Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Sukses Dalam Menjalankan Bisnis Usaha Kuliner

Daftar Isi [Tampil]

Aldanpost.com - Banyak yang bilang kalau usaha kuliner adalah usaha yang tidak ada matinya. Tapi kenapa masih ada saja rumah makan atau orang yang merintis bisnis usaha kuliner gagal, tutup dan bahkan gulung tikar. Kalau mau bicara yang indah-indah saja, usaha kuliner memang sebuah usaha yang laku terus setiap hari, dan dari situ memungkinkan seseorang untuk terus mencetak keuntungan keuntungan uang setiap hari, indah sekali bukan?

Akan tetapi faktanya usaha kuliner membutuhkan banyak hal untuk sukses. Tidak semudah mengandalkan impian dan juga kerja keras saja. Usaha kuliner di Indonesia sendiri jumlahnya sudah tak terhitung, dari yang di pinggir jalan hingga yang di restoran mewah. Ini menandakan bahwa tingkat persaingan usaha kuliner sangat tinggi. Hanya yang menonjol dan favorit yang akan menjadi pemenang pesaingan tersebut. Pada kesempatan kali ini saya ingin memberikan beberapa tips sukses usaha kuliner, yang siapa tahu bisa membantu suksesnya Anda dalam menjalankan bisnis usaha kuliner.

Tips Sukses Dalam Menjalankan Bisnis Usaha Kuliner


tips-sukses-usaha-kuliner


1. Keunggulan Cita Rasa Makanan

Kesuksesan sebuah usaha kuliner yang pertama adalah dari segi cita rasa. Ini akan menjadi sebuah ciri khas khusus dari bisnis makanan yang Anda jalankan. Makanya seorang pebisnis kuliner yang sukses biasanya akan memiliki sebuah resep dapur rahasia. Bagaimana dengan anda?

Caranya adalah melakukan sebuah eksperimen sebelum benar-benar menjalankan bisnis. Kalau Anda sebagai kokinya tentu saja harus menciptakan sebuah resep lezat yang tidak ada duanya dengan begitu bisnis Anda sudah memiliki keunggulan sendiri.

Kalau memakai jasa tukang masak atau koki orang lain, pastikan masakannya bisa memikat para pelanggan yang datang. Ini adalah point utama yang terpenting.

2. Keunggulan Pelayanan 

Langkah kedua adalah dari segi pelayanan, anda bandingkan saja sebuah warung makan atau rumah makan yang bersih dan penjualnya ramah pasti akan lebih nyaman untuk makan disitu atau memesan makanan dari situ.

Maka dari itu penting sekali selain memiliki cita rasa yang lezat juga memberikan pelayanan yang memuaskan, pelayanan menyenangkan, ramah, bersih dan juga lingkungan yang nyaman.

3. Persaingan Harga

Sebenarnya soal harga bisa dikalahkan oleh dua point diatas. Asalkan enak dan pelayanan bagus masih bisa memangkan persaingan dengan harga standar atau bahkan lebih mahal sedikit. Akan tetapi lihat juga dimana lokasi Anda berjualan, kalangan Anda berjualan itu seperti apa, kalangan masyarakat menengah kebawah atau kalangan elit. Jadi sesuaikan juga harga yang pas yang bisa membuat usaha kuliner Anda berjalan dengan baik.

4. Pemilihan Lokasi

Oh ya sebelum membuka sebuah usaha kuliner usahakan juga memilih lokasi yang tepat dan nyaman. Misalkan saja lokasi yang ada tempat parkirnya, lokasi yang lingkungannya besih, lokasi yang strategis. Ini juga sangat penting karena bisa memudahkan akses pembeli untuk jadi beli di bisnis kuliner yang sedang Anda jalankan.

Kalau memang lokasi Anda memang agak sulit untuk ditemukan, usahakan juga untuk sering-sering pasang iklan secara online dan juga Anda siap antar makanan ke tempat pembeli. Ini juga akan membantu berjalannya bisnis kuliner yang Anda jalankan.

5. Daftarkan Online Food Order

Sekarang yang namanya bisnis kuliner sebenarnya sudah aktif menjalankan order via online. Jadi jangan lupa untuk mendaftakan usaha kuliner Anda pada jasa order via online seperti go food, grabfood dan juga yang lainnya. Ini juga hal yang sangat penting, karena ini bisa membantu omset dan bahkan membantu penyebaran nama usaha kuliner Anda lebih luas lagi.

Selain beberapa hal diatas, jangan lupa juga untuk terus berusaha menjaga image usaha Anda tetap bagus dengan tetap mempertahankan kualitas dari berbagai sisi. Kadang ada saja pebisnis yang mulai ramai dan kualitasnya menurun, dan ujungnya pelanggan semuanya kabur, jadi konsistensi kualitas usaha kuliner Anda akan menentukan kesuksesan usaha Anda kedepan.

Demikian mengenai tips sukses dalam usaha kuliner, semoga bisa bermanfaat untuk Anda dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Tips Sukses Dalam Menjalankan Bisnis Usaha Kuliner"

Berlangganan via Email