Steve Jobs menggabungkan Ipod layar lebar, telepon seluler, dan juga perangkat komunikasi internet. Ketiga hal tersebut bercampur menjadi satu dan diberi nama sebagai Iphone.

Pada awal muncul, Iphone sudah menawarkan teknologi yang canggih. Pada saat itu, film dengan durasi panjang juga bisa diputar. Kelemahan Iphone pada saat itu yaitu terletak pada tidak mendukungnya sistem 3G.

Fungsi Smartphone

Setelah mengetahui lebih dalam mengenai pengertian, sejarah, dan perkembangan smartphone masa kini Anda harus paham apa sebenarnya fungsi smartphone. Banyak sekali fungsi smartphone guna untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia. Berikut adalah uraiannya!

Sebagai Media Komunikasi yang Efektif

Fungsi smartphone yang pertama tentunya sebagai media komunikasi yang paling efektif. Telepon memang bisa menjadi alat komunikasi, namun dengan adanya smartphone sistem komunikasi akan lebih efisien. Ketika Anda ingin terhubung dengan teman atau saudara maka gunakan smartphone dan semuanya akan terkendali dengan baik.

Ponsel pintar ini juga sangat efektif dan efisien karena bentuknya yang ramping dan tidak berat. Selain itu, Anda bisa membawanya di kawasan darat, udara, dan air (menggunakan alat tambahan). Jadi, dari sini dapat dikatakan jika smartphone memang menjadi media komunikasi yang paling efisien dan efektif karena bisa dibawa kemana-mana tanpa ada batasan waktu.

Sebagai Penyimpan File yang Akurat

Apakah Anda mengetahui flashdisk? Flashdisk adalah sebuah alat penyimpan file baik itu dokumen, musik, video, dan lain sebagainya. Semua orang membutuhkan flashdisk untuk menyimpan filenya masing-masing. Akan tetapi, di era sekarang dengan smartphone Anda bisa menyimpan ratusan file di dalamnya. Sehingga, ini memungkinkan berkurangnya flashdisk sebagai fungsi penyimpan file.

Untuk menyambungkan ke komputer atau laptop, smartphone juga memiliki fitur bluetooth untuk menghubungkan pengiriman file. Ini dianggap sangat mudah karena smartphone juga pasti akan dibawa setiap harinya oleh semua orang. File yang telah dipindahkan dari laptop atau komputer ke smartphone juga sama dan tidak berkurang mengenai kualitasnya.

Sebagai Wadah Pengembang Bisnis

Dengan adanya smartphone di era milenial ini, pebisnis semakin membuka lebar sayapnya untuk menyebarluaskan informasi dagangan. Ini lebih dikenal sebagai sistem marketing. Smartphone memberikan wadah media bisnis untuk promosi produk. Ada banyak media sosial yang bisa Anda unduh dan install.

Sistem marketing akan semakin melebar karena adanya media sosial (facebook, instagram, twitter, dan lain sebagainya). Penggunaan media sosial ini tentu saja efektif, murah, dan mudah untuk digunakan. Sasaran pembeli juga ada dan rata-rata semuanya memakai media sosial baik itu untuk komunikasi maupun berbelanja.

Sebagai Pembuat dan Pengingat Jadwal yang Baik


Smartphone juga bisa berfungsi sebagai pembuat dan pengingat jadwal yang baik. Jika dulu Anda menggunakan jam weker untuk pengingat waktu maka kini sudah bisa Anda terapkan melalui smartphone. Anda hanya perlu set waktu sesuai dengan keinginan dan pada saat itu pasti smartphone akan mengingatkan Anda.

Selain itu, Anda juga bisa membuat jadwal di smartphone. Anda bisa mendownload aplikasi-aplikasi pembuat jadwal di smartphone. Banyak sekali aplikasi yang tersedia dan tentunya temanya sangat menarik dan membuat Anda tidak malas dalam membuat jadwal.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai pengenalan dan pemahaman tentang smartphone. Penjelasan diatasi dianggap sudah lengkap dan mampu mewakili berkembangnya smartphone di era digital. Gunakan smartphone sebaik mungkin dan memaksimalkan kegunaannya sesuai porsi Anda masing-masing.

Posting Komentar untuk "Ketahui Pengertian Smartphone, Sejarah dan Fungsinya!"