Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Anda Penulis Konten? Perhatikan Aturan Jumlah Kata Artikel SEO Ini Sebelum Menulis

Daftar Isi [Tampil]

Anda Penulis Konten? Perhatikan Aturan Jumlah Kata Artikel SEO Ini Sebelum Menulis - Jika sebagian orang masih merasa kesulitan dalam membuat sebuah tulisan terutama artikel, maka tidak demikian bagi seorang content writer atau penulis konten. Seorang content writer yang menulis konten untuk sebuah website harus bisa menulis berdasarkan pesanan pemilik website tersebut.

Selain itu, ia juga harus punya strategi dan kemampuan mengolah kata karena biasanya artikel yang dipesan hanya berdasarkan kata kunci atau keyword tertentu saja. Adapun fungsi keyword yang diberikan klien untuk dikembangkan menjadi sebuah tulisan oleh penulis konten  adalah agar artikel mudah terdeteksi oleh mesin pencari atau search engine, dalam hal ini google.

Artikel yang ditulis berdasarkan keyword tertentu inilah yang dinamakan artikel SEO. Selain keyword tertentu, biasanya ada juga pembatasan jumlah kata artikel SEOdan beberapa aturan lainnya. Namun, untuk pembahasan kali ini lebih kepada aturan jumlah kata yang ideal dalam sebuah artikel SEO.

jumlah kata artikel SEO
 jumlah kata artikel SEO


Aturan Jumlah Kata Artikel SEO

Menulis artikel SEO memang berbeda dengan menulis artikel biasa, jika artikel biasa Anda bebas menulis apa saja dan tak perlu memperhatikan jumlah kata. Dalam artikel SEO tidaklah demikian, jumlah kata justru menjadi salah satu faktor penentu, apakah artikel Anda akan dibaca orang hingga akhir atau tidak.

Tidak Boleh Terlalu Banyak atau Terlalu Sedikit Jumlah Kata Artikel SEO

Anda mungkin bertanya-tanya, berapa jumlah kata artikel SEO? Apakah semakin banyak kata semakin bagus atau sebaliknya. Sebenarnya jumlah kata pada artikel SEO justru tidak boleh terlalu banyak atau pun terlalu sedikit. Jumlah kata yang terlalu banyak akan mengakibatkan artikel jadi panjang dan jika isi artikel kurang berbobot, orang justru malas membacanya, alhasil artikel tersebut akan langsung di skip pembaca.

Sebuah artikel SEO yang jumlah katanya terlalu sedikit juga tidak diperkenankan, karena search engine akan menilai artikel tersebut sebagai SPAM, Anda tidak mau bukan artikel Anda dianggap SPAM? Jadi, sebaiknya jumlah kata pada artikel SEO harus yang sedang-sedang saja, yaitu kisaran lebih dari 400 kata dan kurang dari 700 kata.

Beda Kriteria Beda Jumlah Kata Artikel SEO

Walau idealnya jumlah kata artikel SEO sebaiknya lebih dari 400 kata, namun untuk aturan standar minimal penulisan artikel SEO, Anda masih bisa menulis artikel yang berjumlah 300 kata. Selama jumlah tersebut tidak kurang dari 300 kata, search engine tidak akan menganggapnys sebagai SPAM.

Biasanya artikel 300 kata adalah artikel dengan kriteria konten singkat, informasi yang diberikan pun tidak terlalu padat atau mendalam  dan hanya berupa tips-tips praktis. Para pembaca biasanya menghabiskan waktu 1  sampai 1,5 menit untuk membaca artikel ini. Selanjutnya untuk artikel dengan jumlah kata ideal yaitu 400-700 kata, biasanya berisi konten dengan kriteria informatif, edukatif dan, pembahasan artikel lebih mendalam.

Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah apakah benar artikel SEO tidak boleh ditulis dengan jumlah kata yang banyak? Perlu Anda ketahui, bahwa sah-sah saja jika Anda ingin menulis artikel dengan jumlah kata yang banyak karena berdasarkan standar maksimal jumlah kata artikel SEO berkisar 800 hingga 1000 kata.

Jumlah tersebut harus berupa informasi mendetail atau berupa panduan yang dibuat secara step by step dan isi artikel pun harus berbobot serta tidak membosankan. Lantas, apakah ada artikel SEO yang jumlah katanya lebih dari 1000 kata? Jelas ada, bahkan hingga 2000 kata pun ada.

Namun, jika Anda tidak mampu menyuguhkan tulisan yang menarik dan membuat pembaca Anda betah berlama-lama membaca artikel tersebut, maka jumlah kata yang banyak tersebut tidak ada artinya. Demikian beberapa aturan dalam jumlah kata artikel SEO, semoga  bermanfaat bagi Anda.    

Posting Komentar untuk "Anda Penulis Konten? Perhatikan Aturan Jumlah Kata Artikel SEO Ini Sebelum Menulis"

Berlangganan via Email