Postingan Terbaru

Apa Itu Blogwalking? Simak Penjelasan, Manfaat dan Caranya!

aldanpost - Apa itu blogwalking? Apa manfaatnya dan bagaimana cara melakukannya? Dalam dunia blogging Anda tentunya sudah pernah mendengar istilah blogwalking. Apalagi istilah yang satu ini juga telah banyak digunakan dalam berbagai forum maupun disebutkan dalam banyak artikel mengenai tips-tips blogging yang banyak beredar di internet. 

Nah, untuk mengetahui jawabannya, yuk simak penjelasannya berikut ini agar lebih memahami dan juga bisa mengambil manfaat dari kegiatan tersebut. 

apa itu blogwalking

Apa Itu Blogwalking? Ini Pengertiannya

Pengertian dari apa itu blogwalking adalah aktivitas seorang blogger dengan mengunjungi blog milik blogger lain. Biasanya blogger akan memberikan komentar dan meninggalkan jejak berupa tautan blog di situs orang lain. 

Apa Manfaat Blogwalking?

Nah, setelah sebelumnya mengetahui apa itu blogwalking? Sekarang Anda juga perlu mengetahui manfaatnya. Secara umum blogwalking memiliki manfaat sebagai media branding untuk blog yang Anda kelola. Namun selain itu, Anda juga akan mendapatkan manfaat blogwalking lainnya saat melakukannya dengan konsisten seperti berikut ini. 

1. Memperluas Networking

Dengan melakukan aktivitas blogwalking Anda berkesempatan untuk menjalin interaksi dengan blogger lain dan memperluas jaringan. Dengan memberikan komentar positif di blog lain, itu artinya Anda telah menunjukkan sebuah bentuk apresiasi kepada pemilik blog. Ini juga dapat dimanfaatkan untuk membangun diskusi tentang hal-hal yang berkaitan dengan topik pembahasan blog.

2. Menemukan Ide Baru

Ketika mengunjungi blog orang lain Anda akan mendapatkan informasi, ide dan inspirasi baru dari blog tersebut. Nah, semua informasi dan inspirasi yang telah Anda dapatkan tersebut dapat Anda jadikan sebagai bekal dalam menciptakan konten selanjutnya di blog Anda. Jangan lupa untuk mencantumkan sumber dan referensi saat Anda mengutip tulisan orang lain.

3. Memperoleh Dukungan Dari Blogger lain

Selain mengetahui apa itu blogwalking, Anda juga perlu mengetahui manfaat blogwalking yang satu ini. Menciptakan interaksi dengan blogger lain sangat penting untuk dilakukan karena Anda dapat memperoleh bantuan atau dukungan saat Anda menghadapi kendala dalam mengelola blog. Anda juga dapat mengadakan proyek kolaborasi dengan sharing atau menjadi partner dalam konten tertentu.

4. Menjadi Bahan Evaluasi

Manfaat blogwalking lainnya adalah mendapatkan bahan evaluasi. Dengan mengunjungi banyak blog lain, Anda akan semakin mengetahui kekurangan blog Anda sendiri. Sehingga Anda dapat menjadikannya bahan evaluasi untuk meningkatkan kualitas blog. Evaluasi tersebut dapat mencakup pemilihan topik pembahasan, materi, cara berkomunikasi, gaya bahasa, hingga tampilan desain grafis yang digunakan.

5. Menjadi Bahan Promosi Blog

Seperti yang pernah disebutkan sebelumnya, blogwalking juga bermanfaat sebagai media branding dan promosi blog Anda. Namun jangan lantaran hendak mempromosikan blog kemudian Anda meninggalkan backlink blog Anda dengan sembarangan. Karena hal tersebut dapat dinilai sebagai aksi spam dan malah akan memberikan dampak buruk pada blog Anda.

Bagaimana Tips Melakukan Blogwalking Yang Efektif?

Melakukan blogwalking memiliki etikanya sendiri agar lebih efektif. Maka dari itu tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Bagaimana cara melakukan blogwalking yang efektif? Simak langkah-langkahnya berikut ini:

1. Carilah Niche Blog Yang Sama

Jika Anda seorang blogger dengan niche lifestyle sebaiknya Anda mencari blog dengan topik pembahasan yang serupa. Karena dengan demikian Anda bisa dengan mudah berbagi link.

2. Berikan Komentar Yang Relevan

Setiap kali Anda melakukan blogwalking usahakan untuk selalu memberikan komentar yang relevan dengan topik pembahasannya. Sehingga membuka kesempatan untuk berinteraksi dengan pemilik blog.

3. Gunakan Gravatar

Gravatar merupakan foto profil yang menampilkan identitas online Anda. Meski nampak sepele, hal sederhana ini akan membuat Anda mudah dikenali sekaligus meningkatkan personal brand awareness Anda.

Sekarang, Anda pasti sudah tahu tentang blogwalking dan apa pentingnya untuk blog atau website Anda. Jika sudah tahu dan merasa penting, mulailah untuk mempraktikkannya untuk blog Anda. Sehingga, Anda bisa membuat blog lebih baik lagi dan bisa mendapatkan trafik yang berkualitas. Jika trafik berkualitas, maka blog Anda akan baik di mata google dan bisa berada di page 1. Dengan begitu, penghasilan meningkat!

Nah, itu tadi penjelasan lengkap tentang apa itu blogwalking, manfaat serta cara melakukannya dengan efektif. 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama