Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Fitur Aplikasi BPJS Ketenagakerjaan yang Perlu Anda ketahui

aldanpost.com - Aplikasi BPJS Ketenagakerjaan atau disingkat BPJSTKU ialah aplikasi yang pertama kali diperkenalkan sekitar tahun 2018. Aplikasi ini pada dasarnya dirilis guna memperluas dan mempermudah kepesertaan. 

Selain fitur cek saldo, aplikasi BPJS Ketenagakerjaan ini juga menyuguhkan berbagai fitu yang memberikan kemudahan pada pengguna maupun peserta BPJS Ketenagakerjaan. Berikut fitur-fitur yang ada pada Aplikasi BPJSTKU yang perlu Anda ketahui!

aplikasi bpjs ketenagakerjaan
aplikasi BPJSTKU

Fitur-fitur Aplikasi BPJS Ketenagakerjaan (BPJSTKU)

Dalam menjalankan amanahnya sebagai pemerintah, Pemerintah mengupayakan serta menjamin kehidupan para pekerja melalui BPJS Ketenagakerjaan dalam program Jaminan Hari Tua atau yang disingkat JHT. 

Pada program buatan pemerintah itu, para pekerja tetap menerima uang sekalipun memasuki usia pensiun. Dalam hal ini para pekerja usia pensiun dapat mengeceknya melalui aplikasi BPJS Ketenagakerjaan atau BPJSTKU. 

Lebih dari itu aplikasi ini tidak hanya terdapat fitur cek saldo saja melainkan  juga ada beberapa fitur lainnya yang akan mempermudah pengguna maupun peserta BPJS Ketenagakerjaan. Berikut fitu-fitur yang ada pada aplikasi BPJSTKU:

Layanan  pengaduan

Anda dapat menggunakan fitur ini untuk mengadukan keluhan atau masalah yang Anda hadapi saat mendaftar maupun saat terjadi kendala pada BPJS Ketenagakerjaan Anda.

Pendaftaran menggunakan data kependudukan

Untuk Anda yang ingin mendaftar, aplikasi ini juga menyediakan pendaftaran  menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Caranya cukup mudah, Anda dapat mengklik pada menu Pendaftaran Peserta Baru. selanjutnya Anda akan disuguhkan dengan tiga pilihan jenis kepesertaan diantaranya Penerima Upah (PU), Pekerja Migran Indonesia (PMI), dan Bukan Penerima Upah (BPU).

Setelah menentukan pilihan , Anda akan dimintai mengisi data seperti nama, nomer KTP, nomer kepersertaan atau nomer KJP yang tertera pada kartu Anggota BPJS Ketenagakerjan Anda. dan data lainnya. pastikan Anda melengkapi datanya dengan benar sesuai dengan data aslinya.

Pada tahap selanjutnya Anda dimintai nomer hp yang aktif untuk mengaktifasi melalui ponsel Anda. selanjutnya aka nada kode yang dikirim melalui SMS.

Cek saldo jaminan hari tua 

Untuk Anda yang penasaran dengan besarnya saldao Anda, saat ini pihak BPJS Ketenagakerjaan memberikan kemudahan tanpa harus datang ke lokasi kantor BPJS. Melainkan Anda dapat mengeceknya secara langsung melalui aplikasi BPJS Ketenagakerjaan atau BPJSTKU ini.

Simulasi perhitungan jaminan hari tua

Lebih dari itu, aplikasi ini juga menyuguhkan fitur simulasi perhitungan jaminan hari tua. Anda dapat dengan mudah mengakses informasi  simulasi perhitungan jaminan hari tua tanpa haru pergi ke kantor BPJS Ketenagakerjaan.

Informasi program

Tak hanya dapat mengakses simulasi perhitungan jaminan hari tua, Anda juga dapat mencari informasi terkait program-program terbaru maupun lama yang ada pada layanan BPJS Ketenagakerjaan ini melalui aplikasi BPJS Ketenagakerjaan.

Informasi kantor cabang

Untuk Anda yang merasa bingung lokasi kantor cabang dari BPJS  Ketenagakerjaan yang terdekat dengan lokasi Anda,Aplikasi BPJSTKU ini menyuguhkan fitur informasi kantor cabang.

Dengan demikian hal ini tentu memberikan kemudahan untuk Anda mencari lokasi. Sehingga Anda dapat menggalih informasinya melalui aplikasi BPJSTKU ini dan menyesuaikan dengan lokasi terdekat Anda.

Informasi Pusat Layanan dan Sosial Media

Pada aplikasi BPJS Ketenagakerjaan ini juga dilengkapi dengan informasi pusat layanan dan sosial media yang memudahkan Anda dalam mengakses informasi terbaru serta memudahkan dalam  berbagai permasalahan yang Anda keluhkan saat menggunakan BPJS Ketenagakerjaan.

Nah bagaimana setelah mengetahui fitur-fitur dari aplikasi BPJS Ketenagakerjaan ini. Cukup mudahkan. Yuk daftarkan diri Anda dan cari informasi yang Anda inginkan melalui aplikasi ini.

4 komentar untuk " 7 Fitur Aplikasi BPJS Ketenagakerjaan yang Perlu Anda ketahui"