Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pelajari Jenis Jenis SEO yang Penting untuk Optimasi Website

Daftar Isi [Tampil]

Pelajari Jenis Jenis SEO yang Penting untuk Optimasi Website - Anda merupakan pemilik website dan baru akan mempelajari mengenai bagaimana cara optimasinya? Barangkali Anda pernah mendengar tentang istilah SEO yang kerap hadir dalam dunia blogging atau seputar situs. Ya, istilah SEO sendiri sebenarnya bukanlah hal yang baru bagi mereka yang kerap berkecimpung di dunia penulisan.

Tapi bagi pengguna situs atau blog yang masih awam, tentu banyak yang belum tahu mengenai apa itu SEO. Bahkan banyak di antara Anda yang mungkin bertanya mengenai mengapa penting mempelajari SEO tersebut. Search Engine Optimization atau yang lebih dikenal dengan istilah SEO merupakan upaya optimasi website.

jenis jenis SEO
jenis jenis SEO

Tujuannya adalah untuk mendapatkan peringkat teratas di hasil mesin pencarian, sehingga berpotensi meningkatkan trafik organik website. Selain itu, SEO juga akan membantu Anda mendapatkan trafik yang tepat dan tertarget sesuai dengan tujuan utama website. Terdapat pula jenis jenis SEO, di antaranya adalah SEO On Page dan SEO Off Page.

Jenis Jenis SEO untuk Optimasi Website

SEOOn Page

SEO On Page merupakan serangkaian upaya optimization yang dilakukan oleh situs yang Anda miliki sendiri, di mana tujuannya adalah untuk membuat halaman memenuhi kriteria SEO. Optimasi melalui SEO ini masuk dalam kategori optimasi yang paling mudah dan sudah umum dipakai oleh para pemilik website.

Jenis jenis SEOOn Page ini bisa dilakukan melalui cara penyisipan kata kunci yang relevan dibeberapa bagian situs, misalnya saja seperti judul, deskripsi atau meta deskripsi, dan isi konten. Selain itu, disisipkan pula pada bagian kategori, permalink atau URL, heading, image dan juga image ALT.

SEO Off Page

Selain SEO On Page, ada pula jenis SEO Off Page yang sama sama rangkaian proses optimasi. Hanya saja, SEO ini dilakukan di luar dari situs yang Anda miliki. Namun penggunaan teknik ini masih menjadi bagian dari faktor yang bisa berpengaruh terhadap ranking situs dalam mesin pencarian.

Nah, jika membicarakan mengenai jenis jenis SEO ini, nantinya Anda akan lebih sering membahas tentang backlink atau tautan balik. SEO Off Page ini dilakukan dengan membangun backlink dari situs lain yang menuju ke situs Anda untuk meningkatkan popularitas situs.

Hal ini menjadi salah satu indikator yang menentukan posisi website pada mesin penelusuran. Perlu Anda ketahui, bahwa kehadiran SEO Off Page ini bisa mengalami perkembangan maupun perubahan. Sangat disarankan bagi Anda untuk menentukan backlink secara tepat,  di antaranya seperti yang direkomendasikan oleh para praktisi. Berikut rekomendasi backlink tersebut.

·         Jejaring sosial yang meliputi Twitter, Facebook, Google+, Youtube, dsb

·         Web 2.0 properties seperti Blogspot, WordPress, Tumblr, Weebly, dll

·         Forum signature seperti Kaskus

·         Social bookmark

·         Guest Post

Selain yang sudah disebutkan di atas, Anda juga dapat berkomentar pada blog yang bisa dilakukan melalui kunjungan di blog yang sejenis. Jangan lupa tinggalkan komentar beserta tautan atau link, namun tanpa melakukan aktivitasspam. Perlu Anda pahami pula, bahwa mencari backlink untuk jenis jenis SEO Off Page tidak boleh asal. Jarang dipahami, tapi ada kriteria backlink yang dibenci oleh Google dan berisiko pada website.

Itulah tadi penjelasan singkat mengenai apa itu SEO dan jenis jenis SEO untuk optimasi website. Pahami hal penting seputar website berikut supaya ilmu blogging Anda semakin bertambah. Dengan begini, tentu kualitas website Anda akan semakin meningkat, begitu pula dengan trafik pengunjung.

Posting Komentar untuk "Pelajari Jenis Jenis SEO yang Penting untuk Optimasi Website"

Berlangganan via Email