Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ketahui Fungsi HDR Pada Kamera HP untuk Foto Terbaik Anda!

aldanpost.com - Selain digunakan untuk penunjang kamera, nyatanya fungsi hdr pada kamera hp juga berguna untuk meningkatkan kualitas hasil jepretan.Tak ayal, smartphone sekarang banyak didukung dengan fitur HDR. Sehingga akan memanjakan bagi muda mudi yang suka berfoto ria.

Selain itu, ponsel berbekal fitur hdr ini merupakan syarat wajib bagi smartphone kelas menengah. Walaupun, tentu hdr pada tiap kamera hp fungsinya akan berbeda - beda. Bahkan di era hari ini, alat dokumentasi foto sudah bisa melalui penggunaan hp berfitur hdr. Lalu, bagaimana fungsi HDR pada kamera hp? Simak selengkapnya disini! 

fungsi hdr pada kamera hp
fungsi hdr kamera hp

Definisi HDR

HDR merupakan kepanjangan dari High Dynamic Range. Secara sederhana, keberadaan HDR berfungsi sebagai penyeimbang sisi gelap terang sisi dari foto dengan bantuan software manipulasi. Sehingga, hdr ini akan membantu sang pemotret meingkatkan kualitas layaknya para ahli fotografi.

Cara Kerja HDR pada kamera HP

Fyi, normalnya kamera hp butuh adanya cahaya. Hanya saja jika unsur cahaya lebih banyak alias terlalu terang, maka jelas hal ini akan mengurangi kualitas kamera hp. Dalam situasi yang seperti inilah fungsi HDR pada kamera hp dapat dioptimalkan. Menurut perkembangannya fungsi HDR pada kamera hp bermacam - macam.

Biasanya, fitur yang tersemat di hp yakni fitur HDR yang dapat menggabungkan tiga atau beberapa gambar dengan tingkat kecerahan (exposure)yang berbeda satu sama lain. Lalu, tiga gambar ini akan digabung untuk kualitas hasil yang lebih baik. Sehingga, kondisi gambar akan menghasilkan perpaduan antara sisi gelap dan terang yang pas.

Pun, perlu diingat saat anda mengoptimalkan fungsi HDR pada kamera hp, anda sebaiknya proses untuk memanipulasi gambar akan memakan waktu yang sedikit lama. Disarankan untuk menggunakan tripod manakal menjepret gambar dan menggunakan fitur HDR ini. Agar kamera hp tidak bergoyang karena getaran alami dari tangan anda.

Tips untuk menjalankan fungsi HDR pada kamera hp secara maksimal

Agar anda mendapatkan kualitas jepretan yang sempurna melalui fitur HDR, pastikan anda menggunakannya di waktu yang tepat.

Misalnya, ketika ingin berfoto dengan latar belakang pemandangan dengan latar terbuka. Pada kondisi seperti ini, jumlah cahaya yang masuk terlalu berlebih sehingga ketika ada objek dalam gambar akan menyebabkan warnanya menjadi gelap. Dalam situasi demikian, anda dapat mengoptimalisasi fungsi HDR pada kamera hp.

Jika fitur ini sudah aktif, objek yang semula terlihat gelap akan menjadi terang pun, gambar pemandangan yang dijadikan latar belakang juga akan nampak detail warnanya. Hal ini juga bergantung pada kualitas pemotret dan dominasi kondisi pencahayaan di sekitar objek.

Selain itu, ketika anda berfoto dalam ruangan dan kondisi cuaca sangat cerah biasanya juga menghasilkan foto yang objeknya berwarna sedikit lebih gelap. Anda dapat menjalankan fungsi HDR pada kamera hp anda. Dijamin, kalau HDR dioperasikan dengan benar, anda dapatkan hasil jepretan yang memuaskan.

Walaupun HDR ini merupakan fitur manipulasi kualitas gambar yang bagus, ada saat dimana HDR tak perlu digunakan. Misalnya, anda ingin mengambil sebuah objek gambar yang bergerak. Karena HDR berjalan sedikit lama prosesnya, mau tak mau hasil jepretan dengan gambar bergerak akan menjadi blur.

Karena fitur HDR tak bisa digunakan dengan waktu yang terlalu cepat. Kemudian, fitur HDR tidak akan menjadikan hasil jepretan terlihat alami. Seperti suasana langit malam di taman yang dikelilingi banyak lampu temaram. Jika HDR diaktifkan tentu hal ini akan menjadikan lampu tersebut terlalu terang seperti hasil editan biasa.

Aplikasi HDR di Playstore

Selain mencoba fungsi HDR pada kamera hp, anda juga dapat mendownload beberapa aplikasi HDR di play store untuk pengguna android. Dengan ini, anda dapat lebih banyak belajar penggunaan HDR untuk kebutuhan fotografi anda. Semoga ulasan ini bermanfaat buat para pembaca ya!



Posting Komentar untuk "Ketahui Fungsi HDR Pada Kamera HP untuk Foto Terbaik Anda!"