Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjadi Freelancer Online Untuk Pemula

Halo sobat Aldanpost.com, kali ini saya ingin membahas bagaimana cara menjadi freelancer online dan menghasilkan uang dari internet. Yang mana di zaman digital sekarang ini rugi rasanya kalau tidak memanfaatkan yang namanya internet. Benar sekali, kepadatan internet yang sangat tinggi menjadikan banyak peluang yang bisa kita ambil untuk menghasilkan uang dari internet.

Sebelum lanjut lebih jauh arti freelancer sendiri adalah tanpa ikatan, yang dimaksud menyelesaikan sebuah job tanpa terikat kontrak seperti halnya bekerja pada perusahaan. Kerja freelance sendiri ada 2 jalur, via offline dan juga via online. 

Freelancer offline biasanya dilakukan oleh freelancer yang mengerjakan pemasaran langsung, mengerjakan job langsung di perumahan dan sejenisnya. Contoh freelancer offline seperti tukan AC, kemudian marketing direct selling freelance dan sejenisnya. Lalu untuk freelancer online adalah mengerjakan semua job via online seperti menulis artikel, penerjemah online, melayani desain via online dan sejenisnya. 

Cara Menjadi Freelancer Online Yang Menghasilkan


cara-menjadi-freelancer-online

1. Ketahui Potensi Terkuat Dari Diri Sendiri

Cara menjadi freelancer yang pertama adalah ketahui terlebih dahulu potensi kita yang sebenarnya. Ini penting sekali karena dengan itu sobat akan melakukan semua job dan tanggungjawab dengan maksimal. 

Kebanyakan job freelance mengandalkan keahlian dan juga pashion, makanya sobat harus menggali keahlian dan bakat diri yang sebenarnya. Simak pada : Cara menemukan bakat diri sendiri yang sebenarnya.

Setelah sudah baru bisa menentukan job apa yang akan diambil. 

2. Mulai Mengumpulkan Refrensi Job Freelancer

Lanjut langkah kedua setelah mengetahui keahlian diri sendiri dan menentukan job yang akan diambil, lalu kemudian mulai mencari job freelance via online. Jangan kuatir, banyak situs freelancer yang menyediakan info untuk anda dalam hal ini. Situs tersebut antara lain :

  • seribulancer.com
  • upwork
  • freelancer.co.id
  • project.co.id
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya.

3. Mulai Bersaing Mendapatkan Job Freelancer Online

Langkah yang ketiga setelah menemukan beberapa refrensi situs tempat mencari job freelance, kemudian bersaing mendapatkan job tersebut. Di situs-situs tersebut diatas akan ada ratusan job yang bisa sobat pilih, akan tetapi persaingan disini juga tidak mudah karena akan bersaing dengan ratusan bahkan ribuan freelancer yang lainnya.

Memang membutuhkan sebuah perjuangan, apalagi untuk freelancer pemula yang belum punya nama. berbeda dengan freelancer lama yang mempunyai rating tinggi dan banyak testimoni. Harus kuat bersaing dan tekun dalam mengambil sebuah job agar bisa segera mendapatkan nama di situs freelancer yang sobat masuki.

4. Mulai Menyelesaikan Job Dan Menghasilkan Uang

Jika sudah mendapatkan job tentu saja setelah itu menyelesaikan job tersebut. Tips dari saya berikan sebuah hasil yang lebih dari yang diharapkan. Misalkan deadline job adalah 4 hari, selesaikan dalam 3 hari dengan kualitas maksimal. Intinya tunjukkan loyalitas saja kepada si pemberi job, dengan begitu sobat akan lebih cepat mendapatkan pelanggan tetap. Baru setelah itu bisa mendapatkan bayaran dan hasil dari perjuangan menjadi seorang freelancer.

5. Membangun Brand Bagi Diri Sendiri

Setelah mendapatkan uang dari freelancer, apa lagi yang harus dilakukan. Jangan behenti disitu, usahakan untuk lanjut pada membangun brand bisnis untuk diri sendiri. Contoh bila sobat sering mengerjakan job freelance desain grafis, kenapa gak buka jasa sendiri dengan membuat web sendiri? Ini penting karena dengan itu sobat bisa berkembang dengan mandiri. Dan kalau menangani job langsung di blog atau web sendiri, semuanya kita yang kontrol, semua kita yang tentukan harga dan kalau website sobat sudah terkenal, tidak perlu capek bersaing dengan kompetitor di website freelance lagi.

Oke sobat, saya kira cukup penjelasan dari saya mengenai cara menjadi freelancer online. Untuk masalah hasil silahkan tentukan sendiri dengan kerja keras dan juga konsistensi. Semoga bermanfaat, sukses selalu dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Cara Menjadi Freelancer Online Untuk Pemula"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel