Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Mencari Keyword SEO, Nomor 2 Penting!

Daftar Isi [Tampil]

3 Cara Mencari KeywordSEO, Nomor 2 Penting! – Cara yang paling mudah untuk meningkatkan rangkin pencarian dalam mesin pencari adalah melaui organic search. Pencarian secara manual tentu membutuhkan keyword. Keyword memiliki peran yang penting dalam penyebaran informasi. Jika content dalam website mengandung kata kunci yang paling banyak dicari oleh target pembaca, maka website akan mudah berada di halaman pencarian teratas.

Oleh karena itu, sebuah website harus mengandung kata kunci yang paling sesuai dengan konten. Tujuannya untuk menarik pembaca mengunjungi website. Pentingnya hal tersebut, maka harus didukung dengan cara riset keyword. Dengan melakukan riset, tentu saja akan lebih tepat sasaran. Namun, bagaimana melakukannya?

cara mencari keyword SEO

Cara Mencari Keyword SEO

Mencari keyword yang sesuai dengan teknik SEO tentu ada caranya untuk dipelajari. Mulai dari cara manual, sampai dengan berbayar. Semuanya merupakan sebuah usaha dalam meningkatkan traffic website. Tidak ada salahnya jika mencoba menerapkan demi peringkat dalam mesin pencarian. 3 cara mencari keyword SEOberikut dapat diikuti untuk mendapatkan yang tepat sasaran.

Mencari Keyword SEO dengan Keyword Dasar dan Turunannya

Langkah awal yang harus dilakukan adalah dengan mencari keyword dasar, yang memiliki kaitan dengan topik artikel atau website. Hal ini bertujuan untuk menemukan variasi keyword lainnya atau keyword turunan. Keyword dasar akan terdiri dari satu sampai dua kata saja atau tergolong kategori keyword short tail.

Hal yang diperlukan dalam cara mencari keyword SEO untuk keyword dasar adalah insting. Namun jika ragu, dapat dibaca dari website statistic pengunjung, topik artikel mana yang banyak dikunjungi. Sehingga dari situ, dapat ditemukan keyword lainnya yang berkaitan. Bukan hal yang sulit, jika konten website sudah dibangun dengan baik sejak awal, seperti menentukan niche website yang dikelola.

Setelah menemukan daftar keyword dasar, kata tersebut dapat digunakan untuk menemukan keywordturunan. Cara mudahnya adalah menggunakan mesin pencari. Daftar keyword yang direkomendasikan akan terlihat menjadi beberapa kata turunannya. Dapat menampilkan variasi keyword lebih dari dua atau tiga kata.

Mencari Keyword SEO dengan Tools Gratis

Beberapa aplikasi gratis dapat digunakan sebagai cara mencari keyword SEO. Dalam hal ini akan membantu dalam upaya perencanaan kata kunci yang tepat. Dapat digunakan tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun. Hasilnya tentu saja terpercaya, selain itu tentu saja lebih optimal daripada harus mencari secara insting saja. Berikut salah satu dari aplikasi gratis yang dapat digunakan untuk mencari keyword:

  • Google Trends

Aplikasi dari Google ini dapat digunakan secara gratis. Menyediakan suatu statistik untuk setiap kata kunci. Aplikasi ini hanya sebagai tahap awal atau arahan dasar yang dapat membantu memilih kata kunci yang tepat. Google Trends juga menyediakan grafik sebaran keyword selama waktu yang dapat kita tentukan. Akan ditampilkan kurva naik – turunnya popularitas dari keyword berdasarkan waktu.

Aplikasi ini juga menghasilkan informasi mengenai besarnya pencarian kata kunci tersebut. Sebagai salah satu cara mencari keyword SEO, mulai dari tingkat kesulitannya serta diberikan masukan penggunaan keyword. Selain itu, sekaligus juga dapat untuk membandingkan beberapa kata kunci yang ada. Dapat juga dilakukan pencarian berdasarkan lokasi, riwayat pencarian dan kategorinya.

Mencari Keyword SEO dengan Tools Berbayar

Jika layanan gratis di atas kurang sesuai atau tidak memenuhi kebutuhan dalam mencari keyword. Maka selanjutnya dapat menggunakan fitur pencari keywordyang berbayar. Tentu saja akan mendapat fitur yang lebih lengkap, namun juga ada biaya yang harus dikeluarkan. Sebenarnya hal tersebut akan sebanding dengan apa yang menjadi tujuan dibuatnya sebuah website.

Pada umumnya, keyword dengan pencarian tinggi akan memiliki potensi trafik yang tinggi juga. Cara mencari keyword SEOdengan 3 pilihan cara di atas akan sangat berguna jika dilakukan secara optimal. Meski demikian, tidak berarti hanya terpaku pada keyword saja, namun kualitas artikel dalam penggunaan keyword juga harus relevan. Sehingga akan menghasilkan sebuah website yang berkualitas secara SEO.


Posting Komentar untuk "3 Cara Mencari Keyword SEO, Nomor 2 Penting!"

Berlangganan via Email