Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam-macam Sumber Penghasilan Blogger, Pemula Wajib Tahu

Aldanpost.com - Menjadi seorang blogger sebagai sebuah bisnis dengan berbagai macam sumber penghasilan merupakan hal yang wajar untuk saat ini. Dulu mungkin menulis di sebuah blog hanya untuk hobi semata. Akan tetapi saya rasa hari ini sebagian besar yang menjalankan sebuah blog akan mengharapkan penghasilan, ya meskipun masih ada pasti yang hanya sekedar hobi meskipun tidak banyak.

Lalu apa saja cara untuk bisa menghasilkan uang dari sebuah blog? Jawabannya ada banyak sekali. Namun sebelum itu sobat perlu memperhatikan bagaimana blog sobat dibuat. Apakah sudah pantas atau belum untuk menghasilkan uang. Terutama dari segi konten artikel, kemudian dari segi branding dan juga yang paling penting adalah dari segi visitor. Selama visitor sebuah blog tinggi, maka akan ada banyak peluang untuk menghasilkan uang dari blog. Jadi untuk sobat blogger pemula, fokus saja dulu pada pengembangan visitor, baru memikirkan sumber penghasilan setelah itu.

Macam-macam Sumber Penghasilan Blogger


sumber-penghasilan-blogger


1. Penghasilan Blogger Dari Google Adsense

Yang pertama adalah dari google adsense. Ini sudah menjadi rahasia umum bahwa adsense merupakan sumber penghasilan yang cukup favorit oleh sebagian besar blogger. Meskipun sebenarnya nilai CPC dan juga CPM Indonesia lumayan kecil, tapi kalau trafficnya tinggi akan lumayan juga hasilnya.

Untuk membuat sebuah blog yang diterima adsense, usahakan untuk membuat konten artikel yang banyak dan juga bersih dari pelanggaran. Karena pihak adsense mengutamakan kualitas publishernya dan juga untuk kepuasan para pengiklan. Penghasilan blogger dari google adsense merupakan sebuah penghasilan yang sudah terbukti dan bahkan banyak yang mendapatkan hasil yang cukup melimpah.

2. Penghasilan Dari Jaringan Peiklanan Alternatif Selain Adsense

Selain periklanan dari adsense sebenarnya ada juga banyak iklan alternatif lainnya. Meskipun nilainya jauh lebih kecil dan juga penampilannya tidak semanis adsense. Akan tetapi jika sobat memiliki sebuah blog dengan traffic tinggi maka hasilnya akan lumayan juga. 

Penghasilan dari alternatif adsense meskipun lebih kecil, namun lebih mudah untuk mendaftar, jadi buat sobat yang ditolak adsense bisa menggunakan alternatif adsense seperti Mgid, Adsterra, Ylix dan masih banyak lagi yang lainnya.

3. Jual Produk Di Blog

Menjual produk tertentu juga bisa menjadi sebuah sumber penghasilan yang menarik. Ini bisa sobat lakukan pada blog sobat sendiri. Entah itu menjual produk secara langsung atau sebagai reseller juga merupakan sebuah ide yang bagus. Sebenarnya menjual produk kalau bisa laris hasilnya akan jauh lebih besar daripada jaringan periklanan. Tinggal bagaimana cara sobat promosi dan menjadikan blog sobat sebagai onlineshop bisnis sendiri.

4. Menyediakan Space Iklan

Selain beberapa sumber diatas juga bisa menyediakan sebuah slot atau space iklan. Ini memungkinkan sobat untuk mendapatkan penghasilan dari perorangan atau perusahaan yang berniat memasang iklan di tempat sobat. Dan jika sobat bisa mendapatkan iklan dari sebuah perusahaan, sebenarnya itu jauh lebih besar ketimbang hasil dari adsense.

Jika ingin mempunyai space iklan yang banyak dan bagus, gunakanlah template yang mendukung, sobat bisa membeli atau memesan sebuah template ekslusif dari para produsen pembuat template.

5. Menjual Jasa Di Blog

Menjual sebuah jasa juga bisa dilakukan di blog milik Anda. Asalkan blog Anda mempunyai branding yang bagus, sudah cukup populer dan trafik lumayan, maka promosi jasa di blog pasti akan lebih mudah. Berbagai macam penjualan jasa yang biasa dilakukan oleh para blogger hingga saat ini antara lain :

  • Jasa backlink/content placement
  • Jasa pembuatan blog
  • Jasa penulisan artikel
  • Jasa jual template blog
  • Jasa edit template blog
  • Jasa optimasi SEO
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sebenarnya semua peluang diatas akan datang dengan sendirinya ketika sobat memiliki sebuah blog yang berkualitas, populer dan juga memiliki traffic tinggi. Maka dari itu untuk menjalankan bisnis diatas dengan maksimal, harus banyak melakukan promosi, optimasi seo, update konten berkaulitas secara rutin. Selama sobat mengelola blog dengan konsisten dalam jangka panjang maka blog tersebut akan terus berkembang.

Demikian sobat pembahasan kali ini mengenai macam-macam sumber penghasilan blogger, semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Macam-macam Sumber Penghasilan Blogger, Pemula Wajib Tahu"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel