Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Cara Kerja dan Fungsi SSL Certificate Terkait Faktor SEO

Daftar Isi [Tampil]

Mengenal Cara Kerja dan Fungsi SSL Certificate Terkait Faktor  SEO - Bagi Anda yang berkecimpung di bidang SEO (Search Engine Optimization atau Optimasi Search Engine), tentu melakukan optimasi bukanlah hal baru lagi. Optimasi yang baik bisa mempengaruhi ranking suatu halaman website dan peningkatan trafik.

Salah satu faktor yang mempengaruhi optimasi salah satunya adalah Hyper Text Transfer Protocol Secure atau yang lebih dikenal dengan HTTPS Faktor ini juga dikenal sebagai HTTP over TLS atau penggunaan Certificate SSL (Secure Socket Layer) sebagai keamanan penunjang untuk optimasi.

SSL Certificate sendiri merupakan sebuah file data dengan cara kerja melalui digital. SSL dapat membuat website Anda secara otomatis terenkripsi supaya data tak bisa terbaca oleh peretas. Adanya https menjadi tanda bahwa koneksi ke website Anda aman. Nah, supaya lebih jelas, di bawah ini akan dijelaskan mengenai cara kerja dan fungsi SSL Certificate.

fungsi SSL Certificate

Cara Kerja Sertifikat SSL

SSL Certificate bekerja dengan menggunakan public key cryptographyyang memanfaatkan kekuatan dua kunci berkaitan dengan angka-angka acak. Di antaranya ada public key yang akan melakukan identifikasi server dan berada pada domain publik. 

Menginstal SSL pada server web dapat mengaktifkan gembok dan protokol https yang bisa dilihat dari url. Fungsi SSL Certificate ini adalah untuk dipakai enkripsi file apapun yang akan dikirim, sebaliknya dengan private key untuk mengunci dan enkripsi file yang diterima.

Fungsi SSL Certificate

Fungsi SSL adalah melindungi informasi sensitif dalam sebuah website, misalnya saja seperti informasi kartu kredit, nama pengguna, kata sandi, dan sebagainya. Perlu Anda ketahui, bahwa penggunaan sertifikat SSL sangat direkomendasikan karena pentingnya memiliki keamanan berlapis pada website.

SSL dapat menjamin keamanan setiap penukaran data antara pengunjung dan website, sehingga mampu mencegah tindakan pencurian data. Dalam hal ini, fungsi SSL Certificate penting untuk menjaga keamanan data-data antar server.

SSL menjadi cara terbaik untuk menyatakan bahwa platform Anda aman, serta memberikan tampilan profesional bila menggunakannya. Fungsi selanjutnya, yaitu memperbaiki tingkat konversi trafik web. Misalnya saja pada website bisnis, SSL mampu meningkatkan jumlah pengunjung beralih menjadi pembeli.

Selain itu, fungsi SSL Certificate mampu meningkatkan ranking website pada mesin penelusuran Google. Bagi website SEO, tentu tujuan ini menjadi salah satu alasan utama menggunakan SSL. Masih terkait dengan SEO, Google lebih suka dengan situs yang menggunakan SSL.

Google menyatakan jika SSL menjadi salah satu faktor penting guna menaikkan peringkat web di algoritma atau PageRank. Website dengan SSL berpotensi mempunyai peringkat lebih tinggi di mesin penelusuran Google, dibandingkan website tanpa SSL.

Ada pula fungsi SSL Certificate lain, yakni membangun dan meningkatkan kepercayaan pelanggan pada website Anda. Pengunjung website pastinya ingin mendapatkan keamanan yang maksimal pada website yang dikunjungi. Seperti kita tahu bahwa Google mempertimbangkan faktor lain guna menaikkan ranking.

Seperti halnya kualitas konten pada website. Tapi tetap saja, bila penggunaan SSL menjadi salah satu cara terbaik agar sukses meraih SEO pada website. Namun seiring perubahan algoritma Google, faktor SSL untuk SEO menjadi semakin berbobot. Penggunaan SSL makin meningkatkan nilai tinggi di mata mesin pencarian Google.

Perlu pemilik website ketahui, bahwa web tanpa SSL dan hanya menggunakan HTTP biasa mempunyai bobot psikologis berbeda dengan web ber-SSL. Website dengan SSL Certificate dianggap lebih berkualitas dan lebih terjamin keamanannya oleh pengunjung. Sehingga bila dibandingkan dengan 2 website online, tentu web dengan SSL akan lebih menjadi pilihan. Inilah fungsi SSL Certificate pada website Anda.


Posting Komentar untuk "Mengenal Cara Kerja dan Fungsi SSL Certificate Terkait Faktor SEO"

Berlangganan via Email