Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Membuat Website Dengan Python

Daftar Isi [Tampil]

Membuat Website Dengan Python – Website merupakan sekumpulan informasi atau page yang biasa diakses melalui jalur internet. Bagian-bagian yang membentuk website dibuat atau diperintah dengan bahasa pemrograman atau lebih dikenal dengan istilah coding.

Bahasa pemrograman seperti sebuah kerangka yang membuat suatu website bisa terbentuk, tanpa bahasa pemrograman website akan kosong alias tidak hidup. Bahasa pemrograman sendiri ada berbagai macam, seperti Java, PHP, C++ dan Python.

membuat website dengan Python

Membuat Website Dengan Python – Web Framework

Membahas lebih jauh tentang python, python merupakan bahasa pemrograman paling sederhana yang diracik oleh Guido Van Rossum. Python sering diandalkan dalam komponen program GUI/desktop, aplikasi mobile, web dan game. Bagi yang sudah sering membuat website dengan Python mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah framework, namun banyak yang sebenarnya belum mengerti tentang apa itu framework.

Framework sendiri berfungsi untuk mempercepat proses pembuatan aplikasi, atau membantu developer dalam perencanaan, pembuatan dan pemeliharaan aplikasi. Jenis framework sangat banyak, namun dalam artikel ini kita hanya akan membahas Django dan flask yang sangat erat kaitannya dengan bahasa pemrograman python.

Flask

Flask adalah microframework dari bahasa python yang biasa digunakan untuk membuat suatu website jadi lebih mudah pakai, biasanya flask menggunakan dependensi Werkzeug dan Jinja2. Flask berada dibawah lisensi BSD, dengan beberapa kelebihan yang dimiliki seperti, memiliki Built-in development server dan debugger, Unicode based, memiliki dukungan untuk plugin ORM, HTTP request handling di dalam membuat website dengan Python.

Django

Django merupakan sebuah web framework yang menggunakan sistem pola MTV, atau Model, Template dan View. Kelebihan dari Django dibandingkan flask adalah ditulis dengan bahasa Python, aman digunakan (reassuring Secure), konsep kerja KISS and DRY, dokumentasi yang lengkap dan jelas, cross platform, template engine.

Membuat Website Dengan Python – Instalasi Untuk Windows

Sebagai sistem operasi yang sangat besar windows memiliki pengguna paling banyak diantara sistem operasi lainnya, sayangnya untuk Membuat Website Dengan Python dalam windows kita terlebih dahulu harus melakukan instalasi.

Melakukan instalasi python sebenarnya tidak rumit, hanya tinggal klik next-next saja, namun ditengah instalasi akan muncul konfigurasi yang harus dipilih. Python bisa di download pada situs resmi milik mereka, pada langkah dibawah ini kita akan memakai python versi 3.

Buka file python-3.msi

Setelah download selesai akan muncul file dengan nama “python-3.4.2.msi.” file ini berisi bahan instalator yang akan melakukan instalasi ke sistem windows.Tahapan selanjutnya kita diminta untuk memilih siapa saja yang boleh memakai python, seperti fungsi pengaman pada umumnya. Pilih install for all users agar komputer bisa mendeteksi semua user yang ada pada proses membuat website dengan Python.

Lokasi instalasi

Selanjutnya kita bisa memilih lokasi tempat python akan diinstal, setting lokasi pada bagian C:\python34\, selanjutnya tinggal klik next. Tahapan berikutnya adalah kustomisasi dimana pada tahap ini kita bebas menentukan fitur apa saja yang akan diinstal, jangan lupa aktifkan Add python.exe to path agar perintah python dikenali CMD.

Finishing

Untuk langkah terakhir kita hanya perlu klik finish dan ya python siap digunakan. Setelah memahami bahasa pemrograman python dan membuat kerangka, langkah terakhir untuk membuat website dengan Python tentu saja bagian dari web itu sendiri.Semua situs website dari yang terbesar sampai yang terkecil tidak lepas dari berbagai komponen dasar yang tersusun, komponen dasar web ada 6 yaitu,

Title

Seperti artinya title berarti judul dalam suatu web atau blog, biasanya terletak pada title bar browser atau bagian paling atas layar. Nama domain atau nama alias dari suatu website merupakan bagian paling penting selanjutnya, tanpa nama domain suatu situs web akan sulit terlacak karena menggunakan IP address sebagai nama utamanya. Nama domain dapat disewa dari penyedia setiap satu tahun.

Alamat URL

Singkatandari Uniform Resource Locator, jika halaman web diibaratkan sebuah rumah maka URL adalah alamat lengkapnya. Tanpa URL situs yang kita buat tidak mungkin ditemukan pada mesin penelusur atau browser. Jika situs web tadi diibaratkan rumah, URL alamat, maka link adalah pintu masuk rumah dan pintu antar ruangan. Dengan menggunakan link kita dapat mengakses situs web dari hasil membuat website dengan Python atau bahkan bisa langsung menuju situs lain yang tertaut.

Header

Header adalah bagian atas dari sebuah website, biasanya berisi logo atau nama situs. Fungsi dari header adalah menampilkan identitas utama suatu situs. Singkatnya website tanpa header seperti penduduk tanpa kartu tanda pengenal.

Konten/isi

Konten atau isi biasanya berupa artikel yang menjadi inti dari suatu situs website, suatu situs tanpa artikel bisa diibaratkan rumah kosong tanpa perabotan apapun. Setelah membahas membuat website dengan Python dari bahasa python sampai bagian website, sudah pasti pembaca akan semakin siap menciptakan situs websitenya sendiri.


Posting Komentar untuk "Membuat Website Dengan Python"

Berlangganan via Email