Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Apa Itu 6m Dalam Wirausaha? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Daftar Isi [Tampil]

Aldanpost.com - Ada sebuah istilah 6M dalam wirausaha, yakni Man, Money, Machine, Method dan Market. Yang mana ke 6 unsur tersebut akan sangat berpengaruh pada jalannya sebuah wirausaha. Dan tentu saja ini harus diketahui oleh setiap pemula dalam memulai sebuah usaha. Sebagai sebuah kelengkapan metode dalam menjalankan sebuah usaha itu sendiri.

Mengenai 6M dalam wirausaha ini sebenarnya sudah pernah diajarkan pada saat pelajaran SMA dulu pada materi kewirausahaan. Dan jika sekarang Anda ingin berwirausaha, tentu saja ini waktu yang tepat untuk mengamalkan ilmu tersebut dalam usaha yang Anda jalankan.Tentu agar mendapatkan sebuah hasil yang lebih maksimal.

Pengertian 6m dalam Wirausaha


6m-dalam-wirausaha

Saya akan coba menjelaskan satu persatu mengenai 6m dalam wirausaha sekaligus bagaimana caranya menerapkan hal tersebut dalam wirausaha yang Anda jalankan. Baiklah langsung saja antara lain sebagai berikut :

1. Man (6M yang pertama)

6M yang pertama adalah Man. Man artinya adalah manusia. Bisa diartikan dalam sebuah wirausaha adalah komponen manusia atau orang-orang yang berperan dalam sebuah usaha tersebut. Untuk memaksimalkan 6m yang pertama ini berarti harus ada pengelolaan pelaku usaha dan juga karyawan atau SDM dengan baik

Sebuah usaha atau bisnis akan cepat maju bila didalamnya ada orang-orang yang kompeten dan ahli. Maka dari itu untuk meningkatkan hal tersebut harus ada peningkatan skill pada si pelaku usaha. 

Apabila usaha tersebut Anda jalankan sendiri berarti skill Anda harus terus ditingkatkan. Namun jika dalam usaha ada Anda dan karyawan berarti sekill dan kinerja Anda dan karyawan semua yang harus ditingkarkan.

Contoh 6M dalam pengelolaan sumber daya manusia adalah berusaha memilih karywan dengan melakukan seleksi maupun tes secara ketar. Sehingga mendapatkan karyawan yang berpotensi sesuai dengan kemampuan masing-masing. Kemudian memberikan training secara rutin kepada orang yang ada dalam usaha yang sedang berjalan. Memberikan pelatihan kepada karyawan dan selalu memotivasi karyawan untuk bekerja dengan baik dan benar.

2. Money (6M yang kedua)

6M yang kedua adalah money. 6M yang kedua adalah money yang artinya adalah uang. Uang disini berarti adalah jumlah uang dan manajemen keuangan dalam sebuah usaha itu sendiri. 

Keuangan adalah hal penting dalam sebuah wirausaha yang harus dikelola dengan baik, baik itu dari segi pemasukan dan pengeluaran. Alokasi keuangan yang tepat dalam sebuah usaha tentu akan membuat usaha tersebut akan terhindar dari kerugian dan juga membuat usaha tersebut menjadi cepat berkembang.

Contoh 6M dalam pengelolaan keuangan adalah membuat sebuah pembukuan yang disiplin mengatur keuangan masuk dan juga keluar. Selain itu juga untuk melakukan pengaturan alokasi keuangan secara tepat dalam sebuah usaha. Ini adalah sebuah hal penting karena yang namanya keuangan adalah nyawa bagi sebuah pejalanan perkembangan usaha

3. Material (6M yang ketiga)

6M yang kedua adalah Material. Material adalah bahan-bahan yang digunakan dalam sebuah wirausaha. Biasanya berupa bahan baku untuk produksi atau beberapa bahan pendukung lainnya.

Bahan yang digunakan dalam wirausaha juga akan mempengaruhi banyak hal. Terutama dengan bahan yang bagus tentu akan menghasilkan sebuah produk yang bagus dan juga berkualitas. Begitu juga dengan bahan yang jelek akan mempengaruhi kualitas semakin buruk.

Contoh 6M dalam pengelolaan material adalah terus mencoba mencari bahan-bahan yang berkualitas untuk melakukan produksi yang mendukung untuk menciptakan sebuah produk yang berkualitas.

4. Machine (6M yang ke empat)

6M yang ke 4 adalah Machine. Machine adalah sebuah rangkaian sarana prasana yang digunakan dalam sebuah wirausaha. Sarana prasana bisa berupa alat alat usaha, baik itu alat manual maupun otomatis yang berupa mesin.

Komponen M ke 4 ini juga sangat penting untuk diperhatikan demi mendukung kesuksesan sebuah usaha karena dengan sarana prasana yang baik akan memperlancar jalannya sebuah usaha.

Contoh 6M dalam pengelolaan sarana prasana adalah mencoba menyediakan alat-alat bagus yang mendukung proses jalannya sebuah usaha. Selanjutnya juga termasuk merawat alat-alat yang sudah ada dalam sebuah usaha.

5. Method (6M yang kelima)

6M yang ke 5 adalah Method. Method artinya adalah sebuah metode dalam menjalankan sebuah usaha. Bisa diartikan juga sebuah rangkaian teknis pelaksanaan sebuah usaha dari memulai usaha, promosi, produksi, pengiriman dan semua proses yang berjalan dalam sebuah usaha.

Metode atau teknis pelaksanaan usaha yang bagus tentu akan menjadi penentu sukses atau tidaknya sebuah usaha tersebut. 

Contoh 6M dalam metode atau proses adalah mencoba melakukan semua proses dalam usaha secara urut. Juga melakukan semua proses dengan baik, benar dan juga maksimal.

6. Market (6M yang ke enam)

6M yang ke 6 adalah Market. Market artinya adalah pasar, yang dimaksud disini adalah area pemasaran dan juga teknik pemasaran itu sendiri. Market juga bisa diartikan sebagai tingkatan kelas pemasaran yang tepat untuk sebuah produk tertentu.

Pemilihan serta penargetan market yang tepat tentu saja akan memberikan sebuah dampak yang besar dalam sebuah wirausaha. Maka dari itu setiap pelaku usaha perlu belajar bagaimana menjadi ahli atau mempunyai seorang yang ahli dalam hal pemasaran karena bisa mempercepat penjualan dan tentunya akan mempercepat majunya sebuah usaha.

Demikian penjelasan kali ini mengenai pengertian 6M dalam wirausaha, semoga bisa memberikan sebuah manfaat dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Apa Itu 6m Dalam Wirausaha? Berikut Penjelasan Lengkapnya"

Berlangganan via Email