Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mudah, Begini 5 Cara Mengatasi HP Sering Restart!

aldanpost.com - Jika HP Anda sering restart sendiri, maka saat ini sepatutnya Anda harus mulai memahami mengenai cara mengatasi HP sering restart. Sebab, pada kenyataannya HP telah menjadi benda yang sangat penting bahkan tidak bisa dilepaskan dalam kehidupan. Maka, sedikit saja ada masalah pada HP, tentu itu akan menjadi hal yang sangat menyebalkan.

Bahkan, seiring berkembangnya teknologi, HP tidak hanya menjadi alat komunikasi semata. Fungsi HP sudah sangat beragam, termasuk sebagai alat untuk berjualan. Maka, Anda memang harus memastikan bahwa HP selalu dalam keadaan yang baik. Sekalipun bila ada masalah, Anda sudah harus paham cara mengatasinya, termasuk ketika HP Anda sering restart sendiri. Bagi Anda yang pernah mengalaminya, yuk simak artikel mengenai cara mengatasi HP sering restart berikut ini.

cara mengatasi hp sering restart
hp sering restart

Inilah Cara Mengatasi HP Sering Restart

Berikut cara menangani HP sering restart yang perlu Anda ketahui:

Non-aktifkan HP

Umumnya, penyebab HP sering restart sendiri adalah karena terlalu tingginya suhu pada HP tersebut. Hal itu salah satunya disebabkan oleh pemakaian HP yang terlalu lama. Maka, cara mengatasi HP sering restart yang pertama adalah Anda harus menonaktifkan HP sejenak. Bila Anda merasa suhunya sudah mulai tinggi, maka hentikan aktivitas Anda sejenak dan segera matikan.  Bahkan, lebih baiknya lagi lepaskanlah memori, kartu SIM, dan baterai.

Hapus aplikasi

Cara menangani HP sering restart berikutnya adalah menghapus aplikasi yang sudah jarang digunakan. Hal itu agar memori HP bisa lebih ringan karena kapasitas memori yang terlalu berat bisa menyebabkan HP restart sendiri. Selain itu, Anda juga perlu menghapus aplikasi yang sudah tidak sesuai dengan spesifikasi HP Anda. Hal itu untuk mencegah kinerja hardware bermasalah yang pada akhirnya membuat HP sering restart sendiri.

Rajinlah membersihkan cache

Selain menghapus aplikasi, cara mengatasi hp sering restart lainnya untuk mengatasi HP sering restart adalah dengan rutin membersihkan cache dari aplikasi. Jadi, tidak mengapa bila HP Anda memiliki banyak aplikasi jika memang Anda membutuhkannya, tapi Anda harus tetap rajin menghapus cache-nya. Sebab jika tidak, maka itu hanya akan membuat HP terasa berat dan pada akhirnya akan lemot bahkan restart sendiri.

Mengunduh aplikasi anti virus

Tanpa disadari mungkin penyebab HP Anda sering restart bukan karena penuhnya memori, melainkan adanya virus yang merusak sistem HP Anda. Maka, untuk mengatasi hal tersebut setidaknya Anda perlu mengunduh aplikasi khusus anti virus pada HP Anda. Adapun aplikasinya sudah tersedia di Google Play, Anda hanya perlu memilih salah satunya kemudian install.

Reset HP

Bila cara-cara sebelumnya tidak juga berhasil, maka cara mengatasi HP sering restart terakhir yang bisa Anda lakukan adalah mereset HP. Hal itu akan membuat HP kembali ke pengaturan pabrik, artinya data sistem akan dikembalikan seperti ketika HP baru saja dibeli. Cara resetnya adalah masuk ke menu Settings lalu pilih Backup and Reset kemudian pilih Factory Reset.

Nah, ternyata sangat mudah bukan cara menangani HP sering restart? Pada intinya, semua masalah yang muncul pada HP tentu ada penyebabnya. Maka, solusinya adalah Anda perlu mengetahui cara mengatasi setiap masalah yang akan muncul tersebut, salah satunya mengenai HP sering restart.

Demikian artikel tentang cara mengatasi HP sering restart. Lakukan langkah-langkah tersebut untuk menangani HP sering restart sendiri, sebelum membawanya ke tukang servis hp.

Posting Komentar untuk " Mudah, Begini 5 Cara Mengatasi HP Sering Restart!"