Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Warkop Wifi, Ide Bisnis Kekinian

Aldanpost.com - Kali ini saya ingin membahas tentang cara membuat warkop wifi alias warung kopi wifi. Yakni sebuah warung yang menjual kopi menyediakan fasilitas wifi gratis kepada para pengunjung. Kalau anda merupakan orang yang suka ngopi pastilah pernah atau sering ke wakop. Tapi blm banyak kan warkop yang memberikan fasilitas internet gratis. Artinya ini bisa juga menjadi sebuah ide bisnis yang bagus dan menguntungkan.

Strategi pemasangan wifi pada warkop guna menarik pengujung agar betah di warung merupakan ide yang cemerlang. Namun ada beberapa hal yang harus Anda pahami terlebih dahulu sebelum menjalankannya. Diantara nya tempat yg memadai, pemilihan paket wifi, menu warkop yang lengkap dan juga hal-hal lainnya yang ada di warkop, pejelasan lengkapnya simak artikel ini sampai akhir.

6 Cara membuat warkop wifi ramai pengunjung

cara-membuat-warkop-wifi


1. Persiapkan tempat nongkrong warkop yang lebih lebar

Yang pertama dari segi tempat terlebih dahulu. Kalau Anda berharap banyak yang nongkrong karena fasilitas wifi gratis, jadi siapkan tempat yang memadai. Siapkan tempat lebar, nyaman dan bersih. Kalau perlu sediakan pula lesehan untuk para pelanggan warkop yang nantinya datang

Kenyamanan tempat untuk nongkrong akan menjadi faktor utama kesuksesan usaha wakrop wifi. Kalaupun ada wifi gratis tapi tidak enak buat nongkrong juga percuma. Kalau perlu tambahkan juga beberapa lampu-lampu hias yang menarik di tempat nongkrong tersebut, dengan begitu pengujung warkop akan betah.

2. Pemilihan paket wifi untuk warkop

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah pilihlah paket wifi yang unimited dan dengan kecepatan internet yang bagus. Paket unlimited akan jauh lebih hemat, daripada paket kuota biasa. Kemudian kalau aksesnya sudah Anda bayar unlimited pastinya tidak perlu mikir takut kehabisan paket.

Kemudian pilihlah provider penyedia internet yang jaringannya kencang. Ini akan menjadi daya tarik tersendiri karena memberikan kenyamanan para pengunjung dalam menggunakan wifi tersebut. Pastikan pula koneksinya stabil dan tidak banyak gangguan agar tidak mengganggu yang menggunakan wifi tersebut.

Pastikan juga memilih harga paketan wifi untuk warkop yang standart dan lebih bagus kalau lebih murah. Tentu saja ini untuk mengantisipasi kerugian di kala tidak banyak yang membeli menu makanan dan minuman di warkop.

3. Lengkapi menu makanan dan minuman di warkop

Selanjutnya buatlah menu warkop yang lengkap dan banyak pilihan. Pada saat banyak orang nongkrong, kalau menu Anda banyak dan menarik. Pasti akan lebih menyenangkan untuk pengunjung. Hal ini juga menjadi tarik tersendiri dari sisi menu makanan dan minuman di warkop.

Selain lengkap, juga pastikan cita rasa makanan di warkop lezat untuk di santap. Karena kalau sampai tidak lezat, makanan tidak banyak terjual dan pengunjung hanya akan menikmati wifi gratis saja di tempat warkop Anda.

Buatlah juga menu-menu yang sekiranya tidak disediakan di warkop lain di daerah Anda. Disini Anda perlu melakukan sebuah inovasi-inovasi baru untuk sajian makanan dan minuman di warkop Anda.

4. Sediakan hiburan khusus di hari tertentu

Biar kata warkop tapi kalau ada hiburannya juga akan lebih menarik. Sesekali coba Anda datangkan musisi akustik lokal yang bisa menghibur para pengunjung. Dengan demikian mereka juga akan lebih senang dengan warkop Anda.

Ini juga akan menjadi sebuah ciri khusus warkop Anda. Dan bisa jadi pengunjung akan menetapkan hari tersebut sebagai hari spesial untuk datang ke warkop karena ada hiburannya. Dan tentu saja semakin ramai semakin laris juga dagangan di warkop Anda.

5. Mendapatkan perizinan usaha warkop wifi

Selanjutnya yang tidak boleh dilupakan adalah perizinan pada pendirian warkop wifi itu sendiri. Dalam hal ini ada 2 versi, warkop biasa dan warkop wifi dalam sekala besar. Jika Anda mendirikan atau membuka warkop wifi dengan skala besar tentu Anda harus memiliki izin dari pemerintah setempat. Karena warkop wifi yang besar biasanya akan ada ratusan orang dan ramai. Selain itu juga ada hiburan-hiburan khusus yang menarik dalam massa yang besar. 

Kecuali kalau warkop wifi sederhana hanya untuk memberikan gratisan internet kepada warga setempat dan tidak mengundang massa dalam jumlah besar maka tidak perlu mengantongi izin usaha warkop wifi.

6. Jangan lupa memberikan pelayanan terbaik

Selain beberapa hal diatas, sebagai pemilik dari usaha warkop wifi jangan lupa untuk memberi pelayanan terbaik. Ramah kepada pengunjung, bersih penampilan dan juga cepat dalam melayani setiap pesanan makanan dan minuman. Pelayanan juga bisa menjadi sebuah magnet khusus yang akan menarik pengunjung Anda untuk balik lagi.

Garis besarnya yang namanya warkop wifi adalah berusaha memaksimalkan pengujung dengan memberikan fasilitas wifi gratis. Selain itu juga dengan memaksimalkan menu dan pelayanan yang ada dalam usaha warkop wifi yang Anda jalankan.

Demikian pembahasan kali ini mengenai cara membuat warkop wifi yang ramai pengunjung. Dengan beberapa cara yang saya sebutkan tadi, mudah-mudahan omset warkop Anda segera mengalami peningkatan. Demikian, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Warkop Wifi, Ide Bisnis Kekinian"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel