Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Mengunduh Aplikasi Dapodik 2021

aldanpost.com - Aplikasi Dapodik 2021 dirilis sebagai ungkapan atas jawaban berbagai keresahan masyarakat. Mulai dari orang tua, guru, sampai anak-anak sebagai pelajar sendiri mengaku kesulitan dalam melakukan pembelajaran daring di tengah pandemi yang sedang melanda dunia. Faktor kesulitan yang dialami yakni mulai dari jaringan internet sampai sulitnya beradaptasi ketika harus melakukan pembelajaran tanpa dijelaskan secara langsung oleh guru.

Menghadapi hal ini, pemerintah dengan sigap menyiapkan dan merilis aplikasi pembelajaran yang membantu murid serta guru. Sebenarnya aplikasi ini sudah pernah diluncurkan di tahun-tahun sebelumnya, hanya saja tidak se-booming tahun ini karena beberapa tahun lalu pembelajaran masih bisa diadakan via tatap muka. Oleh karena itu bagi yang belum pernah mengetahui aplikasi ini, anda bisa menyimak ulasan di bawah!

aplikasi dapodik 2021

Inilah Cara Unduh Aplikasi Dapodik 2021

Sebelum anda mengetahui beberapa fakta lainnya mengenai aplikasi Dapodik, ada baiknya anda mengetahui cara pengunduhan aplikasi Dapodik dan apa saja hal yang perlu dipersiapkan dalam penggunaan aplikasi ini.

Siapkan perangkat yang mendukung

Termasuk dalam persiapan, aplikasi dapodik 2021 ini memerlukan beberapa rincian pada komputer atau pc yang hendak digunakan sebagai tempat aplikasi. Beberapa ketentuannya antara lain; prosesor intel Core i3, memory 4GB atau standard, hard drive 120GB, sistem windows 10, dan aplikasi yang terpasang seperti Google Chrome, Opera, atau Mozilla Firefox sebagai penghubung internet. 

Download dan instal aplikasi

Selanjutnya, untuk install aplikasi Dapodik 2021 anda juga harus menyiapkan beberapa kode registrasi dan akun untuk pendaftaran. Kode ini bisa didapatkan melalui registrasi pada Admin dinas pendidikan Kota atau Kabupaten tempat anda tinggal. Hal ini dikhususkan bagi sekolah dengan jenjang PAUD-Dikmas/SD/SMP. 

Sementara itu, kode yang berbeda bisa anda minta kepada Admin Dinas Pendidikan Provinsi untuk jenjang SLB/SMA/SMK. Apabila anda ada pertanyaan yang hendak ditanyakan juga bisa dikoordinasikan dengan petugas terkait. 

Kemudian, untuk dapat mulai mengakses Dapodik Online anda bisa langsung melakukan pasang atau instal unduhan melalui file installer yang telah diperbaharui dari aplikasi sebelumnya. Anda tinggal membuka laman kemdikbud, kemudian klik menu unduhan. Terakhir, unduh installer.

Penggunaan Aplikasi Dapodik 2021

Setelah melakukan berbagai tahap untuk mengunduh aplikasi ini, anda juga perlu mengetahui cara penggunaan Dapodik 2021. Berikut terdapat beberapa hal yang harus anda perhatikan sekaligus alur penggunaan dapodik:

  • Setelah melakukan install aplikasi Dapodik 2021 anda harus melakukan langkah selanjutnya, yaitu registrasi menggunakan kode yang telah diberikan oleh petugas terkait. Anda dapat melakukan generate prefill terlebih dahulu apabila menggunakan registrasi secara offline.
  • Setelah itu, anda bisa memperbaharui data sekolah terkait. Terutama pada periodik penerima BOS dan mencantumkan rekening BOS.
  • Jangan lupa, anda juga bisa memperbaharui data masing-masing peserta didik. Mulai dari pendataan siswa yang masih terdaftar maupun siswa yang telah dimutasi. Selain itu, untuk menggunakan dapodik online anda diharuskan memperbaharui data guru, karyawan, maupun staf yang bekerja di instansi terkait. 
  • Pastikan pula anda memberi data mengenai sarana prasarana yang ada di sekolah sampai data rombongan belajar maupun jadwal yang digunakan. 
  • Terakhir, untuk menggunakan aplikasi pembelajaran ini anda tinggal melakukan validasi dan sinkronisasi setelah mengisi lembar formulir secara lengkap dan pastinya benar. 

Nah, di atas adalah beberapa hal mengenai aplikasi Dapodik 2021 yang perlu anda perhatikan. Bila masih ada yang ingin anda ketahui lebih lanjut, anda dapat langsung mengunjungi laman resmi Kemdikbud di alamat Kemdikbud.go.id.

Posting Komentar untuk " Cara Mudah Mengunduh Aplikasi Dapodik 2021"