Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Website Agar Terindex Oleh Google Secara Cepat

Daftar Isi [Tampil]

6 Cara Website Agar Terindex Oleh Google Secara Cepat – Update artikel setiap hari merupakan salah satu langkah untuk memancing robot crawl ‘spider’miliki google. Namun, cara ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Untuk website baru biasanya butuh waktu 3 minggu bahkan lebih. Lalu, bagaimana caranya agar website anda dapat terindex oleh google dalam jangka waktu pendek?

Robot crawl spider ini berfungsi melakukan index terhadap postingan baru pada sebuah website. Akan tetapi kedatangannya robot ini ke setiap website berbeda-beda dan tidak dapat diprediksi. Nah, karena waktunya yang tidak jelas ini, kamu bisa menggunakan beberapa cara agar website terindex dengan cepat.

agar terindex oleh google secara cepat
agar terindex oleh google secara cepat

Cara Mudah Supaya Website Terindex Oleh Google Secara Cepat

Setelah website kamu terindex oleh google tentu saja keuntungannya mendapatkan pengunjung yang lebih banyak. Sebenarnya sebuah website agar terindex oleh google secara cepat sudah ada langkah-langkahnya sendiri. Penasaran langkah-langkahnya? Nah, silakan simak ulasan berikut ini!

Daftarkan Website Ke Google Search Console

Agar sebuah website dapat terjaring oleh robot crawl ‘spider’ secara cepat harus mendaftarkannya ke google search console. Tools google ini berfungsi untuk memonitoring kinerja website. Dengan mendaftarkan website ke google console ini, kamu dapat melihat halaman yang paling bayak diakses pengunjung.

Hal yang paling penting dari kinerja google search console adalah dalam indexing website kamu. Seberapa sering tools tersebut melakukan crawling di website kamu. Selain itu, kamu bisa mengetahui indexing error yang dapat mempengaruhi rangking webiste pada mesin pencari google. Apabila ditemukan indexing errorpada website sebaiknya segera diatasi agar terindex oleh google secara cepat

Membuat Robot.txt

Memberi tahu mesin pencari mengenai halaman yang perlu diindex atau tidak merupakan fungsi dari robot.txt ini. Misalnya, halaman duplikat yang ada dalam website sebaiknya tidak perlu dimasukkan ke google index. Pasalnya, jika kamu lakukan, akan menyebabkan google melakukan deindex, atau bahkan mengahpus website kamu dari google index.

Membuat Sitemap HTML dan XML

Perlu membuat sitemap HTML pada website agar terindex oleh google secara cepat. HTML ini untuk memudahkan pengunjung dalam memahami isi website kamu. Sedangkan sitemap XML ditujukan kepada mesin pencari supaya website mudah ditemukan. Nah, untuk membuat sitemaps ini kamu dapat mendaftarkan sitemap website ke google search console.

Upload Konten Baru

Upload konten baru setiap hari menjadi salah satu langkah sebuah website agar terindex oleh google secara cepat. Namun, update saja tidak cukup, kamu harus memposting konten yang berkualitas juga supaya google sering melakukan crawling di website kamu. Konten yang berkualitas adalah konten yang memberikan manfaat bagi pengunjung dan terbaru.

Membuat Kategori Konten

Sebuah website agar terindex oleh google secara cepat harus membuat kategori konten jika konten yang diupload berbeda-beda. Dengan adanya kategori konten membuat pengunjung lebih mudah dalam menemukan konten yang dicari. Selain itu, kategori konten dapat membantu google dalam menganalisa halaman yang memiliki konten mirip. 

Memperbanyak Internal Link

Internal link sangat diperlukan dalam sebuah konten untuk mambantu google dalam mengetahui hubungan atar halaman dalam sebuah website. Namun yang perlu diperhatikan saat menambahkan internal link dalam sebuah artikel adalah pilih kata yang memberikan nilai bagi pembaca. Jika tidak, akan berdampak buruk terhadap SEO.

Nah, diatas adalah langkah sebuah webiste agar terindex oleh google secara cepat. Kendati langkah-langkah tersebut sudah kamu lakukan, tetapi belum terindex oleh google, coba cek kembali kualitas konten yang kamu posting.  Pasalnya, google menyukai konten yang berkualitas dan memberikan manfaat pada penggunanya.

Posting Komentar untuk "6 Cara Website Agar Terindex Oleh Google Secara Cepat"

Berlangganan via Email