Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Efektif Bangkit Dari Kebangkrutan Usaha

Halo sobat Aldanpost.com, dengan mengetahui cara bangkit dari kebangrutan usaha kita akan bisa survive kembali dalam menghadapi masa sulit saat menjalankan usaha. Tentu hal ini harus dimiliki oleh setiap pelaku usaha agar bisa menjadikan usahanya lebih sukses lagi kedepannya. 

Yang namanya menjalankan sebuah usaha pastinya kita pastinya ingin hal yang baik-baik saja, bisa mendapatkan keuntungan dan bahkan berharap usaha kita bisa sukses dan berkembang. Akan tetapi dalam menjalankan usaha tidak semudah itu, kadang harus mengalami sebuah kerugian dan bahkan sebuah kebangkrutan.

Mengetahui dasar manajemen usaha yang benar bisa mencegah kebangkrutan usaha. Akan tetapi kalau sudah diambang kebangkrutan atau malah sudah bangkrut, kita harus mengetahui cara apa saja untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Cara Bangkit Dari Kebangkrutan Usaha


cara-bangkit-dari-kebangkrutan
Foto : Shutterstock.com


1. Mengatasi Kebangkrutan Dengan memangkas pengeluaran

Pengeluaran yang berlebihan dan tidak tepat sasaran memang bisa menjadi faktor utama yang menyebabkan kebangkrutan usaha. Untuk mengatasinya kita perlu memperhatikan pengeluaran dengan benar. Salah satunya adalah memperkecil atau memangkas pengeluaran yang tidak mendesak. 

Anda bisa melakukan hal ini kalau usaha yang dijalankan dalam masa sulit. Perkecil semua pengeluaran dan cari alternatif harga yang lebih murah dari segi bahan, alat maupun proses produksi juga diminimalisir pengeluarannya.

Yang tidak kalah penting juga mencegah pengeluaran yang tidak perlu dari diri kita untuk keperluan peribadi. Dengan begitu uang yang tersedia akan jauh lebih awet dan bisa digunakan untuk sesuatu yang lebih produktif.

2. Menguatkan Mental Untuk Bangkit Dari Kebangkrutan Usaha

Satu hal yang tidak boleh kita lupakan saat mengalami kebangkrutan adalah jangan menyerah. Kuatkan mental kita untuk bisa bertahan dan bangkit kembali. Percaya saja sebuah kebangrutan atau kegagalan usaha adalah perjalanan menuju kesuksesan Anda yang sebenarnya di kemudian hari nanti.

Mental seorang pengusaha memang sering diuji dengan adanya kerugian bahkan kebangkrutan. Dan ketika Anda menyerah maka Anda tidak akan pernah sukses dalam mendirikan sebuah usaha. Namun ketika Anda mampu bertahan dan tetap semangat dalam menjalankan usaha, suatu hari usaha Anda akan bangkit kembali dan bisa terus berkembang.

3. Melakukan Evaluasi Dan Menerapkan Sistem Baru Untuk Membangkitkan Usaha

Selanjutnya yang harus dilakukan untuk bangkit dari kebangkrutan adalah melakukan evaluasi. Evaluasi di lakukan dari berbagai segi ketika kita menjalankan sebuah usaha. Mulai dari segi pengelolaan keuangan, segi pemasaran, segi SDM atau karyawan, kemudian dari segi lainnya yang ada dalam usaha yang kita jalankan.

Tentu saja setelah selesai melakukan evaluasi adalah mencoba menerapkan sistem yang baru guna bisa menghindari atau mencegah kebangkrutan yang sama di kemudian hari nanti. Inilah yang disebut dengan pengalaman yang menjadi guru terbaik. Semakin pintar kita melakukan evaluasi kemudian bisa memperbaikinya, mka di kemudian hari usaha kita akan bisa cepat sukses.

4. Mencari Sumber Dana Tambahan Untuk Membangkitkan Usaha

Setelah mengalami kebangkrutan biasanya sebuah usaha akan kekurangan dana karena mengalami rugi. Dan untuk bangkit tentu membutuhkan dana tambahan. Maka dari itu perlu melakukan pencarian sumber dana baru. Bisa dengan menjual sebagian asset pribadi guna modal kebangkitan usaha atau bisa juga dengan menjalin kerjasama dengan pihak lain atau melalui pinjaman.

Namun dalam mencari sumber dana baru, usahakan juga untuk mempertimbangkan efektifitas dari dana tersebut. Jangan sampai nanti malah menjadi beban baru bagi usaha yang akan datang. Dan dana tersebut juga harus digunakan tepat sasaran guna membangkitkan kembali usaha yang kita jalankan.

5. Membangkitkan Usaha Dari Kebangkrutan Dengan Pembaharuan Teknologi

Salah satu yang bisa memperbesar keuntungan dan menurunkan cost pengeluaran adalah pembaruan teknologi. Jadi misalkan sebelumnya belum memiliki mesin yang lengkap sehingga produksi lamat. Maka Anda perlu memikirkan pembaruan mesin tersebut. Atau bisa juga menerapkan sistem online, kalau sebelumnya belum Anda jalankan.

Sebuah usaha yang selalu update akan teknologi biasanya akan mampu terus bertahan dan berkembang. Tentu saja ini bisa menjadi sebuah jalan untuk membangkitkan kembali usaha dari kebangkrutan.

Selain beberapa hal diatasm setelah mengalami sebuah kerugian kita harus bisa sabar dan tetap konsisten dalam menjalani prosesnya. Dengan begitu kita akan mampu berahan dan menemukan celah yang mampu membangkitkan kembali usaha yang kita jalani. Sebuah perusahaan besar pasti pernah mengalami masa sulit seperti ini. Dan karena mereka tetap konsisten dan mempu bertahan jadinya mereka bisa berkembang. Begitu juga dengan Anda, Anda juga bisa menjadikan usaha Anda berkembang dan menjadi besar kalau mau sabar dan terus konsisten dalam membangun usaha Anda.

Demikian pembahasan kali ini mengenai cara bangkit dari kebangkrutan sebuah usaha. Semoga bisa bermanfaat, sukses selalu dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Cara Efektif Bangkit Dari Kebangkrutan Usaha"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel