Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Cek Domain Menggunakan Aplikasi WhoIs

aldanpost - Memilih nama domain yang akan digunakan untuk website atau blog merupakan usaha yang bisa dikatakan gampang-gampang susah. Domain ibaratnya adalah sebuah alamat rumah dan website adalah rumahnya. Domain akan mengarahkan pengunjung kepada tempat yang dituju. Cara cek domain sangatlah mudah dilakukan untuk memastikan bahwa domain tersebut masih tersedia atau belum digunakan orang lain.

Apa jadinya apabila ternyata domain yang diinginkan sudah dimiliki oleh orang lain? Kepemilikan domain ini bisa berarti domain tersebut memang digunakan oleh pemiliknya atau justru dibeli untuk dijual kembali. Apabila domain yang diinginkan sudah dimiliki orang lain, maka bisa dipilih domain lain. Selain itu, bisa juga dengan membelinya dari pemilik sebelumnya jika terbukti domain tersebut tidak aktif digunakan.  

Cara cek domain

Begini Cara Cek Domain dan Cara Membelinya

Setelah menentukan nama domain yang akan digunakan dalam website, maka langkah selanjutnya adalah mengecek apakah domain tersebut masih tersedia atau justru sudah digunakan orang lain. Cara mengetahui domain masih aktif atau tidak sangatlah mudah. Berikut ini adalah cara mengetahui suatu domain masih aktif atau tidak dan cara membelinya.

Masuk ke website penyedia domain yang terpercaya. Saat ini tersedia banyak sekali penyedia domain terpercaya yang bisa dipilih. Review dari pengguna lain atau rekomendasi teman dapat digunakan sebagai pertimbangan memilih penyedia domain ini. 

  • Gunakan fitur cek domain website untuk mengetahui dan mencari informasi ketersediaan domain
  • Cek nama domain yang diinginkan
  • Pilih nama domain yang paling sesuai dengan keinginan
  • Selesaikan pemesanan domain dan lengkapi data pendaftaran domain
  • Verifikasi kepemilikan domain yang telah dipilih dan lakukan transaksi pembayaran

Setelah melakukan semua langkah tersebut di atas, maka domain yang dipilih resmi dimiliki dan siap digunakan. Apabila sudah memiliki domain, maka penting untuk menyewa hosting agar website bisa digunakan. 

Cara Cek Domain Dengan Aplikasi WhoIs 

Cara cek domain sesuai langkah-langkah di atas bertujuan untuk membeli atau membuat domain yang baru. Apa jadinya jika semua domain yang diinginkan ternyata sudah terdaftar atau berstatus aktif? Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan mengecek siapa pemilik domain tersebut dan mencoba bernegosiasi untuk membelinya. Berikut ini adalah cara mudah untuk mengecek kepemilikan sebuah domain dengan aplikasi WhoIs.

Buka Salah Satu Situs Layanan WhoIs Pada Browser

Saat ini banyak tersedia situs layanan WhoIs yang dapat digunakan sebagai cara mengetahui domain tersebut dimiliki oleh siapa. Beberapa contoh website yang menyediakan layanan WhoIs adalah whois.com, who.is, whois.net, betterwhois.com, dan masih banyak lagi situs lainnya. 

Masukkan Nama Domain Yang Akan Dicek

Cara cek domain selanjutnya adalah dengan memasukkan nama domain yang akan dicek pada kolom pencarian. Pastikan nama domain yang akan dicek ditulis dengan benar sehingga hasilnya akan akurat. Kesalahan penulisan nama domain pada kolom pencarian dapat berakibat fatal. Selain nama domain, pengecekan dengan layanan WhoIs ini juga dapat dilakukan menggunakan IP address dari situs yang ingin diketahui.

Klik Submit Atau Tekan Tombol Pencarian

Setelah tombol submit atau tombol pencarian ditekan, maka akan muncul informasi yang berkaitan dengan kepemilikan domain yang dimaksud. WhoIs akan memberikan informasi yang akurat terkait dengan informasi domain. Cara cek pemilik domain dengan menggunakan WhoIs juga memberikan informasi kontak pendaftar, kontak administratif dan kontak teknis. 

Cara cek domain untuk mengetahui data secara lebih lengkap mengenai kepemilikan suatu domain dapat dilihat pada bagian data raw WhoIs. Pada bagian ini dapat diketahui status suatu domain apakah belum aktif, aktif, dan bahkan pending. Informasi dan data yang terdapat dalam WhoIs selalu diperbaharui setiap saat. Hal ini menjadi jaminan bahwa data yang ditampilkan oleh WhoIs adalah akurat. 

Cara cek domain dengan layanan WhoIs ternyata tidak serta merta bisa menampilkan data pemilik domain. Data tidak dapat ditampilkan secara detail jika pemilik domain menggunakan layanan perlindungan WhoIs. Layanan ini dimaksudkan untuk melindungi privasi dan juga menjaga keamanan data pribadi pemilik domain. Apabila pemilik domain tidak menggunakan layanan proteksi, maka datanya bisa dilihat orang lain.

Mengetahui cara untuk melakukan pengecekan domain dan kepemilikannya memiliki beragam manfaat. Salah satu manfaatnya adalah untuk melindungi merk dagang dan juga hak cipta. Sebelum mendaftarkan sebuah domain, pastikan untuk selalu melakukan pengecekan terlebih dahulu. Demikianlah cara cek domain yang dapat dilakukan. Semoga bermanfaat. 

Posting Komentar untuk " 3 Cara Cek Domain Menggunakan Aplikasi WhoIs"

Berlangganan via Email