Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Keuntungan Mendirikan CV Untuk Usaha Yang Dijalankan

Aldanpost.com - Sebelumnya sudah pernah saya bahas mengenai cara mendirikan CV beserta pengertiannya secara lengkap. Dan kali ini kita akan melanjutkannya pada keuntungan dari mendirikan CV itu sendiri. Dimana dengan mendirikan sebuah CV akan menjadi jalan tengah bagi pengusaha kecil yang belum mampu mendirikan PT namun bisa mendapatkan banyak manfaat dari mendirikan CV itu sendiri.

Keuntungan mendirikan CV bisa diperoleh oleh pengusaha kecil yang bahkan tidak di batasi minimal modal dalam sebuah usaha yang dijalankan tersebut. Lalu dari segi berjalannya sebuah usaha akan mendapatkan banyak tambahan akses usaha ke berbagai jalur. Yang intinya dengan mendirikan sebuah CV akan menjadikan usaha menjadi lebih berkembang ketimbang mengembangkannya dengan usaha perorangan semata.

7 Keuntungan Mendirikan CV


keuntungan-mendirikan-cv


1. Mendirikan CV bisa meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan dalam menjalankan usaha

Yang pertama kali keuntungan atau manfat yang akan di dapatkan adalah dari segi kredibilitas. Ketika seseorang menjalankan usaha dengan berbadan CV pasti akan lebih dipercaya daripada usaha perorangan yang tanpa badan hukum apapun.

Yang namanya kredibilitas usaha sudah pasti sangat penting karena menyangkut pemasukan dari sebuah usaha itu sendiri. Apalagi jika masyarakat sudah percaya dengan usaha yang dijalankan tersebut, pastinya usaha akan berjalan lebih lancar. 

Itu adalah manfaat yang cukup besar ketika seorang pengusaha perorangan merubahnya dengan menjalankan usahanya dalam berbadan CV.

2. Dengan memiliki CV bisa mengikuti tender resmi dan tender besar

Keuntungan yang kedua dari mempunyai CV adalah dalam hal pastisipasi tender. Biasanya dalam dunia bisnis akan ada sebuah job atau tender, entah itu dari investor atau dari pemerintah. Nah ketika seseorang menjalankan usaha tanpa badan hukum apapun, tidak akan bisa ikut menawar tender tersebut.

Lalu dengan mempunyai CV, maka seorang pelaku usaha bisa ikut melakukan lelang tender. Dari sini tentu saja sebuah usaha memiliki kesempatan yang lebih baik dalam mendapatkan sumber penghasilan. Dan tentu saja dengan CV ini bahkan bisa ikut dalam mengelola tender yang nilai uangnya cukup besar.

3. Dengan mendirikan CV, usaha akan berjalan patuh terhadap hukum

Dengan mendirikan sebuah CV seorang pengusaha akan melakukan sederetan prosedur yang berlaku. Dengan begitu sebuah usaha yang sudah berbadan CV akan lebih patuh dalam hal ketaatan hukum.

Hal ini juga akan membuat seorang pelaku usaha lebih tenang dalam menjalankan sebuah usaha karena memang sudah patuh dengan aturan-aturan yang ada.

Ini penting sekali, karena dalam menjalankan usaha jika tidak mengetahui prosedur hukum akan rentan melakukan pelanggaran. Selain itu jika tidak berbadan hukum, tidak akan kuat dalam menjalankan sebuah usaha itu sendiri.

4. Lebih mudah dalam mendapatkan permodalan usaha

Manfaat lain yang tidak kalah menguntungkan dengan mendirikan sebuah CV adalah dari segi permodalan. Coba Anda lihat beberapa lembaga penyedia pinjaman atau modal usaha, mereka sebagian besar mensyaratkan pengusaha minimal sudah mempunyai badan CV.

Artinya dengan mendirikan CV ini seseorang akan lebih mudah mendapatkan pinjaman modal untuk usaha yang dijalankan. Apalagi jika sebuah usaha sedang mengalami kesulitan pendanaan, dengan mempunyai lisensi CV ini akan sangat membantu dalam mencari pinjaman.

5. Menjalankan usaha dengan lebih terstruktur

Di dalam mendirikan sebuah CV akan ada sebuah struktur organisasi yang dibakukan. Dalam hal ini juga melatih sebuah usaha untuk menjadi lebih teratur dalam pembagian tugas.

Dengan begitu mendirikan CV juga membantu sebuah usaha untuk lebih teratur dalam bergerak dan melakukan aktifitas usaha.

Lalu jika sebuah usaha lebih terstruktur dengan baik, pastinya sebuah usaha tersebut akan menjadi lebih maksimal dalam mengejar pencapaian hasil.

6. Pengenaan pajak CV tergolong lebih kecil dan menguntungkan

Keuntungan lain dari mendirikan CV selain dari berbagai benefit diatas adalah dari segi pajak. Pajak yang ditarik hanya sekali saja pada saat pendirian CV itu sendiri.

Bisa diartikan bahwa dengan mendirikan sebuah CV hanya perlu modal pendirian yang relatif murah namun bisa memberikan banyak dampak yang positif untuk usaha yang dijalankan.

Tentu saja ujung-ujungnya akan membuat sebuah usaha lebih cepat dalam mendapatkan peluang penghasilan yang lebih besar.

7. Mempercepat berkembangnya sebuah usaha

Dari semua point diatas tentu saja akan memberikan keuntungan berupa perkembangan usaha. Dengan seorang wirausahawan mendirikan CV sendiri artinya dia akan lebih mudah berkembang menjadi usaha yang lebih besar ketimbang usaha dengan perorangan tanpa badan hukum apapun.

Semua keuntungan diatas tentu saja bisa didapatkan dengan maksimal apabila manajemen usaha diterapkan dengan baik. Istilahnya CV itu adalah sebuah alat tambahan yang bisa dimanfaatkan, dan hasilnya tergantung dari seorang pengusaha itu sendiri memanfaatkan CV yang dia punya.

Demikian sobat penjelasan kali ini mengenai keuntungan mendirikan CV bagi seorang yang menjalankan sebuah usaha. Mudah-mudahan penjelasan dari saya ini bisa memberikan manfaat dan kurang lebihnya terima kasih.

Posting Komentar untuk "7 Keuntungan Mendirikan CV Untuk Usaha Yang Dijalankan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel