Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Penutup Kamera Laptop dan Dampaknya Jika Tidak Ada

aldanpost.com - Baru-baru ini, banyak terjadi kriminalitas di dunia digital dikarenakan menyepelekan fungsi dari penutup kamera laptop. Walaupun tak banyak beritanya di media massa namun hal ini tentu akan sangat mengkhawatirkan bagi pecinta internet. Anda harus waspada dengan melakukan langkah seperti memberikan proteksi untuk kamera laptop anda.

Apalagi di masa Work From Home seperti ini, dunia online sangat rentan sekali untuk diretas para penjahat cyber. Beberapa bulan terakhir, sudah banyak laporan mengenai pembajakan di area dunia digital. Lagi - lagi yang disengsarakan adalah masyarakat yang masih awam mengenai kejahatan era dumay ini. Yuk, simak alasannya!

penutup kamera laptop
manfaat penutup kamera pada laptop

Mengapa anda Perlu Penutup Kamera Laptop?

Agar masih dapat menyimpan data pribadi anda, berikut beberapa alasan untuk meyakinkan anda. Supaya anda segera menyediakan kamera penutup laptop. Sangat disayangkan bukan, data yang disimpan secara pribadi, bisa tersebarluaskan atau diakses. Jangan sampai data kita dijadikan kepentingan tertentu. Jelas, hal tersebut merupakan ancaman yang nyata,

Anda pasti bakalan terkejut bahwa ternyata pemantik awal kejahatan siber dapat terjadi melalui fungsi webcam di laptop. Ya, perlu diketahui bahwa kamera web di laptop anda mampu melakukan perekaman secara ilegal. Apalagi di tengah kondisi pandemi seperti ini, berselancar di internet dan menyalakan webcam terkadang merupakan suatu keharusan.

Hal ini tentu saja akan melancarkan misi para penjahat siber untuk membajak laptop anda secara personal. Mulai berhati-hatilah saat anda melihat kamera web anda menyala tanpa ada notifikasi sebelumnya. Segera amankan kamera anda. Tak perlu risau dengan model penutup kamera laptop macam apa yang akan digunakan. Anda dapat membuatnya sendiri.

Daripada membelanjakan uang anda untuk membeli penutup tersebut, lebih baik anda menabungnya untuk masa depan. Anda bisa menyiasati dengan membuat penutup kamera laptop sederhana. Caranya adalah dengan menggunakan selotip atau alat perekat yang lepas tempel.

Sticky noted juga dapat anda gunakan. Usahakan alat yang menutupi kamera penutup laptop anda dapat dilepas dengan mudah. Selain itu, anda juga bisa menggunakan isolasi bening yang dikombinasikan dengan kertas berwarna di tengahnya dan diberi garis tepi. Hal ini bertujuan agar isolasi dapat tetap menempel pada kamera laptop.

Ada salah seorang Direktur FBI, James Comey ikut menyarankan menutup kamera web laptop. Hal ini sebagai wujud keamanan personal dimanapun kita berada. Hal ini juga didukung dengan pernyataan Mark Zuckerberg, pemrakarsa Facebook yang mendunia. Beliau menyampaikan kamera web komputernya selalu ditutupi menggunakan selotip. Karena ditakutkan akan menjumpai tindakan kriminalitas melalui dunia nyata.

Alasan utama mengapa Anda perlu memberikan pengamanan berupa penutup kamera pada laptop karena kehormatanmu sangat berharga. Bayangkan, semua rahasia atau foto - foto yang tersimpan rapat dalam album laptop tiba - tiba tersebar luas tanpa batas. utamanya, file dokumen anda diretas oleh tangan - tangan usil. Miris sekali!

Dampak Gara-gara tak Pakai Penutup Kamera Laptop

Dari sekian banyak korban kejahatan siber, kali ini penulis akan menceritakan kisah singkat seorang Miss Teen USA 2013 bernama Cassidy Wolf. Sewaktu bersekolah dia pernah menjadi korban kejahatan siber yang sengaja foto - fotonya tanpa ijin. Hal itu dilakukan penjahat dengan membajak kamera web Miss tersebut.

Hal itu ketahuan ketika dia mengecek media sosialnya. Fotonya tak hanya disebarkan tanpa izin, melainkan juga dia diancam dan dimintai tebusan oleh pelaku. Nyatanya, seorang Cassidy adalah salah satu dari banyaknya korban siber dimana keseluruhannya dilakukan melalui kamera web. Sungguh sangat disayangkan.

Sampaikan Pesan Untuk Saudara Anda agar Memberikan Pengamanan Pada Kamera Webnya

Sebagai seorang manusia, tentu kita diajarkan untuk saling membantu sesama termasuk menyelamatkan kehormatan maupun harga diri orang di sekitar kita. Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk membantu kejahatan siber ini agar tak mewabah, anda perlu mengedukasi kerabat terkait bahaya tak memasang penutup kamera laptop.

Memang tak banyak yang akan kita bantu, namun semoga dukungan dan aksi tak solutif ini mampu menjaga privasi orang - orang di sekitar kita. Apalagi, di era pandemi ini sangat banyak orang yang memanfaatkan dunia digital. Akan sangat disayangkan apabila penjahat siber semakin berulah gara - gara tak ada yang mau bersuara. Selamat berusaha menyampaikan ya!

Posting Komentar untuk "Manfaat Penutup Kamera Laptop dan Dampaknya Jika Tidak Ada"