Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa Kamera HP Tidak Bisa Memotret?? Begini Cara Mengatasinya!

aldanpost.com - Kamera hp tidak bisa memotret? Masalah ini sering kali dijumpai oleh banyak pengguna ponsel pintar. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan kamera ponsel yang anda miliki tidak bisa memotret. Contoh masalah kamera pada ponsel adalah seperti kamera tidak bisa dijalankan, tidak bisa masuk pada aplikasi kamera bawaan ponsel dan lain-lain.

Pada artikel ini akan dibahas secara tuntas masalah kamera ponsel Anda yang bermasalah. Namun, sebelum melanjutkan membaca artikel ini. Sebaiknya anda menggunakan masker apabila sedang di luar ruangan dan jangan lupa untuk mencuci tangan. Mari kita simak bersama cara-cara ampuh untuk mengatasi kamera ponsel yang tidak memotret.

kamera hp tidak bisa memotret
kamera hp tidak berfungsi

Penyebab Kamera Hp Tidak Bisa Memotret

Masalah yang sering dialami pengguna ponsel yang tidak bisa memotret adalah seperti:

  • Tidak bisa masuk ke dalam aplikasi kamera
  • Terdapat notifikasi kamera bermasalah
  • Keluar sendiri saat membuka aplikasi kamera
  • Kamera ponsel tidak terhubung
  • Terdapat juga masalah kamera yang tidak bisa di buka sama sekali.

Inilah Cara Mengatasi Kamera Hp Tidak Bisa Memotret

Masalah seperti yang telah disebutkan di atas sebenarnya ada banyak solusi yang bisa digunakan untuk memperbaiki kamera ponsel Anda. Terdapat banyak faktor mengapa kamera ponsel Anda tidak bisa memotret seperti penyebab penyimpanan ponsel Anda penuh, ponsel yang panas dan lain hal. Berikut adalalah solusi apabila kamera ponsel Anda tidak bisa memotret :

Mulai Ulang Ponsel 

Untuk langkah pertama ketika kamera hp tidak bisa memotret adalah dengan memulai ulang ponsel Anda terlebih dahulu. Untuk melakukan mulai ulang, anda bisa menekan tombol power pada ponsel Anda. Setelah itu akan muncul tulisan mulai ulang. Klik pada mulai ulang dan tunggu sampai ponsel Anda hidup kembali. Setelah itu buka aplikasi kamera Anda dan secara otomatis kamera akan sudah bisa digunakan lagi.

Bersihkan Ponsel Anda

Langkah kedua ini adalah solusi untuk kamera yang bermasalah dengan penyimpanan ponsel yang penuh. Karena ruang penyimpanan yang tidak cukup lagi menampung file yang akan Anda masukan, kamera ponsel juga bisa saja tidak bisa dijalankan. Apabila sudah seperti ini, maka Anda harus membersihkan file tidak berguna pada ponsel Anda.

Anda bisa menghapus data atau memindahkan berkas yang anda miliki agar ruang penyimpanan pada ponsel Anda bisa menampung berkas baru yang akan dimasukan. Setelah Anda membersihkan ponsel Anda, sekarang kamera ponsel yang Anda miliki akan bisa dijalankan kembali.

Melakukan Scan Antivirus

Bisa saja kamera ponsel yang Anda miliki tidak bisa berjalan karena terkena virus. Anda bisa melakukan Scan antivirus dengan cara menggunakan aplikasi bawaan pada ponsel yang Anda miliki atau dengan cara mengunduh di aplikasi pengunduh aplikasi di ponsel Anda. Setelah anda melakukan scan antivirus, coba buka aplikasi ponsel anda apakah sudah bisa dijalankan atau belum.

Mereset HP ke Setelan Pabrik

Langkah berikutnya apabila sudah melakukan tiga hal yang sudah diberikan namun kamera hp tidak bisa memotret adalah dengan cara melakukan reset ke setelan pabrik ponsel Anda. Pada saat melakukan reset pabrik, data-data yang anda miliki akan otomatis hilang dan ponsel berjalan seperti baru lagi.

Untuk mengatasi masalah data yang hilang, Anda bisa memindahkan terlebih dahulu data penting di ponsel Anda. Setelah melakukan pemindahan data penting, Anda bisa melakukan reset pabrik pada Ponsel yang Anda miliki. Setelah itu, coba buka kembali aplikasi kamera pada ponsel yang Anda miliki. Cara ini adalah cara yang paling ampuh ketika kamera ponsel Anda bermasalah.

Di atas adalah sedikit tips dari penulis tentang kamera hp tidak bisa memotret. Apabila empat cara di atas masih gagal, Anda bisa membawa ponsel Anda ke servis ponsel terdekat dari rumah Anda. Semoga artikel ini dapat membantu pembaca menambah wawasan dan ilmu. Sekian dan terima kasih.

Posting Komentar untuk " Kenapa Kamera HP Tidak Bisa Memotret?? Begini Cara Mengatasinya!"