Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Website dari Nol Sampai Jadi

Daftar Isi [Tampil]

Cara Membuat Website dari Nol Sampai Jadi - Saat ini memang website menjadi salah satu daripada elemen yang terpenting dan diperlukan ketika seseorang ataupun organisasi  ingin membuat profil online ataupun untuk membangun bisnisnya.  Di sini penulis akan membahas mengenai bagaimanakah cara  membangun sebuah website dari mulai nol sampai jadi.

Kamu akan lebih mengerti lagi bahwasannya membuat sebuah website itu mudah untuk dilakukan. Saat ini telah banyak juga terus-terus memungkinkan Anda Untuk dapat membuat website tanpa menggunakan hal-hal teknik seperti halnya  programming atau coding. 

cara membuat website

4 Langkah Mudah yang Bisa Anda Pergunakan Untuk Membuat Website

Ketika Anda ingin membuat sebuah website, maka kemungkinan besar apa yang ada di benak Anda adalah apakah membuatnya itu sulit?  Membutuhkan tenaga IT?,  dan berapakah biaya yang harus dikeluarkan?  Lalu bagaimanakah cara membuat website dari nol?

  1. Ketika Anda membangun sebagai website maka hal yang perlu Anda perhatikan adalah menentukan sebenarnya tujuan pembuatan website Anda tersebut untuk apa.
  2. Anda bisa menentukan terlebih dahulu dengan menentukan apakah CMS yang dipergunakan untuk  website Anda kelak
  3. Mendaftar pada salah satu penyedia layanan hosting dan nama domain
  4. Melakukan instalasi dan pengaturan terhadap  website yang Anda miliki

Langkah-Langkah Membuat Website

Menentukan Tujuan Website


Cara membuat website yang pertama adalah menentukan tujuan website. Sebelum Anda benar-benar merancang atau mendesain sebuah website, sebaiknya Anda terlebih dahulu menentukan apakah sebenarnya tujuan Anda membuat website tersebut?.  Tentunya hal tersebut nanti akan berpengaruh terhadap keinginan Anda membuat website dengan desain  dan fitur-fitur apa saja. 

 

Pada umumnya ada beberapa tujuan yang biasanya dilihat dari  niche atau  ketertarikan Anda.  Misalnya saja jika Anda ingin membuat sebuah website untuk bisnis,  portofolio,  atau  website toko online dan lainnya.

 

Menentukan Platform dari Website Anda Tersebut


Cara membuat website kedua adalah menentukan platform website. Sebuah CMS memungkinkan Anda untuk bisa merubah dan juga membuat  konten website  Anda tanpa Kemudian Anda harus mengetahui  terlebih dahulu bahasa pemrograman  pembuat website. 

Menggunakan teknik ini maka Anda bisa membuang jauh-jauh pemahaman mengenainya pemrograman yang begitu rumit dan juga susah bagi sebagian orang, karena CMS ini bisa membuatnya menjadi lebih mudah. Salah satu daripada CMS yang cukup populer dan sering kali dipergunakan untuk membuat Website adalah CMS wordpress.

Mengapa wordpress sebagai CMS ?

Kelebihan yang dimiliki oleh wordpress

·         Kemudahan pada saat penginstalan

·         Mempunyai komunitas yang terbilang yang sangat besar dan juga memiliki sifat yang open source

·         WordPress ideal untuk Anda yang memang tidak mengerti tentang IT

·         Anda bisa mendaftarkan diri  penyedia hosting dan domain

Menentukan hosting dan domain


Berikutnya dari cara membuat website yang diperlukan adalah hosting dan juga nama domain. Kriteria hosting yang terbaik adalah sebagai berikut

·         Hosting tersebut harus memiliki keamanan yang bilang begitu tinggi

·         Memiliki kecepatan load yang baik

·         Posting tersebut wajib diandalkan 24/7

Langkah berikutnya ketika dengan hosting dengan kriteria di atas telah Anda pilih adalah menentukan terlebih dahulu nama domain yang sesuai dengan  keinginan Anda atau bisnis Anda.  Anda bisa memilih nama domain yang  tergolong begitu unik,  gampang diingat dan catchy.  Sehingga nantinya dapat berguna untuk meningkatkan trafik daripada website Anda. 

Setelah Anda memilih nama domain yang cocok sesuai dengan keinginan Anda, maka setelah mendapatkan hosting dan domain tersebut Anda bisa mengunjungi beberapa situs penyedia layanan keduanya.  Jikalau memang Anda ingin memiliki tema dan  sekaligus paket premium tanpa kemudian Anda harus mengeluarkan biaya tambahan maka bisa Anda memilih paket warrior. 

Di samping itu juga kapasitas memory yang jauh lebih besar bisa Anda peroleh untuk menampung data yang ada di website. Tentunya ini akan jauh lebih menguntungkan bukan?. Ketika Anda memilih hosting atau penyedia  nama domain, maka yang harus Anda perhatikan kembali adalah biaya yang harus dikeluarkan,  tapi biasanya penyedia keduanya ini akan memberikan promo spesial pada hari-hari tertentu.

Melakukan instalasi dan juga pengaturan website

Melakukan penginstalan sertifikat SSL

Sertifikat SSL atau secure socket layer bukakan sertifikat yang wajib untuk Anda miliki terlebih dahulu sebelum ingin menginstal aplikasi website tapi ini bagian dari cara membuat website yang bisa Anda terapkan juga. 

Di samping untuk mengamankan sebuah website penginstalan daripada sertifikat ini melakukannya juga pada awal pengelolaan sebuah website sehingga nantinya Anda tidak perlu lagi melakukan dua kali kerja.  Hal tersebut dikarenakan memang hal yang akan dilakukan oleh SSL ini setiap kali aplikasi yang Anda install di website. 

Menginstal Wordpress


Apabila Anda telah berhasil menginstal sertifikat SSL, maka cara membuat website selanjutnya adalah menginstal melalui  halaman pendaftaran terlebih dahulu.

Itulah beberapa cara membuat website yang tentunya bisa Anda pelajari sendiri. Mudah bukan? Di samping Anda hanya menyewa hosting dan domain kemudian menggunakan template daripada Wordpress.  Kembangkan bisnis Anda dan portofolio Anda dengan website yang berkualitas.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Website dari Nol Sampai Jadi"

Berlangganan via Email