Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Istilah dalam Riset Kata Kunci yang Wajib Diketahui dalam Konten SEO

Daftar Isi [Tampil]

Istilah dalam Riset Kata Kunci yang Wajib Diketahui dalam Konten SEO  - Sebagai seorang blogger atau pemilik website, pastinya Anda sudah familiar dengan kata keyword atau yang juga disebut kata kunci. Pemakaian kata kunci ini sangatlah penting dan berguna dalam membuat konten SEO. Di mana untuk mencari kata kunci yang tepat diperlukan kemampuan memilih.

Menggunakan kata kunci yang tepat bisa memberikan efek yang baik pada konten, terutama dalam mendatangkan trafik dari mesin penelusuran. Inilah sebabnya mengapa banyak istilah-istilah dalam kata kunci yang mungkin saja kerap kita dengar. Termasuk salah satunya adalah “Riset Keyword” yang umumnya menjadi aktivitas untuk mencari dan membidik kata kunci yang tepat.

Nah, dalam prosesnya, ternyata ada banyak istilah lain yang berkaitan dengan kata kunci. Bagi Anda yang baru saja tahu dan paham mengenai kata kunci, sebaiknya ketahuilah apa saja istilah tersebut. Di bawah ini akan dirangkum beberapa istilah seputar riset kata kunci yang sebaiknya diketahui oleh blogger maupun pemilik website.

riset kata kunci

Istilah Dalam Riset Kata Kunci untuk Konten SEO

Volume Pencarian (Search Volume)

Istilah yang pertama adalah Volume pencarian, yaitu banyaknya jumlah penelusuran kata kunci melalui mesin pencarian dalam jangka waktu tertentu. Istilah ini penting untuk memberikan gambaran besarnya target market pada kata kunci tersebut, misalnya saja dalam 1 bulan.

Tingkat Kesulitan Keyword (Keyword Difficulty

Mengetahui volume pencarian saja tidaklah cukup, sehingga Anda juga haruslah mengetahui tingkat kesulitan suatu kata kunci. Istilah dalam riset kata kunci ini menggambarkan seberapa sulit mencapai peringkat tertinggi pada keyword yang digunakan. Tingkat kesulitan kata kunci bukanlah parameter yang baku, sehingga Anda bisa saja mendapati hasil yang berbeda untuk tools yang berbeda.

Saran Kata Kunci (Keyword Suggestion)

Saran kata kunci sering kali berhubungan dengan kata kunci yang banyak dicari oleh pengguna mesin penelusuran. Misalnya saja meriset kata kunci pada kata kunci “mengatasi jerawat”. Nantinya akan muncul keyword tool seperti “tips mengatasi jerawat”, “mengatasi jerawat dengan mudah”, ataupun “mengatasi jerawat dengan cara alami”.

Search Engine Result Page (SERP)

Istilah dalam riset kata kunci selanjutnya, yakni Search Engine Result Page(SERP). SERP akan menunjukkan halaman website maupun blog yang tengah berada di laman paling atas untuk hasil penelusuran terkait riset kata kunci. Bukan itu saja, tetapi SERP juga berfungsi untuk melihat bagaimana kualitas dari berbagai halaman website.

Bagaimana suatu website atau blog mampu menduduki posisi paling atas dari sebuah hasil penelusuran Google. Melakukan riset untuk kata kunci menjadi hal penting dalam pembuatan konten berbasis SEO. Ada beberapa hal lain yang juga harus Anda pahami dalam pemilihan kata kunci tersebut. Pastikan bahwa Anda memilih kata kunci relevan dengan konten dan sesuai yang dipikirkan oleh pengunjung.

Selanjutnya barulah Anda melakukan riset kata kunci sesuai bahasan yang akan digunakan. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ada beberapa hal yang harus Anda pahami saat melakukan riset. Oleh karenanya, jangan asal memilih kata kunci yang justru berisiko pada optimasi SEO Anda.

Selain istilah dalam riset kata kunci, pelajari juga mengenai keyword density, macam macam keyword, penempatan keyword, dan sebagainya. Upaya ini membuat kata kunci yang Anda pilih sesuai dengan algoritma Google. Karena bukan tidak mungkin, asal membuat konten akan membuatnya tidak bertahan lama dan dianggap sebagai spam oleh pihak Google.

 

Posting Komentar untuk "Istilah dalam Riset Kata Kunci yang Wajib Diketahui dalam Konten SEO"

Berlangganan via Email