Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengembangkan Bisnis Dengan Afilliasi Marketing Sistem

Aldanpost.com - Sobat pasti sudah sering mendengar apa itu affiliasi marketing? Namun pernah kah terfikirkan untuk mengembangkan bisnis sendiri dengan sistem affiliasi? Jika belum saya akan mencoba mengarahkan bagaimana caranya menjalankan sistem tersebut pada bisnis atau usaha yang kita kelola.

Affiliasi atau dikenal dengan istilah lain affiliate, adalah sebuah langkah pemasaran dengan sebuah jaringan para affiliator dan memberikan sebuah komisi di dalamnya. Kalau sobat pernah menjalankan sebuah afilliasi dari perusahaan tertentu pasti sudah paham, yakni ikut memasarkan produk atau jasa perusahaan tersebut lalu mendapatkan komisi apabila berhasil menjual atau mendapatkan pelanggan.

Bagi sebuah usaha atau perusahaan yang mau menggunakan cara ini adalah sebuah langkah yang efektif karena bisnisnya akan berkembang secara otomatis dengan dipromosikan orang-orang yang Anda berikan komisi. Namun membangun sebuah jaringan affiliasi pun tidak mudah, Sobat harus paham dulu bagaimana langkah-langkahnya.

Cara Mengembangkan Bisnis Dengan Sistem Afilliasi Marketing


cara-mengembangkan-bisnis-affiliasi


1. Tentukan Produk Dan Besaran Komisi

Yang pertama sebelum menawarkan kepada publik untuk menjadi affiliasi bagi usaha Anda adalah tentukan dulu produk dan komisi dengan matang. Karena disini Anda akan menjalankan sebuah sistem bagi hasil, alias ada sebagaian dari keuntungan produk atau jasa yang akan Anda berikan kepada para affiliator.

Produk apa saja dan berapa komisinya silahkan Anda tetapkan terlebih dahulu. Mungkin keuntungan yang Anda dapatkan tidak sebesar sebelumnya untuk setiap item, akan tetapi dengan jaringan affiliasi yang banyak anggotanya, maka peluang unit terjual juga lebih banyak. Meskipun untung sedikit tapi kalau laku banyak unit jatuhnya juga akan besar yang di dapatkan.

2. Tentukan Sistem Kerjasama Dengan Para Affiliator

Yang kedua adalah tentukan sebuah sistem kerjasama yang pasti. Apakah Anda mau merekrut affiliasi dengan mengadakan seminar langsung atau mungkin akan menggunakan sebuah website affiliasi juga bisa. Jika menggunakan website biasanya butuh sebuah program khusus dimana calon affiliator akan mendapatkan sebuah link atau kode referral yang bisa digunakan sebagai promosi dan rujukan mereka. Kalau mau sistem langsung berarti layakanya mendaftar marketing freelance langsung pada Anda.

Namun untuk saat ini lebih efektif dengan menggunakan website, selain lebih praktis peluangnya pun juga lebih besar dan luas.

Tentu saja Anda harus membuatnya menarik dengan sebuah sistem yang memudahkan dan menguntungkan bagi mereka agar ada lebih banyak orang yang mau bergabung dengan jaringan affiliasi yang Anda bangun.

3. Mulai Merekrut Affiliator Marketing

Setelah sistem yang Anda gunakan sudah valid atau pasti baru Anda melakukan promosi agar ada yang bergabung dengan jaringan affiliasi milik Anda. Pada tahap ini Anda harus mampu menonjolkan beberapa hal menarik agar orang mau bergabung. Mulai dari menawarkan komisi yang menarik, menawarkan sebuah reward atau juga menjelaskan bagaimana mudahnya menjual produk dan jasa milik Anda tersebut. Promosikan dengan maksimal bahwa ada hal menguntungkan jika bergabung dengan jaringan affiliasi Anda dan memasarkan produk atau jasa dari usaha yang Anda jalankan tersebut.

4. Melakukan Pembinaan Dan Pendampingan

Selanjutnya jika sudah mendapatkan orang atau jaringan affiliasi Anda sudah mulai terbentuk, disini membutuhkan peran Anda dalam memperkuat kemampuan promosi mereka. Bisa dengan mengadakan sebuah pembinaan kepada mereka mengenai bagaimana cara menjual ada memasarkan produk atau jasa dari Anda.

Selain itu jangan lupa juga untuk mencoba mendampingi mereka. Biasanya jika masih pemula akan menemukan banyak pertanyaan. Disini Anda harus siap sedia dalam menjawab dan membantu mereka.

5. Melakukan Manintenance Jaringan Affiliasi

Langkah terakhir adalah merawat jaringan affiliasi yang sudah ada agar mereka tetap betah dan terus memasarkan atau menjual sesuatu dari Anda. Disini mungkin butuh sebuah loyalitas dari Anda kepada mereka, bisa dengan cara-cara yang simple misalkan mengadakan pertemuan dan Anda mentraktir makan bersama. Dan bisa juga dengan melakukan skema bonus baru dengan sistem yang lebih menarik agar mereka lebih semangat lagi dalam menjual dan mempromsikan bisnis Anda.

Demikian sobat mengenai cara mengembangkan bisnis dengan sistem affiliasi, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Cara Mengembangkan Bisnis Dengan Afilliasi Marketing Sistem "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel