Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Rahasia Bagaimana Usaha Bob Sadino Untuk Sukses

Daftar Isi [Tampil]

Aldanpost.com - Kalau Anda ingin jadi pebisnis sukses sudah pasti harus mengenal sosok yang satu ini, yakni Bob Sadino. Sosok nama yang sudah tidak asing mungkin bagi sebagian sobat pebisnis. Beliau yang sering akrab di sapa Om Bob ini, sudah menorehkan kisah sukses tersendiri. Selain itu beberapa motivasi dari beliau sangat cocok untuk digunakan di dalam berbisnis.

Sebelum kita mengulas bagaimana usaha Bob Sadino untuk sukses, perlu Anda ketahui biografi singkat dari Bob Sadino. Pria yang selalu tampil sederhana ini lahir di Lampung tahun 1933 tepatnya tanggal 9 Maret. Dikisahkan beliau memulai karirnya bahkan dari bawah, pernah menjadi seorang supir, pernah menjadi kuli dan juga tukang batu. Namun akhirnya pria yang akrab di sapa Om Bob ini berhasil mendirikan beberapa perusahaan, antara lain PT. Kem Chick, PT. Kem Farm, PT. Kem Foods dan PT. Boga Catur. Lalu bagaimana kiat sukses dari yang bisa kita petik dari Almarhum Bob Sadino ini? Simak selengkapnya pada artikel kali ini.

7 Teladan Bagaimana Usaha Bob Sadino Untuk Sukses


bagaimana-usaha-bob-sadino-untuk-sukses


1. Bob Sadino mengajarkan tidak ragu untuk memulai

Salah satu pelajaran yang bisa kita petik dari seorang Bob Sadino adalah ajarannya yang tidak boleh ragu untuk memulai berbisnis atau berwirausaha. Benar sekali, jika seseorang selalu ragu-ragu untuk memulai bisnis maka yang Ada orang tersebut tidak akan maksimal dalam bertindak.

Keragu-raguan dalam memulai bisnis juga akan menimbulkan banyak kerugian. Mulai dari pemikirannya yang justru tidak lepas dan tidak berkembang. Kemudian tindakannya yang cenderung tidak maksimal karena takut akan resiko yang nanti di dapatkan.

Yang perlu kita ingat, segala hal di dunia ini kalau tidak kita mulai, tidak akan pernah bisa terwujud. Sedangkan setiap keinginan selalu ada resiko yang harus kita. Jadi jangan ragu untuk memulai bisnis, apapun hasilnya harus kita tanggung. Dengan begitu kita tidak akan hidup dalam penyesalan di kemudian hari nanti.

2. Tidak pusing soal modal

Salah satu ungkapan Bob Sadino yang terkenal adalah soal modal. Beliau pernah menjawab sebuah pertanyaan orang yang mengeluh tidak punya modal sebagai berikut "Apakah Anda punya kaki? Bagaimana kalau kaki Anda saya beli 2 milyar? Kalau tidak boleh, berarti Anda sudah punya modal 2 milyar sekarang"

Dari pernyataan Bob Sadino diatas mengajarkan kita bahwa modal sebenarnya sudah ada pada diri kita masing-masing. Yakni berupa anggota tubuh dan juga kemauan untuk menjalankan sebuah usaha. Dan itu semuanya jika dihitung nilai, harganya pun tak terhingga.

3. Tidak terlalu banyak berfikir

Terlalu banyak berfikir justru menjadikan seseorang tidak berbuat apa-apa. Begitu juga dengan seseorang yang hendak mulai berbisnis tapi terlalu banyak pertimbangan yang akhirnya pun tidak memulai bisnis apapun.

Jadi jangan terlalu banyak pertimbangan untuk berbisnis. Segera lakukan saja apa yang Anda mau, dan apa yang Anda bisa. Lalu perjalanan bisnis itu sendiri nanti kita akan belajar dengan sendirinya dalam proses yang kita jalani.

Ini juga menjadi alasan kenapa orang yang tidak terlalu pintar justru bisa sukses. Karena orang tersebut sedikit berfikir dan banyak bertindak untuk ide sederhana yang dia miliki.

4. Sadar kalau sukses selalu butuh proses

Pelajaran selanjutnya kita harus sadar kalau sukses butuh proses dan tidak ada kesuksesan yang instan di dunia ini. Makanya dalam menjalankan sebuah bisnis atau wirausaha membutuhkan kesabaran dan juga ketekunan.

Selama kita mau bersabar dan rela menjalani proses yang sulit. Maka suatu hari nanti yang namanya sebuah kesuksesan pasti bisa kita dapatkan. 

Ini juga yang menjadikan banyak orang gagal dalam menjalankan sebuah usaha. Karena mereka tidak sabar dan merasa tidak segera sukses dan akhirnya menyerah. Selama kita bisa melatih kesabaran kita dengan baik, nanti juga akan sampai pada titik kesuksesan yang kita inginkan.

5. Bob Sadino selalu berpola hidup sederhana

Teladan lain yang bisa kita contoh dari seorang Bob Sadino adalah kesederhanaannya. Seperti kita lihat beliau di dalam penampilan selalu apa adanya. Bahkan sering memakai celana pendek dan berpakaian layaknya masyarakat biasanya, padahal dirinya sudah berhasil mendirikan beberapa perusahaan.

Lalu bagaimana dengan kita? Kita yang belum sukses saja kadang masih suka banyak bergaya. Seharusnya kita meniru seorang Bob Sadino, meskipun sudah kaya dan sukses namun dalam kesehariannya, beliau selalu bersikap dan bertindak secara sederhana.

6. Memiliki impian besar dan berfikir visioner

Salah satu ciri kebanyakan orang sukses adalah mereka yang memiliki impian besar dan berfikir visioner. Mimpi besar akan menjadikan seseorang bertindak semangat dan mau terus berjuang. Kemudian berfikir visioner akan menjadikan seseorang berpandangan jauh lebih kedepan.

Kita harus melatih pandangan kita untuk bisa visioner. Yakni tidak memikirkan kepentingan di hari ini saja, melainkan juga berfikir bagaimana 5 tahun hingga 10 tahun kedepan. Dengan begitu tindakan kita di hari ini dan sekarang akan menjadi lebih teratur.

7. Selalu bersikap optimis dan positif thinking

Kalau Anda ingin sukses, berfikirlah optimis dan selalu positif thinking. Optimisme yang tinggi akan membuat kita bertindak secara yakin dan maksimal. Maka dari itu ketika seseorang optimis dalam melakukan suatu hal biasanya akan lebih mudah untuk berhasil.

Selain itu kita juga harus mengembangkan berfikiran positif. Karena dengan positif thinking, kita akan mendatangkan banyak hal-hal baik dalam kehiupan kita yang tentu saja dengan positif thinking akan lebih tenang dan yakin dalam bertindak untuk segala hal.

Bagaimana usaha Bob Sadino untuk sukses sudah terungkap sekarang. Yakni dengan menjalankan banyak kiat sukses dalam usaha yang dijalankan, contohnya adalah beberapa hal diatas. Kalau kita bisa menirunya mungkin di kemudian hari kita juga akan sukses seperti Bob Sadino. Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "7 Rahasia Bagaimana Usaha Bob Sadino Untuk Sukses"

Berlangganan via Email