Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Branding Beserta Kegunaannya Dalam Berbisnis

 Halo sobat Aldanpost.com, sudah sering mendengar kata branding? Dan hari ini saya akan membahas mengenai pengertian branding beserta kegunaannya dalam berbisnis. Dimana sebuah bisnis memang harus memiliki sebuah strategi yang jitu dalam marketing dan juga mengembangkan usaha mereka. Salah satunya adalah meningkatkan nilai branding agar lebih dikenal publik lebih luas sehingga bisnis akan berkembang lebih cepat.

Tingginya tingkat persaingan dan juga jumlah konsumen yang naik turun memang menjadikan seorang pebisnis berfikir keras untuk tetap bertahan dan bekembang. Yang selanjutnya akan memenangkan persaingan tersebut adalah sebuah usaha atau perusahaan yang memiliki branding yang sudah kuat di mata publik.

Pengertian Branding Beserta Kegunaannya Dalam Berbisnis

pengertian-branding-beserta-kegunaannya


Apa Itu Branding?

Branding sebenarnya berasal dari kata brand yang artinya adalah merk. Dimana branding bisa diartikan sebagai sebuah kegiatan dalam membesarkan nama merk usaha atau bisnis. Bisa juga diartikan sebagai sebuah cara promosi dengan cara meningkatkan citra usaha atau bisnis tertentu.

Istilah branding sebenarnya ada banyak sekali macam ataupun cara dalam melakukannya. Antara lain sebagai berikut :

  • Pembuatan nama brand unik dan mudah diingat publik
  • Pembuatan logo yang keren, unik dan mudah diingat oleh pelanggan
  • Peningkatan branding perseorangan atau personal branding
  • Penggunaan slogan khusus sebagai ciri khas dan juga citra usaha yang dijalankan.

Nah dari berbagai macam cara dalam melakukan branding tersebut akan lebih maksimal jika dilakukan optimasi dari segala sisi, baik itu dari nama, logo, personal branding si pemilik usaha, dan juga selogan bisnis. Dengan begitu langkah melakukan branding akan berjalan secara maksimal dan terkesan sangat profesional.

Banyak perusahaan besar yang bisa sukses dalam membangun bisnis dari kecil kebanyakan dari mereka adalah mengutamakan branding yang bagus sehingga dikenal dengan citra yang baik di mata masyarakat luas.

Contoh branding yang berhasil di tengah masyarakat dari perusahaan besar :

  • Branding motor honda, yang kadang masyarakat sering menyebutnya honda pada semua motor padahal merknya bukan honda
  • Branding air minum aqua, yang semua air minum kadang disebut aqua padahal merknya bukan aqua
dan masih banyak lagi contoh lainnya. Meskipun dari waktu ke waktu tentu akan terus berganti karena memang persaingan yang tinggi. Makanya sebuah image brand kalau tidak terus dinaungkan akan semakin pudar dan tergeser dengan imahe brand yang lain.

Kegunaan Branding Dalam Menjalankan Bisnis

Sekarang kita akan lanjut pada kegunaan branding dalam menjalankan sebuah bisnis. Tentu saja sobat sudah memiliki beberapa gambaran setelah membaca uraian diatas. Baiklah biar lebih jelas mengenai kegunaan branding dalam berbisnis, sobat bisa menyimak beberapa point berikut :

  • Usaha sebuah perusahaan dalam memberikan kesan kepada masyarakat agar mudah diingat dan tidak mudah dilupakan. Yakni dengan membuat sebuah nama, logo, slogan dan seputar image perusahaan yang berkesan dan mudah diingat.
  • Sebuah langkah menanamkan citra usaha atau perusahaan kepada masyarakat. Dengan adanya citra yang bagus, maka sebuah usaha atau perusahaan tersebut akan lebih terpercaya dan mudah mendapatkan pelanggan.
  • Menunjukkan kualitas bisnis dan usaha yang sedang dijalankan
  • Mempermudah pemasaran otomatis
  • Mengembangkan usaha menuju perusahaan besar
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kegunaan branding diatas agar bisa dicapai dengan maksimal tentu saja butuh sebuah usaha yang mendalam. Seperti halnya sebuah nama usaha atau perusahaan tentu membutuhkan waktu pula agar terkenal semakin luas. Makanya banyak strategi yang harus dilakukan dalam meningkatkan kualitas branding itu sendiri. 

Peningkatan pengenalan kualitas branding untuk zaman sekarang ini yang paling efektif adalah melalui jalur online. Dimulai dari beriklan melalui online dan juga membuat sebuah website. Karena manfaat website untuk bisnis salah satunya adalah meningkatkan branding yang satu ini.

Demikian materi kali ini mengenai pengertian branding beserta kegunaannya dalam menjalankan sebuah bisnis. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Pengertian Branding Beserta Kegunaannya Dalam Berbisnis"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel