Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Membuat Situs Wordpress dengan Menggunakan XAMPP

Daftar Isi [Tampil]

Cara membuat situs wordpress dengan menggunakan XAMPP - Menyiapkan lingkungan yang dihosting secara lokal adalah langkah yang penting dalam setiap proyek pembuatan WordPress. Melakukan hal ini akan dapat membantu anda menguji fitur dan fungsi situs anda dengan aman, di situs yang sepenuhnya pribadi. Pada artikel ini, kita akan membahas cara menggunakan XAMPP untuk menyiapkan server web lokal untuk mengembangkan dan menguji situs WordPress anda. Dan setelah itu kita akan bahas beberapa hal penting untuk mengetahui cara membuat situs wordpress dengan menggunakan XAMPP.

ara membuat situs wordpress dengan menggunakan XAMPP

Yang Perlu Anda Ketahui tentang Membuat Situs Wordpress

Pertama dengan Mempelajari XAMPP

Ada beberapa hal penting yang diperlukan jika anda ingin menginstal WordPress dengan cara lokal. Hal itu seperti perangkat lunak server web, Apache, bahasa pemrograman seperti Perldan PHP, dan software untuk pengaturan database, MySQL. Akan tetapi, memasang setiap elemen ini secara terpisah dapat memakan waktu yang lama dan lumayan sulit.

XAMPP adalah perangkat lunak gratis dan mempunyai sumber terbuka, didukung oleh komunitas pendukung yang cukup besar. Dia juga sangat ringan, dan semua elemen yang diperlukan untuk menyiapkan server web lokal ada di dalam satu file yang dapat diekstrak. Terlebih lagi, mempelajari cara menggunakan XAMPP sebenarnya sangat mudah, dan anda akan segera tahu cara membuat situs wordpress dengan menggunakan XAMPP.

Cara Menggunakan XAMPP

Anda dapat menggunakan XAMPP di Windows, Linux, dan juga Apple, yang dapat diatur dengan mudah dengan proses yang serupa. Pertama-tama anda hanya perlu menginstal XAMPP dengan mengunjungi website XAMPPdan klik pada tombol download pada sistem operasi anda. Tergantung pada sistem operasi anda, wizard penginstalan dan tampak dari aplikasi mungkin akan berbeda dengan tipe-tipe prosesor berbeda yang anda gunakan. Setelah mengunduh XAMPP, anda harus mengklik dan menjalankan penginstalan.

Setelah urutan pemuatan awal selesai, XAMPP akan diinstal di sistem anda. Bagian dari proses penyiapan ini tidak membutuhkan banyak hal di bagian anda. Kemudian anda bisa menjalankan aplikasi dan mengkonfigurasi lingkungan anda. Setelah itu, anda tinggal mendownload dan mulai menjalankan wordpress. Ini akan menjadi langkah awal untuk mengetahui cara membuat situs wordpress dengan menggunakan XAMPP.

Cara Mengatur Multisite Wordpress di XAMPP

Setelah anda mengetahui cara menggunakan XAMPP untuk instalasi WordPress, anda mungkin ingin menggunakannya untuk membuat jaringan multisite. Ini memungkinkan anda untuk membuat jaringan situs web yang semuanya dikelola dari satu instalasi WordPress. Ada banyak aplikasi untuk instalasi multisite. Misalnya, hal ini akan menunjukkan kepada anda cara yang berguna untuk menguji bagaimana tema atau plugin yang baru anda kembangkan akan berfungsi di berbagai jenis situs.

Apa yang Harus Dilakukan Untuk Instalasi Wordpress Lokal

Setelah anda mengetahui cara menggunakan XAMPP dan memiliki situs WordPress lokal untuk bereksperimen, apa yang anda harus lakukan selanjutnya akan sangat bergantung pada jenis proyek pengembangan yang akan anda mulai. Ini juga merupakan proses penting untuk mengetahui cara membuat situs wordpress dengan menggunakan XAMPP. Untuk membantu anda memulai, WordPress.org sebenarnya menawarkan panduan pemula yang sangat berguna tentang cara menguji coba WordPress.

Saat menggunakan instalasi WordPress lokal anda untuk proses pembuatan, anda juga ingin memiliki sumber daya untuk memecahkan masalah dan mengasah keterampilan anda. Stack Exchange adalah forum online yang sedang berkembang pesat dan dapat menjadi tempat dimana anda dapat mengajukan pertanyaan ke komunitas pengembangan WordPress, serta mendapatkan wawasan yang sangat berguna.

Hal-hal untuk Dicoba Setelah Membuat Situs Wordpress Lokal

Sekarang anda telah membuat situs WordPress lokal Anda menggunakan XAMPP, anda dapat mengerjakannya seperti yang anda lakukan di situs WordPress langsung.  Buka Appearance menu di sidebar admin WordPress, untuk menyesuaikan tampilan situs anda atau memasang tema baru. Hal lain yang akan anda coba berikutnya adalah plugin WordPress.  Plugin adalah seperti aplikasi untuk situs WordPress anda dan memungkinkan anda untuk menambahkan fitur keren seperti formulir kontak, tombol media sosial, toko eCommerce, dan hal-hal lain. Ini sebenarnya adalah beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang cara membuat situs wordpress dengan menggunakan XAMPP.

Seperti yang telah kita lihat, XAMPP adalah solusi yang benar dan serbaguna untuk menyiapkan server web lokal. Dia dapat menyajikan cara sempurna untuk menciptakan lingkungan untuk pengkodean WordPress dengan cara dasar, bereksperimen dengan pengaturan multisite, mengubah tema, dan banyak lagi. Padahal hal itu bukan satu-satunya alat yang bisa anda gunakan, ada juga hal-hal lain yang anda dapat gunakan. Nah setelah anda mengetahui hal-hal tersebut, maka anda akan bisa memulai dengan mengikuti cara membuat situs wordpress dengan menggunakan XAMPP.


Posting Komentar untuk "Cara Membuat Situs Wordpress dengan Menggunakan XAMPP"

Berlangganan via Email