Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Kriteria Metadesk SEO Friendly, yang Pertama Wajib Ada!

Daftar Isi [Tampil]

3 Kriteria Metadesk SEO Friendly, yang Pertama Wajib Ada – Mengoptimasi websiteagar dapat berada di halaman pertama mesin pencari tentu akan meningkatkan traffic website. Namun, tentu saja hal itu tidak mudah. Selain banyaknya kompetitor, terkadang algoritma penentuan rangking hasil pencarian juga sulit ditebak. Namun, beberapa cara optimasi dapat dilakukan. Salah satunya dengan mengoptimasi meta tag.

Meta tag dalam teknik SEO akan memudahkan mesin pencari untuk mengindeks website. Selain itum pengguna internet akan dengan mudah mengetahui isi secara umum konten dari website. Dapat juga digunakan untuk menarik pengguna untuk berkunjung ke website. Meta tag ini terdiri dari tiga bagian, yaitu meta title, meta descriptiondan meta keyword. Pada artikel ini hanya akan membahas mengenai meta descriptionatau biasa dikenal dengan metadesk.

Kriteria metadesk SEO friendly

Pengertian Metadesk

Metadesk merupakan tag HTML yang berisikan penjelasan singkat mengenai isi halaman website. Penjelasan ini akan ada di bagian bawah meta title. Saat mencari informasi melalui mesin pencarian, titledan metadesk dari halaman websiteitulah yang akan muncul di halaman hasil pencarian. Oleh karena itu, optimasi metadesk perlu dilakukan. Kriteria metadesk SEO friendly perlu diperhatikan agar halaman websitemudah ditemukan mesin penelusur.

Kriteria Metadesk SEO Friendly

Metadesk akan menyediakan ringkasan singkat mengenai isi halaman website. Penulisan deskripsi yang jelas dan menarik tentu akan berpeluang untuk mendapatkan trafficyang lebih tinggi. Pada umumnya, metadesk ditulis dengan panjang dibatasi hingga 150 karakter. Lalu, poin penting apa saja yang harus ada dalam metadesk yang SEO friendly? Berikut 3 kriterianya:

Mengandung Keyword

Kriteria metadesk SEO friendly yang utama adalah adanya Keyword. Keyword atau kata kunci mejadi bagian penting dalam meta description. Kata kunci ini dapat membantu konten pada halaman website menjadi lebih relevan dengan apa yang sedang dicari. Metadesk akan menampilkan keywordyang sedang dicari dalam bentuk cetak tebal. Hal ini akan mempermudah pencari untuk menemukan konten yang dibutuhkan.

Meski demikian, keyword yang disisipkan juga harus relevan dengan isi konten. Jadi, deskripsi akan lebih enak untuk dibaca. Hindari keyword stuffing, yaitu penggunaan keyword yang berlebihan. Dalam metadesk, setidaknya satu keyword saja sudah cukup. Sebelumnya, melakukan riset keyword juga penting. Dari situlah, apa yang konten pembaca cari dapat diketahui.

Gunakan Kalimat Aktif

Kriteria metadesk SEO friendly yang kedua adalah menggunakan kalimat aktif. Kalimat aktif dalam sebuah deskripsi akan lebih menarik untuk dibaca. Selain itu, jauh akan lebih singkat dan mudah dimengerti. Hal ini juga terkait dengan jumlah karakter yang ideal, yakni 150 karakter. Kalimat aktif juga cenderung lebih tho the point dalam menjelaskan pesan. Ingatlah untuk memasukan rumus SPOK (Subjek-Predikat-Objek-Keterangan) untuk membuat kalimat aktif.

Gunakan Call To Action (CTA)

Metadesk memang bertujuan untuk menarik pengunjung datang ke website. Oleh karena itu, penggunaan call to action perlu diperhatikan. CTA ini akan berfungsi dalam mengajak calon pengunjung untuk melakukan sesuatu. Dengan menggunakan kalimat ajakan, seperti “Klik tombol di bawah ini!”, akan lebih menarik untuk dibaca. Sehingga, calon pengunjung akan merasa diundang untuk membaca lebih lanjut ke halaman website.

Menambahkan kriteria metadesk SEO friendly memang hanya salah satu cara optimasi SEO untuk sebuah website. Namun demikian, meta deskripsi tetap menjadi perhatian dalam penentuan rangking di hasil pencarian. Tentunya karena pengunjung lebih tertarik jika dapat mengetahui secara umum kontennya. Metadesk juga dapat menjadi peluang untuk promosi. Semoga artikel ini dapat membantu untuk meningkatkan traffic. Selamat mencoba!


Posting Komentar untuk "3 Kriteria Metadesk SEO Friendly, yang Pertama Wajib Ada!"

Berlangganan via Email