Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pengertian Teknologi: Sejarah, Fungsi dan Kegunaannya

Daftar Isi [Tampil]

aldanpost.com - Jika berbicara mengenai teknologi, tentu saja kaitannya sangat luas dan bisa dikatakan tidak terbatas. Semakin bertambahnya zaman, teknologi semakin canggih baik dari spesifikasi maupun fitur-fitur di dalamnya. Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan mengenai definisi, sejarah, fungsi, dan penggunaan teknologi jika dilihat dari perspektif 3 masa.

Dengan adanya teknologi, hal-hal yang tidak terduga bisa terjadi dan terselesaikan. Sebagai manusia yang hidup di era saat ini Anda diharapkan untuk mengikuti perkembangan teknologi yang ada di dunia. Jika tidak, tentu saja Anda akan ketinggalan dan sulit untuk beradaptasi. Oleh karena itu, perhatikan penjelasan mengenai teknologi di bawah ini!

pengertian teknologi
teknologi



Pengertian Teknologi

Siapa yang tidak mengetahui apa itu teknologi? Semua orang pasti mendengar dan pernah berpikir mengenai definisi dari kata ini. Teknologi merupakan sarana dalam lingkup luas dimana didalamnya terdapat barang (benda) yang sangat dibutuhkan untuk kebutuhan manusia di masa kini.

Teknologi seperti menjadi teman untuk manusia dalam kenyamanan dan keberlangsungan hidup. Beberapa sumber daya alam yang ada di bumi bisa diolah dengan adanya pengubahan dari teknologi yang sudah tersedia. Teknologi ini kawasannya sangat luas. Teknologi terbagi menjadi beberapa bagian seperti dalam bidang pendidikan, bisnis, transportasi, kesehatan, dan masih banyak lagi.

Sejarah dan Perkembangan Teknologi

Teknologi memang sangat luas mengalami banyak sekali sejarah perkembangan. Dalam sejarah dan perkembangan teknologi dapat dibagi menjadi 5 tahap. Inilah 5 tahap tersebut:

Teknologi pada Tahap Zaman Prasejarah

Datangnya teknologi bahkan dianggap sudah ada sejak zaman prasejarah. Zaman yang dimaksud ini adalah ketika manusia hidup namun belum mengenali tulisan. Apakah Anda mengetahui apa teknologi pertama kali yang diciptakan oleh manusia? Jawabannya adalah api. Jika lebih difokuskan lagi api tersebut berasal dari batu-batu.

Seorang ahli mengatakan jika batu sudah digunakan manusia dalam hal mempermudah kehidupan sehari-harinya. Akan tetapi, pada saat itu manusia masih berpikir teknologi ini hanya berfungsi untuk melengkapi dan memenuhi kepentingannya sendiri.

Teknologi pada Tahap Zaman Kuno

Zaman kuno merupakan sebuah zaman pada abad pertengahan dimana manusia sudah melewati zaman prasejarah. Menurut sejarah yang termasuk dalam zaman ini adalah zaman nabi, peradaban kuno, dan semacamnya. Pada tahapan zaman kuno ini teknologi berkembang dengan dasaran penemuan di masa Prasejarah.

Pada zaman ini, manusia berhasil menemukan teknik dasar bedah plastik. Selain itu, teknologi juga sudah dibuat untuk umum (tidak individu seperti prasejarah). Pada zaman ini juga manusia sudah paham dan kenal akan tulisan. Adapun teknologi yang tercipta dari Zaman Kuno ini seperti bangunan dan kapal-kapal.

Teknologi pada Tahap Zaman Pertengahan

Anda harus mengetahui jika Zaman Pertengahan ini terjadi pada abad ke 5 Masehi hingga abad 15 Masehi.Menurut sejarah, beberapa perkembangan teknologi pada zaman pertengahan ini dilakukan oleh orang-orang di benua Eropa.  Pada zaman ini hal yang menjadi poin utama adalah teknologi dalam hal seni.

Selain seni, pada Zaman pertengahan manusia juga sudah bisa menemukan teori fisika dan rumus matematika. Ini dibuktikan dengan adanya kompas yang sudah ditemukan pada zaman ini. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa pada Zaman Pertengahan manusia sudah megembangkan ilmu-ilmu pengetahuan alam.

Teknologi pada Tahap Zaman Revolusi Industri

Sesuai dengan namanya, revolusi industri ini merupakan zaman dimana teknologi mesin banyak ditemukan. Ini disebabkan karena kebutuhan manusia yang sangat banyak dan harus ada ide untuk mengatasi kebutuhan tersebut. Pada Zaman Revolusi Industri mesin sudah bisa memproduksi sebuah produk dalam jumlah banyak. 


