Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membangun Usaha Bisnis Mulai Dari Nol Untuk Pemula

Aldanpost.com - Membangun sebuah usaha bisnis dari nol bukanlah perkara yang mudah apalagi untuk seorang pemula yang baru terjun ke dalam dunia usaha. Harus ada sebuah pertimbangan yang matang dari berbagai sisi dan juga harus siap dengan berbagai macam resiko yang ada. Karena memang sebuah usaha bisnis tidak serta merta selalu langsung menghasilkan seperti halnya apa yang sudah diimpikan.

Karena memang sebuah usaha bisnis bukanlah hal yang mudah, jadi tidak heran jika jumlah orang yang gagal dalam merintis usaha juga tidak sedikit. Tapi sobat, jika Anda mau lebih teiliti dan juga benar-benar dengan kesiapan yang matang, semuanya akan jauh lebih aman dan juga jauh dari yang namanya kegagalan. Kali ini saya akan coba memberikan beberapa tips dan sharing sebagai gambaran yang semoga bisa bermanfaat untuk sobat yang baru mau merintis sebuah usaha bisnis dari nol.

Cara Membangun Usaha Bisnis Mulai Dari Nol Untuk Pemula


cara-membangun-usaha-bisnis-mulai-dari-nol


1. Menentukan Jenis Usaha Bisnis Yang Tempat

Sebelum membahas dan melangkah lebih jauh, yang pertama yang harus dilakukan adalah memilih bisnis yang tepat. Sebelumnya juga sudah saya bahas materi cara memilih bisnis yang tepat, disitu saya bahas lebih dalam. Yang intinya pemilihan bisnis yang tepat dengan keahlian Anda, dengan kondisi dan juga keuangan Anda akan lebih mudah untuk dikelola dan juga lebih mudah berkembang kedepannya. Sobat bisa mengumpulkan beberapa refrensi mengenai sebuah ide bisnis lalu pilih salah satu yang menurut sobat paling cocok untuk dijalankan.

2. Melakukan Survey Dari Berbagai Sisi

Jika sudah memiliki gambaran yang lebih yakin mengenai bisnis apa yang hendak dijalankan. Langkah kedua adalah melakukan survey, survey disini meliputi peluang pasar, lokasi dan juga kompetitor. Dari survey ini sobat akan memiliki sebuah gambaran mengenai strategi bisnis seperti apa yang akan di gunakan. Kemudian juga bisa mengetahui lokasi mana saja yang bagus untuk bisnis yang akan sobat jalankan tersebut. 

3. Membuat Rancangan Biaya Pendirian Usaha

Langkah ketiga adalah soal biaya. Pada tahapan ini harus ada perencanaan yang matang karena kalau tidak akan memicu kerugian diawal pendirian usaha Anda. Buatlah sebuah rancangan secara tertulis mengenai pembiyayaan apa saja yang perlu sobat keluarkan untuk pendirian usaha Anda. 

Kemudian jangan lupa untuk menghindari sistem hutang di awal pendirian usaha, karena yang namanya modal hutang akan sangat membebani proses merintis usaha. Mulailah dengan modal seadanya jauh lebih bagus, mulai bisnis semampunya dari kecil akan lebih aman untuk keuangan ke depannya.

4. Menetapkan Sistem Promosi Dan Sistem Usaha Bisnis

Menetapkan sebuah sistem promosi merupakan sebuah langkah penting di awal pendirian bisnis usaha Anda. Usaha Anda mau dipromosikan melalui media apa? Melalui jalur apa saja, tetapkan sekalian dan juga masukkan dalam rencana anggaran jika perlu. 

Sistem promosi juga didalamnya termasuk dalam branding usaha bisnis Anda, menentukan logo, slogan dan juga beberapa yang akan dijadikan ciri khas usaha Anda juga silahkan untuk ditentukan sekalian.

Kemudian tentukan juga bagaimana bisnis Anda nanti akan berjalan. Hal tersebut meliputi beberapa hal, antara lain :

  • Membakukan sistem pembukuan keuangan
  • Menentukan bagaimana pasokan atau pengadaan barang
  • Bagaimana proses produksi
  • Bagaimana sistem pelayanannya 
Dari beberapa hal penting diatas juga rincikan secara tertulis sebagai sebuah pedoman Anda untuk menjalankan bisnis ke depan. 

5. Mulai Mendirikan Usaha Bisnis Dan Menjalankannya

Setelah semuanya siap dengan rencana yang matang, baru mulai mendirikan usaha. Mulai dari setting tempat usaha pemasangan branding, melakukan pengadaan barang, melakukan pengadaan SDM dan keperluan lainnya. Dan di tahap yang ini sebenarnya Anda sudah masuk juga kedalam menjalankan usaha tersebut.

Ketika usaha sudah mulai Anda jalankan, disitulah akan ada banyak tantangan dan persoalan baru yang muncul. Dan itu merupakan sesuatu hal yang wajar dan memang harus melewati banyak pembelajaran diawal pendirian usaha. Kemudian jangan melupakan untuk evaluasi secara berkala perkembangan usaha Anda. mulai dari evaluasi jangka pendek semenjak usaha bisnis Anda di dirikan.

Demikian sobat mengenai serangkaian cara membangun bisnis dari nol untuk pemula, semoga bisa memberikan manfaat dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Cara Membangun Usaha Bisnis Mulai Dari Nol Untuk Pemula"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel