Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Bisnis, Tujuan Dan Manfaat Beserta Contohnya

Halo sobat Aldanpost.com, karena ini adalah materi kami yang pertama soal bisnis, maka dari itu akan saya awali terlebih dahulu materi dari pengertian bisnis, tujuan dan manfaat, beserta contohnya. Dimana dalam kehidupan kita ini memang selalu ada yang namanya kebutuhan, dengan adanya kebutuhan kita membutuhkan uang dan salah satu cara menghasilkan uang adalah dengan menjalankan bisnis.

Sedangkan arti bisnis sendiri adalah sebuah aktifitas seseorang yang bertujuan untuk menghasilkan uang atau keuntungan. Bisa dengan melakukan sebuah aktifitas jual beli baik itu produk maupun jasa. Sampai disini saya yakin sobat sudah paham benar dengan yang namanya bisnis.

pengertian-bisnis-beserta-contohnya


Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli 

Sedangkan pengertian bisnis yang sudah dibakukan oleh para ahli antara lain sebagai berikut :

1. Pengertian Bisnis Menurut Hughes dan Kapoor

Bisnis adalah suatu kegiatan individu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.

2. Pengertian Bisnis Menurut Brown dan Pretello

Menurut Brown dan Pretello, pengertian bisnis adalah lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat serta semua hal yang mencakup berbagai usaha yang dilakukan pemerintah maupun swasta tidak peduli mengejar laba ataupun tidak.

3. Pengertian Bisnis Menurut Jeff Madura

Bisnis adalah perusahaan yang menyediakan produk atau layanan yang diinginkan oleh pelanggan.

4. Pengertian Bisnis L. R. Dicksee

Bisnis adalah suatu bentuk aktivitas yang utamanya bertujuan untuk memperoleh keuntungan bagi yang yang mengusahakan atau yang berkepentingan dalam terjadinya aktivitas tersebut.


Tujuan Dan Manfaat Seseorang Melakukan Bisnis

Seseorang yang sibuk melakukan sesuatu hal sudah pasti ada tujuannya, begitu juga dengan berbisnis. Dengan melakukan sebuah bisnis seseorang biasanya akan bertujuan mencapai sesuatu dan juga mendapatkan sesuatu, antara lain sebagai berikut :

1. Mendapatkan Uang Dan Keuntungan

Yang pertama adalah sesuai dengan beberapa pengertian dari bisnis itu sendiri, yakni mendapatkan keuntungan dan juga uang. Meskipun dalam hidup kita tidak semua ditentukan oleh uang, tapi sepertinya sebagian besar dalam hidup kita membutuhkan uang. Dengan kita melakukan bisnis entah itu berjualan produk, berjualan jasa atau apapun maka kita bisa mencukupi dan menutup kebutuhan akan uang tersebut.

2. Meningkatkan Taraf Hidup

Yang kedua adalah meningkatkan taraf hidup diri sendiri dan juga keluarga. Dalam hal ini tentu saja kita ingin lebih baik dari waktu ke waktu, yang tadinya tidak punya aset apa-apa jadi harus punya. Yang tadinya belum punya tempat tinggal sendiri juga harus punya. Dan dengan berbisnis akan membantu kita memecahkan beberapa masalah berikut. Apalagi jika kita adalah sebagai keluarga, pastinya harus bisa mensejahterakan keluarga kita, dan salah satu jalannya adalah dengan melakukan bisnis atau usaha.

3. Meningkatkan Kemandirian

Bagi seseorang yang biasanya masih mengandalkan keuangan orang tua, dengan belajar bisnis nantinya akan menghasilkan uang sendiri dan bisa hidup mandiri. Selain itu dengan kita melakukan bisnis sendiri, kita akan mandiri dari perintah orang lain seperti halnya bekerja. Ini juga yang menjadikan banyak orang memilih berbisnis sendiri daripada bekerja pada orang lain.

4. Untuk Mencapai Impian

Tujuan dan manfaat bisnis yang ke 4 adalah untuk mewujudkan impian yang dimiliki. Misalkan saja seseorang ingin kaya, ingin punya kehidupan layak, memimpikan barang tertentu, menghajikan orang tua dan beberapa impian lainnya, berbisnis juga merupakan salah satu jalan yang tepat untuk mewujudkan keinginan tersebut.


Contoh Macam-macam Bisnis Di Sekitar Kita

Baiklah kita lanjutkan pada contoh dari macam-macam bisnis itu sendiri. Sebenarnya kegiatan apapun yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan termasuk dalam kategori berbisnis. Kalau secara umum disekitar kita adalah adanya proses jual beli antara pedagang dan juga pembeli atau juga proses sewa menyewa dengan kesepakatan tertenu itu juga merupakan salah satu contoh bisnis.

Kalau dari segi jenis nya bisa dibedakan menjadi 2 yakni bisnis yang berwujud produk dan bisnis yang berwujud pelayanan atau jasa. Kalau dibedakan dari segi medianya bisa dengan media langsung bertatap muka atau offline juga dengan media online atau sekarang banyak dikenal dengan istilah bisnis online. 

Contoh yang lebih spesifik ? Ada banyak, orang jualan baju, sepatu, makanan, minuman itu juga berbisnis yang masuknya dalam bisnis jual produk. Kemudian orang membuka jasa service ac, service tv, jasa penulisan, dan sejenisnya, itu juga termasuk dalam contoh bisnis yang dalam hal ini masuk kategori penjualan jasa.

Demikian sobat materi pengantar mengenai pengertian bisnis, tujuan dan manfaat, beserta contohnya, semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Pengertian Bisnis, Tujuan Dan Manfaat Beserta Contohnya"