Zaman ini terjadi sekitar abad 17 hingga 18. Hal yang menjadi titik poin pada era ini adalah adanya perubahan pada tingkah laku dan sisi kehidupan manusia. Contoh dari pernyataan tersebut adalah teknologi sudah menjadi candu untuk manusia. Sehingga, manusia tidak bisa jauh dari teknologi dalam waktu yang lama.

Teknologi pada Tahap Zaman Teknologi Abad 20 hingga Sekarang

Seiring dengan perkembangan zaman, tentunya teknologi juga semakin maju dan melengkapi kebutuhan manusia. Seperti contoh adanya kendaraan mobil untuk membantu manusia agar lebih cepat sampai ketempat tujuan. Terdapat fitur-fitur canggih yang ada di dalam mobil itu sendiri yang membuat manusia menjadi nyaman. 

Selain itu, teknologi pada era ini juga menampilkan banyak platform-platform yang bisa membantu pemenuhan kebutuhan manusia. Platform yang dimaksud disini adalah platform pendidikan, travel, shopping, dan masih banyak lagi. Penggunaannya yang mudah membuat manusia menjadi betah dan tidak bisa jauh dari teknologi di zaman saat ini.

Fungsi Teknologi

Fungsi teknologi untuk kehidupan itu sangat banyak bahkan terdapat klasifikasi di dalamnya. Teknologi berfungsi sebagai pengolah, penangkap, penyimpan, transmisi, dan menghasilkan suatu hal. Ketika Anda hidup di era saat ini, Anda harus pandai untuk selalu belajar dan mengikuti teknologi agar kehidupan juga semakin maju dan berinovasi.

Penggunaan Teknologi

Penggunaan teknologi ini bisa dijelaskan dalam tiga pandangan masa yaitu masa lalu, sekarang, dan masa depan. Bagaimana penggunaan teknologi di ketiga masa tersebut? Berikut penjelasan fakta menariknya!

Penggunaan Teknologi di Masa Lalu

Sebenarnya jika berbicara mengenai teknologi itu kawasannya sangat luas namun mari coba bandingkan teknologi dalam hal komunikasi. Di masa lalu, orang-orang memang sudah mengetahui alat-alat komunikasi. Meskipun hal tersebut tidak canggih seperti era masa kini. Adapun teknologi komunikasi di masa lampau antara lain kentongan, surat, dan lain-lain.

Alat-alat tersebut merupakan pertanda atau simbol yang dihasilkan dalam bunyi-bunyian untuk memberikan informasi atau pesan kepada manusia lain. Namun, penggunaannya juga masih sederhana seperti alat tersebut harus dipukul atau semacamnya.

Penggunaan Teknologi di Masa Sekarang

Jika dibandingkan dengan teknologi di masa sekarang memang sangat berbeda. Teknologi komunikasi sudah sangat canggih dan bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan Anda. Bahkan teknologi saat ini tidak terbatas dan bisa digunakan dimanapun. Contohnya yaitu dengan adanya smartphone.

Teknologi smartphone ini sangat membawa hal baik untuk kehidupan manusia. Beberapa keperluan pekerjaan sangat terbantu karena adanya smartphone. Dengan menggunakan smartphone Anda bisa melakukan apapun yang bisa menguntungkan diri Anda sendiri dan orang lain.

Penggunaan Teknologi di Masa Depan

Untuk teknologi di masa depan sepertinya sudah bisa dilihat dari beberapa kabar berita yang sudah menyebar. Teknologi di masa depan semakin membuat manusia tidak percaya bahwa ternyata mesin bisa mengubah dunia menjadi lebih mudah. Adapun teknologi yang akan ada di masa depan antara lain self driving car, skateboard terbang, sepatu pintar, dan lain sebagainya.

Itulah penjelasan lengkap mengenai pembahasan luas mengenai teknologi. Dengan membaca informasi yang sudah dijelaskan diatas diharapkan Anda harus bersiap-siap menerima kedatangan teknologi yang semakin berkembang di setiap zaman. Anda harus bisa beradaptasi dengan teknologi dan mampu memilahnya dalam hal pemenuhan kebutuhan Anda.

Selalu belajar dan peka terhadap lingkungan akan membuat Anda sadar lebih dalam mengenai teknologi. Manfaatkan teknologi dengan maksimal agar pemenuhan kebutuhan bisa terkendali dengan baik.

Posting Komentar untuk "Pengertian Teknologi: Sejarah, Fungsi dan Kegunaannya"

Berlangganan via Email