Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menentukan Bisnis Yang Tepat Dan Cocok Untuk Diri Sendiri

Aldanpost.com - Setelah saya membuat materi mengenai pengertian bisnis, kali ini kita akan lanjut pada materi cara menentukan bisnis yang tepat untuk diri kita sendiri. Biasanya ketika seseorang hendak berbisnis atau sobat yang ingin memulai bisnis akan mengalami beberapa pertanyaan seperti "bagusnya saya bisnis apa ya?" "Enaknya jalanin bisnis apa ya untuk sekarang ini?" Dan beberapa pertayaan yang lain seputar kebingungan dalam memulai sebuah bisnis.

Baiklah sobat, saya akan menyempatkan waktu untuk memberikan beberapa tips dalam mengatasi permasalahan ini. Dimana ketika menjalankan sebuah bisnis kita tidak boleh asal-asalan. Karena kalau bisnis yang sobat pilih tidak sesuai kemampuan, tidak sesuai dengan kondisi akhirnya akan sangat rentan dengan kegagalan, atau bisa juga kalau salah dalam memilih bisnis biasanya akan lebih lambat berkembang dan lebih lama untuk menghasilkan uang.

5 Cara Menentukan Bisnis Yang Tepat Untuk Diri Sendiri

cara-menentukan-bisnis-yang-tepat


1. Melihat Potensi Dan Pashion Yang Ada Pada Diri Kita

Yang pertama adalah dengan melihat potensi dalam diri, ini penting sekali karena dari sini sobat akan menggunakan kekuatan dan kemampuan terbaik untuk menjalankan bisnis. Dan biasanya orang yang menjalankan bisnis yang mengandalkan kemampuan, meraka akan lebih cepat sukses dibandingkan yang asal-asalan.

Potensi bisa juga dilihat dari pashion yang selama ini sobat miliki. Bisa digali dari kebiasaan yang disukai dan sejenisnya. Jadi intinya carilah potensi dan keahlian sobat mana yang paling bisa diandalkan dan bisnislah di bidang tersebut.

2. Melihat Lingkungan Yang Ada Di Sekitar Kita

Yang kedua adalah mencari peluang dari lingkungan. Ini bisa memberikan ide bagi Anda untuk memilih bisnis mana yang tepat. Misalkan saja sobat tinggal di gurun es, tidak mungkin kan Anda berjualan es dan pastinya sobat akan berjualan minuman hangat. Begitu juga Anda tinggal di tempat yang panas maka peluang jualan es pasti lebih laku.

Diatas hanya sebagai contoh saja, sobat bisa melihat lingkungan sekitar sobat sendiri kira-kira peluang terbesar apa yang bisa dijalankan dan sobat bisa coba peluang tersebut.

3. Melihat Dari Sisi Modal Dan Alat Yang Kita Punya

Selanjutnya perhatikan juga dari segi modal. Modal sedikit pengen mendirikan perusahaan besar kan gak cukup pastinya, modal besar bisnis barang kecil kan sayang modalnya. Jadi sesuaikan saja dengan modal, dari situ sobat juga bisa menentukan kira-kira bisnis apa yang paling tepat.

Selanjutnya bisa melihat juga dari alat dan sarana yang dimiliki, kadang-kadang orang punya komputer bagus speak dewa harga ratusan juta masih bingung mau bisnis apa, pasti ada di lingkungan sobat kejadian seperti ini. Jadi coba lihat sarana yang dimiliki siapa tahu salah satunya bisa memunculkan peluang bisnis.

4. Melihat Momentum Dan Peluang Di Pasaran

Kemudian cara yang selanjutnya adalah mengikuti trend pasar, momentum dan peluang terbesar yang ada di saat sobat ingin memulai bisnis. Munculkan satu pertanyaan yang simple yakni "sekarang musimnya apa?" Dari situ mungkin juga bisa menjadi sebuah peluang bisnis yang barangkali cocok untuk sobat jalankan.

Biasanya untuk orang yang cocok menjalankan bisnis dengan pertimbangan point ke 4 ini adalah orang yang sangat update dan suka mengikuti perkembangan trend atau sesuatu yang sedang viral atau naik daun. Namun jika sesuatu yang trend tersebut tidak sesuai dengan potensi sobat juga jangan memaksakan diri karena hasilnya pun tidak akan maksimal.

5. Segera Menjalankan Bisnis

Daripada terus berfikir mana yang tepat tapi tidak segera bertindak, mending jalani apapun yang ada sekarang, yang terlintas mengenai ide bisnis apapun coba itu yang diambil. Ada beberapa orang yang justru terlalu senang berfikir, banyak berfikir dan akhirnya tidak melakukan apa-apa, mudah-mudahan sobat tidak termasuk dalam kategori ini.

Biasanya kalau sudah dimulai akan ada beberapa jalan, beberapa ide tambahan, beberapa inovasi yang nantinya akan menjadikan hal tersebut menjadi bisnis yang cocok bagi anda. 

Demikian sobat mengenai cara menentukan bisnis yang tepat dan cocok untuk diri sendiri, semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.


Posting Komentar untuk "Cara Menentukan Bisnis Yang Tepat Dan Cocok Untuk Diri Sendiri"

Berlangganan via Email