Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Microsite? Berikut Penjelasannya Yang Harus Anda Pahami

aldanpost - Apa itu microsite? Seiring dengan perkembangan digital marketing yang semakin kompetitif, sekarang ini banyak perusahaan yang mulai menciptakan microsite. Baik untuk memasarkan produk mereka maupun kepentingan lainnya.

Microsite atau disebut juga dengan situs web mini merupakan sebuah terobosan inovatif agar bisnis mereka lebih mudah ditemukan dan lebih unggul dalam persaingan. Oleh karena itu, mari simak dalam penjelasan berikut ini!

Apa Itu Microsite

Apa Itu Microsite?

Microsite merupakan sebuah situs mini yang mencakup satu atau beberapa halaman dan biasanya dibuat untuk tujuan sementara. Misalnya seperti mempromosikan suatu produk tertentu, mempublikasikan konten regular, menyiarkan event maupun program tertentu yang sedang berlangsung.  Itulah penjelasan mengenai apa yang dimaksud dengan microsite.

Microsite umumnya lebih berfungsi sebagai alat promosi branding, penjualan, maupun kampanye. Biasanya microsite juga terpisah dari website utama. Namun tak jarang microsite juga diciptakan sendiri tanpa web utama karena sifatnya yang sementara. 

Dibandingkan dengan website utuh, microsite memiliki peran lebih seperti landing page. Microsite dapat dibuat untuk individu, komunitas, organisasi, atau perusahaan. Tujuannya memang jelas sebagai site ampiran menuju site utama, sehingga bisa meningkatkan pengunjung. 

Jika pengunjung website meningkatkan maka, penjualan maupun tujuan lainnya bisa tercapai dengan mudah. Jadi, Anda perlu mempelajari tentang microsite dan bila perlu buat juga untuk keperluan bisnis Anda.

Mengapa Membuat Microsite?

Setelah mengetahui apa itu microsite, Anda tentunya juga perlu mengetahui mengapa pelaku usaha bisnis mulai banyak yang membuat microsite. Microsite akan membantu Anda untuk menjangkau dan mengelola target pelanggan yang baru, serta menciptakan kesadaran sebuah brand (awareness brand) terutama dalam kampanye produk tertentu hingga meningkatkan SEO. Simak manfaat microsite berikut ini.

1. Meningkatkan Branding Produk

Microsite dibuat menggunakan URL tersendiri sehingga lebih leluasa untuk memajang desain website juga detail informasi sesuai dengan produk yang dipromosikan. Selain dapat meningkatkan branding produk, strategi yang satu ini tentunya tidak akan merecoki website inti bisnis Anda. 

Bahkan selain untuk mempromosikan sebuah produk baru, Anda juga dapat memanfaatkan microsite untuk mengulas sejarah perusahaan, program event sponsorship, hingga membuka informasi recruitment karyawan.

2. Meningkatkan Engagement Konsumen

Manfaat microsite lainnya yang harus Anda ketahui setelah memahami apa arti microsite adalah fungsinya untuk meningkatkan engagement konsumen. Hal ini dikarenakan informasi yang disajikan lebih terfokus dan terperinci. 

Sehingga akan menciptakankan ‘ikatan’ yang kuat antara pelanggan dan produk yang dipromosikan. Apalagi, konsumen juga dapat dengan mudah membagikan konten maupun informasi produk Anda di sosial media mereka. Tentunya ini akan menjadi media promosi yang efektif.

3. Meningkatkan SEO Website

Dengan menanam keyword dan fokus pada topik pembahasan tertentu web microsite pastinya akan muncul dalam halaman utama pada mesin pencari. Anda juga dapat menautkan link ke website inti perusahaan Anda dan mendapatkan backlink yang berkualitas. 

Bagaimana? Setelah mengetahui apa itu microsite dan manfaatnya apakah anda mulai tertarik untuk membuat sebuah microsite? Nah, Anda dapat menyimak langkah-langkah membuat microsite berikut ini.

Bagaimana Cara Membangun Microsite Yang Efektif?

Setelah mengetahui apa itu microsite tibalah Anda pada langkah pembuatan microsite yang efektif. Meskipun pada dasarnya membuat microsite sama saja seperti membuat website pada umumnya. Beberapa tips yang dapat Anda terapkan misalnya membuat nama domain yang sesuai dan unik. Namun pastikan namanya juga tidak terlalu panjang agar mudah diingat.

Selain itu, pilihlah web hosting terbaik yang memungkinkan microsite Anda nantinya data diakses tanpa kendala selama 24 jam non stop. Setelah itu gunakan tema yang menarik dan install plugin yang dibutuhkan serta yang paling utama buatlah konten unik yang menarik minat pelanggan. 

Nah, itu tadi penjelasan mengenai apa itu microsite, manfaat, dan bagaimana cara membuatnya. Microsite telah terbukti menjadi salah satu strategi digital marketing yang efektif. Apalagi ada banyak perusahaan besar yang juga menerapkannya untuk beragam tujuan. Mulai dari pengenalan produk terbaru, kampanye promosi, hingga merilis event sponsorship. Bagaimana? Anda sudah tidak ragu lagi kan untuk membuat microsite bisnis Anda?

Posting Komentar untuk " Apa Itu Microsite? Berikut Penjelasannya Yang Harus Anda Pahami"

Berlangganan via Email