Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Solusi Ingin Berwirausaha Tapi Tidak Punya Modal

Daftar Isi [Tampil]

Aldanpost.com - Ingin berwirausaha tapi tidak punya modal, hal ini seringkali dilontarkan oleh sobat  yang ingin memulai sebuah bisnis. Memang yang namanya modal adalah sebuah nyawa dalam menjalankan wirausaha. Namun bukan satu-satunya penentu kesuksesan kita. Selama masih ada usaha untuk berfikir dan juga bertindak, dari situ kita akan menemukan sebuah jalan dan juga solusi.

Modal memang bukanlah sesuatu yang penting, akan tetapi modal adalah sesuatu yang flexibel. Artinya seabuah usaha yang kita bangun seharusnya bisa menyesuaikan modal agar bisa memulai berwirausaha. Dengan begitu alasan soal kendala modal untuk memulai wirausaha sudah tidak ada lagi. Baiklah sobat, saya akan mencoba jadi sahabat bisnis kamu yang mencoba memberikan beberapa tips mengatasi permasalahan yang satu ini.

5 Solusi  Ingin Berwirausaha Tapi Tidak Punya Modal


ingin-berwirausaha-tapi-tidak-punya-modal


1. Memulai Dengan Modal Seadanya

Yang pertama seperti yang sudah saya singgung diatas yakni memulai dengan modal seadanya. Jadi terkadang seseorang tidak mau mengalah dengan keinginannya untuk semantara waktu. Inginnya langsung membuka usaha yang besar sehingga tidak terfikir untuk menggunakan uang sedikit yang ia miliki. Apakah benar begitu? Banyak yang seperti itu, dan hasilnya bilang kalau tidak ada modal dan akhirnya tidak jadi sama sekali memulai wirausaha.

Sebenarnya banyak pengusaha yang memulai dengan modal kecil, misalkan saja pengusaha bengkel yang memulai dari tambal ban dan juga alat seadanya. Begitu pula Anda sebenarnya juga bisa melakukan hal yang sama yakni memulai dengan modal seadanya terlebih dahulu, sambil jalan sambil mempersiapkan cita-cita mendirikan usaha besar yang kamu miliki.

2. Menjalankan Bisnis Orang Lain

Kalau memang tidak ada modal sama sekali, bisa dengan menjalankan bisnis orang lain. Menjadi reseller salah satunya, namun masih banyak lagi misalkan menjadi tenaga produksi mereka, menjadi pengelola cabang baru mereka dan yang lainnya.

Dalam tahap ini butuh sebuah koneksi dan juga kerjasama yang bagus. Tinggal bagaimana caranya Anda mendapatkan kerjasama atau ikut mengelola bisnis orang lain tersebut. Banyak keuntungan dengan turut menjalankan bisnis orang lain, bisa mendapatkan uang juga bisa sambil belajar lebih dalam mengenai bisnis tersebut.

3. Menjalankan Bisnis Tanpa Modal

Sebelumnya sudah pernah saya bahas mengenai ide bisnis tanpa modal. Ini juga bisa Anda gunakan sebagai sebuah solusi yang bagus. Biasanya bisnis tanpa modal harus ada sebuah keahlian, pashion dan nilai jual tertentu dari diri Anda. Seperti halnya menjadi reseller, blogger, youtuber, freelancer, bisnis-bisnis tersebut bisa menjadi sebuah solusi ketika tidak ada modal sama sekali untuk mendirikan usaha sendiri.

4. Menjalankan Usaha Sambil Bekerja

Cara yang satu ini juga jangan dilupakan, kalau memang belum kuat mendirikan sebuah usaha yang mandiri. Bisa menjalankan sebuah bisnis atau usaha sambil bekerja. Bisnis sampingan yang sekiranya ada sangkut pautnya dengan tujuan berwirausaha Anda nanti bisa dijalankan sambil bekerja. Sambil berjalannya waktu, baru sobat mengumpulkan modal sambil bekerja sampai benar-benar kuat modal untuk menjalankan wirausaha secara mandiri.

5. Mengajukan Kerja Sama Investor Atau Dana Pinjaman

Kemudian cara yang kelima ini bisa menjadi sebuah solusi, tapi mengandung resiko yang cukup tinggi, yakni mengajukan kerjasama dengan seorang investor atau mengajukan pinjaman pada bank atau lembaga pinjaman lainnya.

Kalau ingin mengajukan pinjaman kepada investor tentu harus memiliki sebuah konsep yang cukup matang agar disetujui, sobat bisa simak pada materi cara sukses mengajukan dana pada investor. Kemudian jika mengajukan pinjaman pada bank atau lembaga keuangan, pastinya harus ada yang diesrahkan.

Dari 5 solusi diatas saya lebih menyarankan sobat untuk menghindari point kelima, karena pada saat merintis sebuah bisnis baru biasanya keuntungan masih belum bisa dipastikan, begitu juga dengan bunga dan juga tanggungjawab yang semakin memberatkan kita dalam mengumpulkan uang, jadi rekomendasi terbaik adalah bersabar sampai ada modal sendiri dengan menjalankan point ke 1 hingga 4.

Demikian materi mengenai solusi ingin berwirausaha tapi tidak punya modal. Semoga bisa memberikan sebuah manfaat dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "5 Solusi Ingin Berwirausaha Tapi Tidak Punya Modal"

Berlangganan via Email