Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mudah Belajar Membuat Artikel SEO Untuk Pemula

Daftar Isi [Tampil]

Tips Mudah Belajar Membuat Artikel SEO Untuk Pemula - Pernahkah Anda mendengar istilah SEO? Sebelum memulai belajar membuat artikel SEO, Anda harus mengetahui apa itu SEO. Search Engine Optimization (SEO) memiliki arti optimasi mesin pencari.

SEO merupakan cara yang dilakukan untuk memaksimalkan blog atau website agar konten artikel yang Anda tulis pada blog / website Anda muncul di halaman pertama Google. Jika website Anda dapat muncul di halaman pertama Google, maka website Anda berpeluang besar mendapat kunjungan atau clicksdari user.

Sulitkah belajar membuat artikel SEO? Menulis artikel SEO tidak sulit, Anda bisa mengikuti langkah-langkahnya di dalam artikel ini. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menulis artikel SEO.

belajar membuat artikel SEO

Membuat Keyword

Keywordsangat penting digunakan di dalam artikel, sebab keyword berfungsi untuk menganalisis suatu website atau blog. Dengan meletakkan keyword ke dalam artikel akan memudahkan website atau blog Anda ditemukan pada mesin pencari. Google akan dengan mudah menganalisis website Anda jika menggunakan keyword yang tepat.

Maka, langkah pertama belajar membuat artikel SEO, yaitu mencari keyword yang sesuai dengan tema artikel yang akan ditulis. Dalam SEO keyword terbagi atas dua jenis, yaitu short tail keyword dan long tail keyword. Contoh short tail "diet dehat" dan contoh long tail "Cara diet sehat alami".

Menggunakan Keyword Pada Judul atau Title Tag

Setelah Anda menentukan keyword untuk tulisan artikel Anda, gunakan keywordtersebut pada judul atau title tag. Keyword sangat penting diletakkan ke dalam sebuah judul. Hal demikian untuk membuat artikel Anda mudah muncul ketika melakukan pencarian pada Google.

Membuat Judul yang Menarik

Cara belajar membuat artikel SEO, yaitu membuat judul yang menarik. Anda pasti bertanya-tanya, bagaimana sih cara membuat judul yang menarik?  Judul yang menarik adalah judul yang melahirkan rasa penasaran atau perhatian pembaca.

Saat membuat sebuah judul, coba posisikan diri Anda sebagai pembaca. Apakah judul tersebut membuat Anda tertarik untuk membaca artikel tersebut atau tidak. Sebaiknya usahakan Anda untuk tidak membuat judul terlalu panjang. Biasanya, jumlah kata dalam judul maksimal 10 kata.

Membuat Tulisan yang Panjang dan Mendalam

Anda pernah mendengar istilah in-depth content? Ya, dalam belajar menulis artikel SEO, Anda harus membuat tulisan yang in-depth content. Artinya, tulisan Anda harus panjang dan memiliki pembahasan yang mendalam. Artikel yang panjang dan memiliki pembahasan yang mendalam, akan membuat konten Anda lebih baik dan kaya.

Jangan sampai tulisan yang Anda buat bertele-tele. Tulislah artikel secara jelas dengan jumlah minimal 500 kata. Anda bisa menggunakan tools Wordcounter.net untuk mengetahui jumlah kata dalam sebuah tulisan.

Menggunakan Internal Link

Dalam belajar membuat artikel SEOselanjutnya, Anda harus menggunakan internal link dalam sebuah website atau blog. Internal link merupakan link antar halaman dalam satu website atau blog. Internal link berfungsi untuk membantu menaikan trafficwebsite Anda.

Menggunakan Heading dan Subheading

Headingadalah perlengkapan SEO yang memiliki fungsi menyusun tingkatan heading dan subheding pada sebuah website. Menggunakan heading dalam tulisan, akan mempermudah Google untuk mencari blog atau website Anda dengan cepat. Selain itu, teknik heading juga bisa memudahkan pembaca untuk memahami informasi dalam artikel yang Ansa tulis.

Hindari Plagiarisme

Jika Anda telah selesai menulis sebuah artikel, lakukan pemeriksaan plagiarisme. Anda bisa menggunakan alat cek plagiarisme seperti smallseo atau lainnya. Apabila tulisan Anda mengandung plagiarisme, Google akan membaca tulisan Anda sebagai duplicate content. Konten yang dianggap duplicate dapat merusak reputasi website Anda di mata Google. Untuk itu dalam belajar membuat artikel SEO, Anda harus mampu membuat tulisan dengan gaya bahasa sendiri.

Nah, itulah langkah-lagkah mudah belajar membuat artikel SEO bagi pemula. Anda bisa menerapkannya dalam menulis artikel SEO. Semoga artikel ini dapat memberi manfaat.


Posting Komentar untuk "Tips Mudah Belajar Membuat Artikel SEO Untuk Pemula"

Berlangganan via Email