Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Penggunaan Aplikasi Dapodik Versi 2021 Lebih Efisien

aldanpost.com - Aplikasi Dapodik adalah aplikasi yang diresmikan oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan. Aplikasi ini dirilis untuk memberikan kemudahan dalam hal pengelolaan data pendidikan di Indonesia mulai dari pendidikan anak usia dini, dasar hingga menengah. 

Pada versi terbaru dari aplikasi Dapodik ini berbagai fitur banyak diperbarui dan dilakukan perbaikan terhadap berbagai data yang bermasalah. Berikut fitur-fitur yang ada pada aplikasi yang wajib Anda ketahui!

aplikasi dapodik 2021

Cara Penggunaan Aplikasi Dapodik versi 2021

Cara penggunaan aplikasi ini cukup mudah. Dengan aplikasi ini Anda dapat mengecek segala data mulai dari data sekolah, data peserta didik, data guru dan data kependidikan, data sarana dan prasarana, pemetaan jadwal serta data rombongan belajar. Untuk dapat memahami lebih lanjut, berikut penjelasannya:

Pastikan Memiliki Kode Registrasi

Sebelum memulai proses instalasi aplikasi Dapodik versi 2021, pastikan sekolah Anda sudah memiliki kode registrasi dan akun yang digunakan pada proses instalasi. Untuk jenjang PAUD, SD dan SMP kode registrasi ini diperoleh dari Admin Dinas pendidikan Kabupaten atau Kota. Sedangkan untuk jenjang SLB, SMA dan SMK diperoleh dari admin Dinas pendidikan Provinsi.

Uninstall Aplikasi Dapodik Versi Lama

Apabila sudah memiliki kode registrasi, hal kedua yang harus diperhatikan ialah Anda diharuskan meng-uninstall Aplikasi Dapodik versi lama. Jika sudah Anda dapat mengunduh aplikasi Dapodik versi 2021 di laman resmi Dapodik. 

Lakukan Registrasi

Pada tahap selanjutnya Anda akan dimintai untuk registrasi. Masukkan kode registrasi yang sudah Anda dapatkan dari dinas pendidikan. 

Perbarui Data Sekolah

Selanjutnya, perbarui data sekolah termasuk periodik dan sanitasi. Utamakan memperbarui status penerimaan BOS serta data rekening BOS.

Perbarui Data Peserta Didik

Pada tahap selanjutnya Anda akan dimintai memperbarui data peserta didik. Pada tahap ini akan ada beberapa data mulai dari tarik peserta didik, data jika ada peserta didik yang keluar, mencetak surat mutasi yang ditujukan pada peserta didik yang keluar bahkan isi lintang dan bujur tempat tinggal atau zonasi. 

Perbarui Data Guru dan Tenaga Didik

Pada tahap selanjutnya Anda akan dimintai data guru dan tenaga kependidikan di sekolah Anda. Pada fitur ini terdapat fitur tambah maupun tarik data guru dan tenaga kependidikan yang baru. Adapula fitur pembaharuan data guru dan tenaga kependidikan yang keluar, fitur cek penugasan serta fitur cek akun data guru dan tenaga kependidikan mulai dari email dan passwordnya.

Perbarui Data Sarana Pra Sarana

Pada aplikasi dapodik tahap selanjutnya Anda akan dimintai untuk memperbarui sarana dan prasarana yang ada di sekolah Anda. dalam hal ini Anda akan mengisi data prasarana seperti tanah, bangunan dan ruang. Selain itu juga dilengkapi fitur tambah dan hapus sarana dan prasarana dengan melengkapi isian alat, angkutan , buku dan lainnya  serta fitur cek isian kerusakan sarana dan prasarana. 

Perbarui Data Rombongan Belajar

Selanjutnya Anda akan dimintai memperbarui data rombongan belajar. Dalam hal ini yang termasuk dalam data rombongan belajar diantaranya data rombongan belajar teori khususnya lintas minat SMA.
Adapula rombongan belajar praktik khususnya sekolah SMK dan rombongan belajar SKS khusus untuk sekolah yang menyelenggarakan sistem SKS. Selain itu dilengkapi fitur cek kurikulum dan isi pembelajaran sesuai pembagian jam terbaru. 

Perbarui Jadwal

Pada tahap selanjutnya ada pembaruan jadwal. Anda akan dimintai memetakan jadwal serta pembagian jadwal mengajar. Jika sudah terisi semua langkah terakhir ialah validasi dan sinkronisasi.
Dalam hal ini pastikan tidak ada data yang invalid. Lakukan sinkronisasi dengan login melalui akun kepala sekolah. Selanjutnya cek lembar konfirmasi dan lakukanlah sinkronisasi data.

Nah bagaimana. Cukup mudah bukan pendataan pada aplikasi Dapodik versi 2021. Apabila kurang jelasAnda dapat menghubungi tim Helpdesk Dapodik melalui email dapo@kemdikbud.go.id. Yuk ikut sukseskan pendataan tahun ajaran 2020/2021.

Posting Komentar untuk "Cara Penggunaan Aplikasi Dapodik Versi 2021 Lebih Efisien"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel