Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar Bisnis Budidaya Hewan Ternak Pemula

Aldanpost.com - Kali ini masuk pada materi artikel belajar budidaya hewan ternak untuk pemula. Bagi Anda yang berminat belajar bagaimana ternak hewan harus mengerti dasar-dasarnya terlebih dahulu agar tidak mengalami kerugian dan tentunya bisa lebih cepat dalam menjalani budidaya tersebut.

Budidaya hewan ternak adalah sebuah bisnis yang melakukan pembesaran atau pembibitan ternak yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan. Sebuah bisnis yang cukup menguntungkan, khususnya di pedesaan atau daerah yang lebih dekat dengan hutan, karena yang namanya hewan ternak identik dengan suasana yang lebih tenang dan juga kemudahan mendapatkan pakan seperti rumput dan yang lainnya. 

Belajar Budidaya Hewan Ternak Untuk Pemula

belajar-budidaya-hewan-ternak-pemula

Di dalam melakukan bisnis budidaya hewan ternak tentu tidak boleh sembarangan. Harus memperhatikan beberapa hal penting dalam proses pemeliharaan hewan ternak itu sendiri. Hal-hal penting tersebut antara lain :

1. Mengetahui jenis hewan ternak untuk di budidayakan

Langkah awal ketika Anda ingin belajar budidaya hewan ternak tentu harus mengerti jenis-jenis hewan ternak itu sendiri. Dengan begitu Anda bisa memilih jenis hewan ternak yang paling sesuai untuk Anda budidayakan.

Ini penting sekali, karena kalau tidak paham benar mengenai hewan tersebut pastinya akan mudah rugi. Karena tidak semua ternak mudah untuk di budidayakan. Contoh saja ternah burung love bird, kalau tidak tahu dasarnya dengan baik, justru burung mahal ini akan menjadi kerugian besar bagi Anda. 

Jadi pilihlah hewan ternak yang sekiranya Anda paham karakteristiknya dengan baik. Untuk pemula harusnya memilih ternak yang lebih mudah dipelihara tahan hidup. Beberapa contoh hewan ternak yang sering dibudidayakan di tengah masyarakat kita antara lain :

  • Ternak lele
  • Ternak kambing
  • Ternak sapi
  • Ternak bebek
  • Ternak aneka burung
  • Ternak ikan nila
  • Ternak aneka ikan hias
  • Ternak jangkrik
  • Ternak kroto
  • Ternak ikan tambak
  • Ternak lainyya
Carilah refrensi ternak yang sekiranya Anda sudah paham. Namun jika Anda memaksa melakukan ternak yang belum paham, usahakan untuk belajar lebih dalam terlebih dahulu kepada ahlinya agar tidak salah langkah.

2. Mempunyai lahan dan kandang untuk ternak

Setelah Anda sudah menentukan jenis hewan ternak yang hendak dibudidayakan langkah selanjutnya adalah melakukan pembuatan kandang atau tempat untuk ternak hewan itu sendiri.

Pada tahapan ini juga Anda harus pandai menyesuaikan dengan hewan ternak itu sendiri. Misalkan saja ternak lele, Anda harus tahu cara membuat kolam lele sesuai dengan umur lele tersebut. Mengetahui kadar ph tanah, suhu kolam dan sebagainya. 

Begitu juga jika ingin melakukan ternak hewan lainnya, pastikan pembuatan kandang sesuai dengan kondisi ternak tersebut sehingga hewan ternak bisa hidup dengan baik.

Langkah selanjutnya menyesuaikan juga dengan lahan yang Anda miliki. Misalkan lahan sempit jangan memaksakan diri untuk ternak hewan besar. Penyesuaian inilah yang harus Anda sinergikan dengan baik antara tempat dan hewan ternak itu sendiri.

3. Modal untuk budidaya hewan ternak

Kemudian jika Anda ingin melakukan ternak hewan, pastikan juga mempunyai modal. Bagusnya Anda memulai ternak dengan modal sedanya dulu. Banyak kok ternak hewan yang bisa dilakukan dengan modal kecil. Jangan memaksakan meminjam modal kalau belum benar-benar berpengalaman menangani hewan ternak tertentu.

Kegunaan modal sendiri dalam budidaya ternak ada beberapa pembiayaan, antara lain :

  • Biaya beli bibit ternak
  • Biaya beli pakan ternak
  • Biaya pembuatan kandang ternak
  • Biaya perawatan ternak
  • Biaya untuk sarana prasarana budidaya ternak
  • Biaya untuk melakukan panen dan penjualan
Kalau beberapa biaya diatas sudah Anda hitung dengan benar, maka Anda bisa memulai bisnis ternak tersebut.

4. Mengetahui jenis-jenis konsumsi yang bagus untuk hewan ternak

Lanjut pada hal lain yang harus Anda ketahui ketika melakukan bisnis ternak adalah masalah pakan hewan ternak. Pemberian pakan akan sangat berpengaruh pada tumbuh kembang ternak dan juga proses kembang biak.

Saya berikan sebuah contoh misalkan ternak ayam kampung dan ayam potong, pastinya pemberian pakannya beda. Misalkan yang satunya adalah penggemukan dan yang satunya fokus pada agar ayam cepat bertelur. Disinipun pemberian pakannya berbeda.

Kemudian misalkan ternak burung, burung agar bisa berkicau dengan bagus itu juga harus mengetahui jenis pakan yang tepat. 

Dan dengan mengetahui jenis pakan yang tepat, nanti Anda akan lebih mudah untung dalam budidaya ternak tersebut.

5. Harus mengerti cara perawatan hewan ternak

Langkah selanjutnya yang harus dipahami oleh seorang peternak adalah mengetahui cara perawatan. Karena hewan ternak juga bisa sakit kalau tidak dirawat dengan baik.

Perawatan dalam budidaya ternak meliputi beberapa hal, mulai dari pembersihan kandang, memastikan pakan yang aman kemudian melakukan pengecekan pada kesehatan hewan ternak itu sendiri.

Makanya untuk seorang pemula diusahakan belajar ternak dengan jumlah sedikit terlebih dahulu sampai benar-benar paham cara merawatnya baru nanti menambahkan jumlah ternak ketika sudah ahli.

6. Mengetahui cara penjualan hewan ternak

Langkah akhir yang harus diketahui oleh seorang peternak adalah bagaimana caranya melakukan panen dan penjualan. Ini juga hal penting yang tidak boleh Anda lewatkan. Bisa ternak juga harus bisa jual. Minimal Anda harus bisa membangun relasi yang baik dengan para pedagang yang sesuai dengan jenis ternak Anda. Dengan begitu Anda tidak bingung saat harus menjual nanti.

Hal lain yang harus Anda perhatikan untuk budidaya ternak adalah perhitungan modal dari awal sampai panen dibandingkan dengan harga jual. Pastikan Anda mendapatkan keuntungan, jadi harus dihitung dengan cermat sehingga Anda mampu menghasilkan lebih dari budidaya hewan ternak ini.

Belajar bisnis budidaya ternak sudah saya rangkumkan mencakup 6 hal diatas. Ketika 6 hal diatas bisa Anda jalankan dengan baik, semoga Anda bisa sukses dan berhasil dalam budidaya tersebut. Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Belajar Bisnis Budidaya Hewan Ternak Pemula"

Berlangganan via Email