Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ketahui Perbedaan Sleep dan Shutdown, Mana yang Anda Pilih?

aldanpost.com - Kebanyakan dari kita mungkin belum tahu perbedaan sleep dan shutdown yang ada pada komputer atau laptop. Pilihan sleep dan shutdown biasanya muncul ketika kita akan mematikan komputer atau laptop. Perbedaan ini hanya ada pada komputer yang menggunakan sistem operasi Windows.

Ada perbedaan mendasar antara sleep dan shutdown. Meski mirip, keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Sebagai pengguna komputer atau laptop, Anda harus tahu akan hal ini. Bagi yang ingin tahu tentang perbedaan sleep dan shutdown, simak penjelasan di bawah ini!

perbedaan sleep dan shutdown
sleep dan shutdown

Inilah Perbedaan Sleep dan Shutdown

Berikut ini beberapa perbedaan antara sleep dan shutdown komputer maupun laptop. Lalu mana yang lebih baik shutdown atau sleep untuk mematikan komputer? berikut ulasannya:

1. Kondisi Komputer atau Laptop

Perbedaan sleep dan shutdown yang pertama adalah dari segi kondisi komputer. Ketika Anda memilih opsi sleep, sesuai artinya, maka komputer atau laptop akan berada dalam kondisi tidur. Maksudnya, komputer tidak mati dan siap melanjutkan operasi dengan cepat ketika akan digunakan kembali. 

Berbeda dengan opsi shutdown yang akan mematikan semua sistem kerja komputer. Butuh waktu lama jika ingin menggunakannya lagi. Perbedaan  ini dapat diibaratkan seperti penggunaan DVD Player. Opsi sleep mirip dengan tombol pause, sedang shutdown serupa dengan pilihan On/Off. Ketika memilih pause, cukup dengan menekan tombol play maka DVD Player akan nyala kembali. Sedangkan jika memilih Off, maka perlu menekan tombol On untuk menghidupkannya.

2. Data Pekerjaan dan Aplikasi

Sebelum menentukan memilih mana yang lebih baik shutdown atau sleep saat mematikan komputer, Anda harus tahu tentang perbedaan ini. Ketika Anda menggunakan komputer, tentunya ada data-data atau aplikasi yang sedang bekerja. Perbedaan sleep dan shutdown dapat dilihat dalam hal kondisi data pekerjaan atau aplikasi tersebut.

Opsi sleep akan tetap menyimpan data-data pekerjaan atau aplikasi yang telah berjalan sebelumya. Hanya saja, data tersebut tidak tersimpan dalam hardisk, melainkan RAM. Sementara ketika Anda memilih opsi shutdown, maka tidak ada data data yang tersimpan. Baik dalam hardisk maupun RAM. Hanya pengaturan Windows saja yang masih tetap tersimpan.

3. Waktu Re-Booting

Ketika Anda ingin menyalakan komputer atau laptop kembali dari keadaan sleep, maka hanya butuh waktu beberapa saat agar sistem operasi bekerja lagi. Opsi sleep memiliki waktu re-booting paling cepat dibandingkan opsi lainnya. Hal ini dikarenakan data pekerjaan masih disimpan dalam RAM, sehingga tidak membutuhkan waktu lama untuk menyalakannya kembali.

Sedangkan opsi shutdown akan membutuhkan waktu lama untuk waktu re-booting. Sebab, harus menghidupkan kembali daya komputer. Butuh waktu cukup lama untuk mengatur semua sistem operasi agar dapat bekerja kembali. Jadi, Anda sudah tahu lebih baik shutdown atau sleep saat hanya meninggalkan komputer beberapa saat. 

4. Daya Baterai

Perbedaan sleep dan shutdown yang terakhir dapat dilihat pada konsumsi daya baterai. Opsi shutdown menjadi pilihan yang baik jika ingin menghemat baterai komputer. Karena opsi ini akan memutus semua aliran listrik yang masuk ke dalam komputer. Dengan begitu, daya konsumsi baterai akan berhenti dan tidak berkurang.

Berbeda dengan opsi sleep yang hanya berfungsi sebagai penghemat daya sesaat. Maksudnya, lebih baik ditidurkan dibandingkan dengan ketika komputer tetap menyala tetapi tidak digunakan. Aplikasi-aplikasi yang dibuka masih tetap bekerja dan menyedot daya baterai. 

Mana yang Lebih Baik Shutdown atau Sleep?

Setelah mengetahui perbedaan kedua fitur tersebut, Anda bisa mengatur dan memilih kapan waktu yang tepat untuk menggunakannya. Melihat konsumsi daya baterai, opsi shutdown sangat pas dipilih jika Anda tidak akan menggunakan komputer atau laptop dalam waktu yang cukup lama. Sekitar empat atau lima jam lebih akan lebih pas untuk memilih opsi ini.

Namun ketika Anda akan menggunakan komputer dalam waktu dekat, maka opsi sleep bisa menjadi pilihan. Pasalnya, Anda tidak perlu menunggu waktu lama untuk komputer atau laptop saat booting ulang. Dengan begitu, Anda bisa melanjutkan data pekerjaan yang masih tersimpan dalam RAM.

Sekarang Anda telah mengetahui perbedaan sleep dan shutdown yang ada pada komputer dan laptop. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Pertimbangkan dengan baik kapan dan bagaimana Anda akan memilih dari kedua opsi tersebut. 

Posting Komentar untuk "Ketahui Perbedaan Sleep dan Shutdown, Mana yang Anda Pilih?"