Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tantangan Bisnis Tahun 2021 Dan Masa Depan, Siapkah Menhadapinya?

Aldanpost.com - Dunia bisnis selalu menyuguhkan tantangan-tantangan baru dari tahun ke tahun. Begitu juga dengan tantangan bisnis di masa depan khususnya tahun 2021. Setelah melewati tahun 2020 dengan berbagai macam peristiwa, pastinya perekenomian sekarang ini banyak mengalami penurunan. Apalagi ditambah dengan adanya peristiwa besar yakni virus covid19 yang berlangsung sepanjang tahun, sudah banyak perusahaan yang mengalami penurunan omset hingga gulung tikar.

Lalu bagaimana sobat menanggapi hal ini? Sebagai pebisnis tentu saja kita harus siap dengan segala kondisi yang ada. Yang jelas perekonomian melemah menjadikan daya beli turun dan juga persaingan pasar semakin tinggi. Hal-hal apa saja yang harus kita persiapkan untuk menghadapi tantangan bisnis yang baru akan saya jelaskan pada artikel kali ini.

Strategi Menghadapi Tantangan Bisnis Di Tahun 2021


tantangan-bisnis-tahun-2021
Gambar : Shutterstock.com


1. Harus Mengikuti Update Teknologi

Sistem otomatisasi sudah berlangsung di negara-negara besar secara maksimal. Maka dari itu penting bagi kita untuk selalu mengikuti update dan lebih dahulu bisa mengenai perkembangan teknologi baru. Dengan begitu kita tidak akan ketinggalan dengan para pesaing bisnis kita diluaran sana.

Terutama adalah dalam hal mobile friendly, sekarang semua orang mengakses segala sesuatu dari handphone. Agar bisnis yang kita jalankan tetap eksis, usahan menjadi mudah untuk diakses dengan perangkat handphone, entah itu dalam bentuk website yang tampilannya mobile friendly atau juga dalam bentuk aplikasi handphone seperti aplikasi android.

2. Tingkatkan Skill Dan Kemampuan

Setelah selama tahun 2020 banyak yang libur, banyak yang vakum karena masa virus, tahun 2021 nanti akan ada pergerakan yang lebih besar dari semua orang secara bersamaan. Ini bisa menjadi peluang bisnis dan juga tantangan, karena disini akan berdatangan pebisnis baru dan lama yang menjadikan persaingan semakin tinggi.

Maka dari itu penting bagi kita untuk meningkatkan kemampuan dan keahlian kita. Kalau kita bergerak dalam penjualan, tingkatkan kemampuan marketing, kalau dalam produksi tingkatkan kualitas menghasilkan produk, dan bidang apapun yang jelas sobat harus melakukan upgrade dari segi skill dan juga kemampuan diri.

3. Tingkatkan Kualitas Pelayanan

Menghadapi tantangan bisnis yang baru, tentu saja tidak boleh lengah dalam hal pelayanan. Karena yang namanya persaingan tinggi pasti akan ada perebutan pelanggan dengan kompetitor bisnis kita. Pelayanan yang bagus akan memberikan banyak dampak pada usaha yang kita jalankan, manfaatnya antara lain :

  • Mempertahankan citra usaha yang sudah kita jalankan
  • Membantu memperkuat brand bisnis kita
  • Mempertahankan pelanggan setia ditengah tingginya persaingan
  • Mendukung perkembangan usaha jangka panjang
  • Mampu menutupi kelemahan produk

4. Maksimalkan Managemen Keuangan Dan Peluang Pasar

Management keuangan yang kuat ditengah melemahnya perekonomian akibat beberapa kejadian sepanjang tahun 2020 akan menjadi sangat penting di tahun 2021 nanti. Dari sini juga kita bisa mengatasi sebuah penurunan omset kala sepi. 

Selain itu dari segi kemampuan analisa pasar kita juga harus ditingkatkan agar bisa mendapatkan celah untuk mendapatkan keuntungan lebih. Selain itu analisa pasar juga berfungsi untuk mengetahui jumlah dan kekuatan kompetitor guna mengatasi persaingan.

5. Pemilihan SDM Yang Unggul

Jika Anda memiliki usaha dengan beberapa karyawan atau banyak karyawan di dalamnya. Pemilihan karyawan dan pembentukan SDM yang unggul juga menjadi hal yang tak kalah penting. Pilihlah tenaga baru yang benar-benar unggul untuk job atau jabatan yang mereka tempati. Kemudian berikan pula petaihan dan training kepada karyawan lama agar kualitas mereka dalam bekerja juga bisa terus meningkat.

Kesimpulan dari pembahasan kali ini adalah peningkatan. Dari tahun ke tahun akan ada banyak perubahan, kalau kita tidak meningkat, mengikuti dan berusaha jadi lebih unggul pastinya kita akan sulit bertahan apalagi berkembang. Jadi sebagai pebisnis untuk menyambut tahun yang baru, sudah seharusnya melakukan resolusi bisnis yang baru ke arah yang lebih baik.

Demikian sobat pembahasan kali ini mengenai tantangan bisnis di tahun 2021 dan cara menghadapinya. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Tantangan Bisnis Tahun 2021 Dan Masa Depan, Siapkah Menhadapinya?"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel