Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam-macam Cara Pemasaran Produk Dan Jasa Yang Kita Jual

Aldanpost.com - Didalam menjalankan sebuah bisnis, yang namanya pemasaran merupakan sebuah ujung tombak didalam menggait pelanggan baru serta untuk mendapatkan omset. Makanya penting bagi kita untuk terus meningkatkan keahlian daari segi pemasaran bisnis yang kita jalankan baik itu produk maupun jasa. Di dalam menguasai pemasaran, kita harus mengetahui beberapa aspek, mengetahui jalur mana saja yang bisa kita gunakan dalam melakukan promosi, teknik penyampaian promosi hingga cara melayani calon pelanggan sampai dengan berhasil membeli produk atau jasa milik kita.

Sekarang kita akan fokus pada macam-macam cara pemasaran atau mempromosikan produk dan jasa pada bisnis yang kita jalankan. Ini bisa maksimal kalau kita mau dan mampu melakukan semuanya, karena dengan begitu peluang untuk terjual menjadi semakin besar. 

Macam-macam Cara Pemasaran Produk Dan Jasa


cara-pemasaran-produk-dan-jasa

1. Pemasaran Langsung Atau Direct Selling

Yang pertama adalah melakukan pemasaran secara langsung atau biasa disebut dengan direct selling tanpa menggunakan jasa perantara atau tanpa menggunakan iklan oleh pihak ketiga. Dalam hal ini bisa dilakukan langsung oleh pemilik usaha maupun karyawan, yang intinya adalah menawarkan secara langsung kepada calon konsumen.

Pemasaran seperti ini bisa dilakukan langsung secara offline maupun secara online. Secara offline biasanya langsung mengadakan penawaran ditengah keramaian, membukan stand pemasaran atau bisa juga melakukannya dengan melakukan sebuah event untuk mengumpulkan banyak orang.

Kemudian pemasaran via online juga bisa dilakukan secara langsung, bisa dengan melakukan promosi di media sosial, melakukannya di forum atau situs yang bisa dipasangkan iklan. Untuk pemasaran via online yang cukup bagus adalah menggunakan website, alasannya sobat bisa simak pada materi manfaat website untuk bisnis.

2. Pemasaran Melalui Jaringan Afilliasi

Cara yang kedua adalah pemasaran dengan membangun sebuah jaringan afilliasi dari bisnis yang kita jalankan. Beberapa perusahaan besar sudah menerapkan sistem yang satu ini. Dimana biasanya mereka akan membagikan komisi untuk referral mereka yang ikut memasarkan produk.

Untuk memperdalam materi ini sobat bisa simak selengkapnya pada materi cara mengembangkan bisnis dengan sistem afilliasi 

3. Pemasaran Melalui Jaringan Periklanan

Cara pemasaran yang ketiga adalah dengan jalan memanfaatkan media periklanan. Dan tentu saja ini akan membutuhkan biaya tertentu. Media periklanan sendiri bisa melalui offline dan juga online. Untuk media perikalanan via offline seperti pasang baliho atau branding dan sejenianya juga banyak digunakan oleh perusahaan besar dalam sistem pemasaran mereka.

Namun jika sobat masih pemula dalam berbisnis dan ingin lebih hemat modal, saya sarankan untuk memakai jaringan periklanan via online, yang jauh lebih murah dan juga cukup efektif untuk masa sekarang ini. Jaringan periklanan online yang bisa dipakai antara lain seperti :

  • Menggunakan Google Adwords
  • Menggunakan jaringan periklanan selain google
  • Menggunakan sosial media ads seperti facebook ads, instagram ads dan sejenisnya
  • Memasang iklan di sebuah website besar yang memiliki traffic tinggi 
  • Menggunakan jasa personal branding dengan memasang iklan pada seorang artis atau tokoh ternama
  • Melakukan endorsmen pada youtuber, selebgram dan sejenisnya
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya.

4. Pemasaran Dengan Sistem Follow Up

Yang keempat adalah memasarkan produk dan jasa menggunakan sistem follow up calon pelanggan. Untuk sistem pemasaran yang satu ini harus memiliki data. Entah itu data yang memang sudah dikumpulkan dari jasa contact building, data pelanggan lama atau data dari hasil survey atau testimoni produk.

Cara yang satu ini juga banyak yang melakukannya, asalakan sudah mendapatkan data list calon pelanggan yang mau di follow up maka tinggal ditelp ajak ketemu dan sejenisnya hingga calon pembeli tersebut berhasil menjadi pelanggan kita.

Sebenarnya ada banyak sekali cara bagaimana kita memasarkan produk atau jasa, tergantung dari bagaimana cara kita dalam memanfaatkan setiap kesempatan yang ada untuk melakukan penawaran dan juga promosi. Apalagi bagi seorang pebisnis pemula yang belum memiliki popularitas, harus bekerja lebih ekstra dalam hal yang satu ini. 

Demikian sobat mengenai macam-macam cara pemasaran produk dan jasa dalam menjalankan sebuah bisnis. Semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Macam-macam Cara Pemasaran Produk Dan Jasa Yang Kita Jual"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel