Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Bisnis Kerajinan Tangan Daur Ulang Yang Menguntungkan

Daftar Isi [Tampil]

Aldanpost.com - Ada beberapa ide bisnis kerajinan tangan daur ulang menguntungkan yang perlu Anda coba. Termasuk dalam ketegori bisnis unik dan kreatif untuk anda, karena memanfaatkan sesuatu yang sudah bekas atau tidak terpakai. Barang-barang bekas yang tadinya disingkirkan dan dibuang, jika tahu mengolahnya ternyata bisa menjadi sebuah sumber penghasilan yang cukup besar.

Bisnis kerajinan tangan daur ulang, selain sebagai usaha kreatif dan menguntungkan, juga termasuk dalam upaya merawat lingkungan. Yang mana bisnis ini mampu mencegah penumpukan sampah yang bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya penyakit. Luar biasa bukan, selain bisa menghasilkan uang kita juga sekaligus melakukan tindakan sosial yang bermanfaat.

7 Bisnis kerajinan tangan daur ulang yang menguntungkan


bisnis-kerajinan-rangan-daur-ulang-menguntungka


1. Bisnis kerajinan tangan dari botol air minum plastik

Botol air minum bekas merupakan benda yang tidak terpakai dan sering disia-siakan. Nyatanya benda yang satu ini termasuk bahan yang bagus untuk membuat bisnis kerajinan tangan. Sebenarnya ada 2 cara menggunakan botol air minum bekas ini, bisa dengan daur ulang menjadi olahan plastik yang baru, atau bisa juga langsung dibuat bentuk kerajinan tangan.

Hasil kerajinan tangan dari bahan yang satu ini pun banyak sekali macamnya. Mulai dari pembuatan vas bunga, pembuatan pot bunga, tempat untuk hidroponik, dijadikan corong bensin dan masih banyak lagi kegunaan yang lainnya. Kalau tidak bisa berkreasi pun dijual ke tengkulak sudah pasti laku, jadi benda yang satu ini memang bisa menjadi bisnis yang bagus.

2. Bisnis kerajinan tangan dari bambu bekas

Kalau Anda sering melihat bambu bekas yang dibuang-buang atau sekedar dibakar, itu artinya bukan ditangan yang ahli. Bambu bekas juga bisa menjadi bahan untuk membuat sebuah bisnis kerajinan tangan

Bambu ini bisa dibuat menjadi beberapa jenis kerajinan tangan seperti anyaman, sangkar burung, bahkan bisa menjadi bahan mebel seperti kursi meja dan sejenisnya.

Sekilas bambu bekas terkadang tidak berharga. Akan tetapi di tangan para pengrajin itu bisa menjadi ide bisnis kerajinan yang menguntungkan.

3. Bisnis kerajinan tangan dari kertas dan kardus bekas

Masih ada lagi bahan daur ulang yang menguntungkan untuk menjadi ide bisnis. Yakni bahan-bahan bekas dari kertas dan juga kardus bekas. Anda tahu bahwa kertas yang dibuang-buang kalau digunakan dengan baik, nantinya bisa dijual mahal. 

Biasanya para pengrajin kertas bekas mereka bisa menciptakan beberapa barang seperti  vas bunga yang unik, untuk menjadi bahas hiasan, atau bisa juga menjadi sebuah ornamen lampu. Bahkan ada pula yang bisa menyulap kardus bekas menjadi miniatur mobil atau miniatur rumah yang harga jualnya mencapai jutaan rupiah. 

4. Bisnis kerajinan tangan dari sedotan plastik bekas

Salah satu bahan plastik lagi yang bisa didaur ulang atau bisa di jadikan kerajinan tangan langsung yakni sedotan plastik. Sedotan plastik yang benar-benar dibuang dan terlihat tidak ada harganya, ditangan orang yang kreatif bisa menjadi salah satu kerajinan menarik yang tidak murah harganya.

Bisnis kerajinan tangan dari bahan sedotan bekas biasanya akan berupa mainan-mainan kecil untuk anak-anak. Seperti halnya dibuat sebuah kalung, sebuah bentuk binatang dan bisa juga untuk renda-renda hiasan pada tempat-tempat seperti pintu, jendela dan juga di kamar.

5. Bisnis kerajinan tangan dari batok kelapa bekas

Lanjut pada urutan yang kelima yakni kerajinan tangan dari bahan batok kelapa. Batok kelapa ditangan orang yang membutuhkan kayu bakar, cuma akan jadi arang. Namun ditangan pengrajin, batok kelapa bisa menjadi beberapa jenis kerajinan tangan yang berguna.

Kerajin tangan dari batok kelapa pun banyak macamnya. Antara lain pembuatan centong masak, pembuatan vas bunga, asbak untuk merokok dan masih banyak lagi benda kerajinan lainnya.

6. Bisnis kerajinan tangan dari kaleng bekas

Kalau anda menemukan kaleg bekas, biasanya digunakan untuk apa? Kebanyakan pasti dibuang ke tempat sampah. Padahal yang namanya kaleng bekas juga bisa menjadi salah satu bahan kerajinan tangan yang cukup menguntungkan dan bisa menghasilkan banyak uang. 

Kerajinan tangan dari kaleng bekas biasanya akan dibentuk menjadi beberapa jenis kerajinan seperti miniatur, dibuat asbak, dibuat hiasan berbentuk hewan tertentu, dan bahkan bisa pula dimodifikasi sebagai tempat pelihara ikan hias. 

7. Bisnis kerajinan tangan dari kain flanel

Selanjutnya ada lagi yang menarik untuk dijadikan bisnis kerajinan tangan yakni kain flanel. Kain yang satu ini jika ditangan pengrajin bisa mendatangkan keuntungan jutaan bahkan puluhan juta rupiah. Hal ini dikarenakan kain ini bisa dijadikan bahan pembuatan aneka boneka yang mahal atau pembuatan boneka-boneka kecil yang dijual sebagai suvenir. Dan tentu saja bisnis boneka dan suvenir sendiri memiliki pasar yang besar dan menguntungkan.

Bisa kita simpulkan bersama bahwa beberapa benda yang tidak terpakai di sekeliling kita, tenyata banyak manfaatnya. Benda tersebut bisa menjadi bahan bisnis kerajinan tangan daur ulang yang menguntungkan. Tentu saja sebelumnya harus belajar dulu dalam bidang kerajinan agar bisa mengolah dan menghasilkan yang terbaik. Demikian pembahasan kali ini dari saya, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "7 Bisnis Kerajinan Tangan Daur Ulang Yang Menguntungkan"

Berlangganan via Email