Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis-Jenis Keyword Yang Harus Diketahui Blogger

Daftar Isi [Tampil]

Jenis-Jenis Keyword Yang Harus Diketahui Blogger- Keyword atau kata kunci adalah salah satu poin penting dalam dunia blog. Beragam jenis keyword bekerja untuk memaksimalkan jangkauan pembaca di dunia maya. Keberadaan kata kunci dalam sebuah tulisan sama pentingnya seperti petunjuk arah menuju sebuah alamat.

Jika artikel ditulis tanpa kata kunci, maka mesin pencari seperti Google tidak mampu mengidentifikasinya sebagai tulisan yang pantas dibaca pengunjung. Karena proses indeks tulisan untuk tampil di mesin pencari salah satunya berdasarkan kata kunci. Untuk itu, perlu memilih kata kunci yang tepat di setiap tulisan.

jenis-jenis keyword
jenis-jenis keyword 

Pengertian dan Fungsi Keyword

Keyword atau kata kunci adalah potongan kalimat atau beberapa kata yang sering digunakan untuk memudahkan pencarian. Setiap postingan di jagat maya yang mengandung kata kunci tertentu akan diindeks oleh mesin pencari. Sehingga ketika pengguna mengetikkan kata sesuai jenis-jenis keyword yang dibutuhkan, akan sampai pada postingan tersebut.

Fungsi keyword tentu untuk memudahkan pencarian informasi. Sehingga setiap postingan yang sesuai kata kunci dapat dicari dengan mudah oleh pengguna. Semakin banyak digunakan, semakin hits kata kunci tersebut. Namun semakin tinggi angka pencarian pada kata kunci tertentu, semakin berat persaingan sebuah tulisan untuk tampil di halaman pertama mesin pencari.

Jenis-Jenis Keyword

Ada beragam jenis-jenis keyword di dunia blog. Setiap blogger perlu mengetahui pengertian dan fungsi setiap keyword. Agar ketika membuat tulisan dengan membidik kata kunci tertentu, dapat dengan mudah diindeks oleh mesin pencari. Untuk itu, para blogger perlu melakukan riset keyword agar kata kunci yang digunakan tepat sasaran.

Berdasarkan Tujuan Pencarian

Ada tiga jenis keyword yang dicari berdasarkan tujuan orang mengetik kata kunci di mesin pencari. Pertama adalah navigational keyword. Yaitu kata kunci yang mengarahkan pengguna langsung ke website atau blog. Misalnya kata kunci “whatsapp”, yang akan mengarah ke situs whatsapp versi web. Kata kunci “Bank Indonesia” yang langsung menunjukkan website BI dalam hasil pencarian paling atas.

Kedua adalah Information keyword. Jenis-jenis keyword ini merupakan kata kunci yang merujuk pada informasi tertentu. Misalnya, “sejarah matematika”, atau “cara memasak ayam”. Setiap kata kunci jenis ini akan merujuk pada postingan yang dianggap sesuai dengan informasi tersebut.

Yang ketiga adalah Commercial Investigation keyword. Yaitu kata kunci yang merujuk pada postingan bersifat komersil, jual beli barang atau jasa. Misalnya kata kunci “hp dibawah 2 juta” atau “jasa SEO murah”, atau “promo skincare” dan sejenisnya.

Berdasarkan Panjang Kata

Jenis-jenis keyword berdasarkan panjang kata ada dua. Pertama adalah short keyword, atau kata kunci pendek. Contohnya kata “fauna”, “mesin parut”, “alergi”, “plagiarisme tools”, “cek plagiasi”, dan sebagainya. Kata kunci pendek umumnya terdiri dari satu atau dua kata saja. Kedua adalah long tail keyword, yang bukan berarti kata kunci ekor panjang.

Long tail keyword merupakan kata kunci perpanjangan atau turunan dari kata kunci pokok. Misalnya dari penarian kata kunci “desain rumah”, akan muncul kata kunci lain yang mirip. Misalnya “desain rumah modern 1 lantai”, atau “desain rumah minimalis”, inilah yang disebut long tail keyword.

Berdasarkan Waktu

Berdasarkan waktu pencarian, ada kata kunci abadi yang berlaku selamanya (evergreen) dan jenis-jenis keyword yang berlaku musiman. Misalnya sedang tren pembahasan “omnibus law”, maka kata kunci tersebut akan banyak dicari selama pembahasan mengenai omnibus law masih ramai di jagat maya.

Demikianlah pembahasan mengenai jenis-jenis keyword.Setiap blogger perlu memilih dan memilah kata kunci yang tepat dari setiap postingan. Agar tulisan yang diposting sesuai dengan informasi yang dibutuhkan pengguna. Selain itu, para tenaga pemasaran online juga perlu memaksimalkan fungsi kata kunci sebagai pemantik penjualan.

Posting Komentar untuk "Jenis-Jenis Keyword Yang Harus Diketahui Blogger"

Berlangganan via Email